Tingkatkan Capaian Dana ZIS, Baznas Sosialisasi Anggota Polda Jabar

Polda Jabar merupakan institusi dengan SDM yang besar

Bandung, IDN Times - Badan Amil Zakat Nasioanal (Baznas) Jawa Barat terus berupaya meningkatkan capaian dana Zakat Infak Sedakah (ZIS). Hal itu dilakukan sebagai komitmen tanggung jawab Baznas Jabar sebagai salah satu instrument negara yang bertanggung jawab dalam pengelolaan zakat.

Untuk mengejar capaian dana ZIS tersebut Baznas Jabar melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat dan anggota Polda Jabar akan pentingnya menunaikan kewajiban zakat dan infak/sedekah.

Wakil Ketua 1 Bidang Penghimpunan BAZNAS Jabar Ir. Rachmat Ari Kusumanto mengatakan, sosialisasi dan edukasi tentang pentingnya kewajiban zakat, infak atau sedekah akan terus dilakukan di seluruh kalangan. Sama halnya kegiatan sosialisasi dan eduksi kepada jajaran anggota di Polda Jabar.

"Kehadiran BAZNAS Jawa Barat di tengah masyarakat sangatlah penting karena dana zakat yang terhimpun akan disalurkan melalui program-program yang sudah di design untuk mengentaskan kemiskinan dan membantu kaum dhuafa," kata Rachmat, Jumat 17 Desember 2021.

1. Polda Jabar merupakan institusi dengan SDM yang besar

Tingkatkan Capaian Dana ZIS, Baznas Sosialisasi Anggota Polda JabarIDN Times/Istimewa

Rachmat mengungkapkan, Polda Jabar merupakan institusi dengan SDM yang besar. Sehingga, Baznas Jabar perlu andil untuk mendukung dalam pengelolaan ZIS dengan membentuk Unit Pengelola Zakat (UPZ).

"Sebagai salah satu stakeholder strategis di Jawa Barat dengan anggotanya yang tersebar di seluruh daerah memiliki potensi besar dalam optimasi pengumpulan dana Zakat, oleh karenanya menjadi penting untuk dijadikan sebagai mitra UPZ," ungkap Rachmat yang saat kegiatan sosialisasi dan edukasi, serta launching Kartu Donasi khusus untuk Donatur/Muzakki Polda Jabar.

2. Diharapkan mampu memantik kesadaran anggota polisi

Tingkatkan Capaian Dana ZIS, Baznas Sosialisasi Anggota Polda JabarIDN Times/Istimewa

Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana yang diwakili Karo SDM Polda Jabar, Solichin mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi dan Edukasi ZIS dari Baznas Jabar diharapkan mampu untuk memantik kesadaran masyarakat khususnya anggota kepolisian. Apalagi kata Dia, dana ZIS yang dikelola akan berdampak pada kemaslahatan umat.

"Saya ucapkan terima kasih kepada personel Polda Jabar baik Polri maupun ASN agar bisa menjadi pelopor dalam mengeluarkan ZIS melalui zakat profesi atau yang lain, semoga sosialisasi ini akan dapat memaksimalkan pengumpulan ZIS di Jabar, khususnya di Polda Jabar sehingga akan semakin memberi manfaat bagi kemaslahatan umat," kata Solichin.

3. Pemanfaatan ZIS akan kembali lagi ke anggota dan keluarga yang membutuhkan

Tingkatkan Capaian Dana ZIS, Baznas Sosialisasi Anggota Polda JabarInstagram.com/lembagabeasiswabaznas

Dia menyebutkan, kegiatan ini diharapkan mampu membangun kesadaran para anggota polisi untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui ZIS. Selain itu, kegiatan ini untuk menguatkan potensi umat Islam yang sangat besar dalam menghimpun dana ZIS untuk kemaslahatan umat Islam.

"ZIS dari anggota pemanfaatannya dapat dikembalikan untuk membantu anggota dan keluarga yang membutuhkan, misal ada yang tidak mampu, meninggal dunia, terkena musibah, beasiswa dan lainnya," ujar dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya