Terapkan Moklet Serve, SMK YPT Telkom Siapkan Lahirkan Generasi Unggul

Lulusan juga akan miliki karakter peduli lingkungan

Bandung, IDN Times - Melahirkan lulusan dengan kemampuan teknologi dan informasi (TI) sudah pasti menjadi tujuan utama setiap Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) TI. Namun beda dengan sekolah milik Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung ini.  .

SMK Telkom Malang yang berlokasi di Jalan Danau Ranau, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang ini selain mahir di bidang TI, lulusannya akan memiliki kelebihan yakni berkarakter peduli dan bertanggungjawab terhadap lingkungan sosial.

Sebagai jembatan melahirkan lulusan jago TI sekaligus peduli lingkungan sosial, SMK ini memiliki program unggulan Moklet Serve (Social Empowering and Volunteering for Education).

"Moklet Serve sebagai bagian dari Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), bertujuan menjembatani antara pendidikan dan kepedulian sosial, dengan mengangkat tema 'Gaya Hidup Berkelanjutan'," ujar Kepala Urusan PPDB dan Komunikasi, Qodri Akbar Wajdi, S.Kom, Selasa (26/3/2024).

1. Siswa diajak langsung terjun ke masyarakat

Terapkan Moklet Serve, SMK YPT Telkom Siapkan Lahirkan Generasi UnggulIDN Times/Istimewa

Siswa akan langsung terjun ke masyarakat memberikan pelatihan dan pendidikan baik yang berkaitan dengan TI atau lainnya. Melaksanakan kegiatan pembersihan lingkungan, menjadi relawan, hingga mengembangkan keterampilan seni dan kreativitas.

Wujud nyata program Moklet Serve dilakukan siswa saat turun ke lapangan membersihkan kali sepanjang 500 meter di Desa Semanding Tuban bersama warga. Mengedukasi siswa Sekolah Dasar 1 Sumberbulu dalam melaksanakan reboisasi di Pinus Camp Banyuwangi.

"Bagi siswa, Moklet Serve diharapkan dapat meningkatkan kualitas dan kepercayaan diri, menambahkan kepedulian terhadap lingkungan sekitar, serta mengembangkan kemampuan hard skills dan soft skills," sambung Qodri.

2. Siapkan generasi unggul tak hanya di bidang teknologi

Terapkan Moklet Serve, SMK YPT Telkom Siapkan Lahirkan Generasi UnggulIDN Times/Istimewa

Moklet Serve juga bertujuan untuk mengembangkan empat dimensi Profil Pelajar Pancasila; gotong-royong, bernalar kritis, kreatif, dan peduli terhadap lingkungan sosial.

Program unggulan Moklet Serve merupakan wujud nyata SMK Telkom Malang dalam membentuk generasi yang tidak hanya unggul dalam bidang teknologi, tetapi juga memiliki kesadaran sosial yang tinggi, kuat dan siap berkontribusi bagi kemajuan masyarakat dan bangsa. Sesuai dengan tagline sekolah sebagai The Real Informatics School, Attitude is Everything.

3. Terus kembangkan program unggulan untuk tahun ajaran baru

Terapkan Moklet Serve, SMK YPT Telkom Siapkan Lahirkan Generasi UnggulIDN Times/Istimewa

Untuk tahun ajaran baru bukan tidak mungkin program unggulan terus dikembangkan, lebih baik dan lebih modern. Terutama dari sisi TI sehingga siswa baru akan memiliki kemampuan lebih tinggi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya