Comscore Tracker

Tiga Calon Ketua Siap Bersaing di Musda XV KNPI Jabar

Pelaksanaan Musda bakal dilaksanakan 21-24 Agustus 2021

Bandung, IDN Times - Musyawarah Daerah (Musda) XV Pemuda KNPI Jabar 2021 diundur. Rencananya, pelaksanaan Musda XV ini akan berlangsung pada 23-25 Juli 2021 di Hotel Harmony, Kabupaten Garut.

Musda XV KNPI Jabar ini akan menentukan ketua baru periode selanjutnya. Namun, bertepatan dengan PPKM Level 4 yang diberlakukan Pemerintah Jawa Barat, panita Musda akhirnya menggeser pelaksanaan menjadi 21-24 Agustus 2021, mendatang.

Sekretaris SC Musda XV KNPI Jabar Tb Topan Lesmana mengatakan, pengunduran acara Musda XV KNPI Jabar merupakan hasil dari koordinasi bersama Satgas COVID-19 Jabar, Bupati Garut, Sekda, Kadispora dan Satpol PP Garut.

"Terlebih ada keputusan perpanjangan PPKM hingga 25 Juli 2021 dan akan dilakukan pembukaan bertahap pada mulai tanggal 26 Juli 2021 mendatang," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis(22/7/2021).

1. Ada 124 organisasi kepemudaan yang memiliki hak kepersertaan musda

Tiga Calon Ketua Siap Bersaing di Musda XV KNPI Jabarmamikos.com

Topan Lesmana mengungkapkan, pelaksanaan Musda XV Pemuda/KNPI Jabar nanti akan diikuti sebanyak 124 organisasi kepemudaan (OKP) yang memiliki kepersertaan penuh. Jumlah itu setelah panitia melakukan verifikasi kepersertaan Musda XV Pemuda/KNPI Jabar tahun 2021.

"Ada sebanyak 124 OKP yang dinyatakan memiliki hak kepesertaan penuh pada Musda XV Pemuda/KNPI Jabar 2021 dengan syarat menyerah SK pengurus yang masih berlaku," ujar dia.

2. Lima calon ketua dinyatakan sah memiliki dukungan

Tiga Calon Ketua Siap Bersaing di Musda XV KNPI JabarIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Dalam rangkaian pelaksanaan Musda XV Pemuda/KNPI Jabar 2021, panitia telah menetapkan lima bakal calon ketua yang memenuhi persyaratan sah. Ke lima bakal calon ketua itu adalah Farda Sanberra, Hendra Guntara, Muhammad Lili, Ridwansyah Yusuf Achmad dan Vera Hermawan.

Berdasarkan Anggaran Rumah Tangga (ART) KNPI Pasal 20 Ayat 3, rekomendasi yang dilampirkan kelima pendaftar bakal calon ketua KNPI dinyatakan sah.

"Ada lima orang yang melampirkan rekomendasi dukungan berupa 3 rekomendasi DPD KNPI Kabupaten/Kota, di antaranya Farda Sanberra, Hendra Guntara, Muhammad Lili, Ridwansyah Yusuf Achmad dan Vera Hermawan," ungkap dia.

3. Tiga bakal calon ketua bakal bersaing di Musda XV KNPI Jabar

Tiga Calon Ketua Siap Bersaing di Musda XV KNPI JabarIDN Times/Istimewa

Lebih lanjut kata dia, dalam perbaikan berkas yang dilakukan, panitia telah menetapkan tiga calon dengan memenuhi syarat perdaftaran bakal calon ketua DPD KNPI Jawa Barat. Ketiga calon ketua itu adalah Farda Sanberra, Hendra Guntara, dan Ridwansyah Yusuf Achmad.

Ketiganya disebut sudah memenuhi syarat pendaftaran bakal calon ketua KNPI Jawa Barat yang akan berkontestasi dalam perhelatan Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat tahun 2021.

"Sebab, DPD KNPI Kabupaten/Kota yang jumlah wilayah administratifnya lebih dari 10 Kab/Kota hanya boleh mengeluarkan 1 rekomendari saja. Demikian juga dengan OKP Nasional yang berhimpun di KNPI hanya boleh mengeluarkan 1 rekomendasi. Maka jika rekomendasi yang dikeluarkan lebih dari satu dinyatakan gugur," kata dia.

Baca Juga: KNPI Harus Jadi Sekolah Kaderisasi Pemimpin Muda Masa Depan

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya