Survei Polsight: Popularitas Dhani Wirianata Pilihan Gerindra Paling Rendah

Atalia Praratya jadi paling populer jika ikut pilwalkot

Bandung, IDN Times - Lembaga Survei Polsight kembali melakukan survei opini publik dan preferensi politik masyarakat Kota Bandung jelang pelaksanaan Pemilihan Wali Kota Bandung September 2024, mendatang.

Survei yang menggunakan metode riset Stratified-Systematic Random Sampling dengan
jumlah Sampel 1.200 responden dan tersebar di semua kecamatan serta kelurahan itu dilaksanakan pada 26–30 Juni 2024 lalu. Margin of Error dalam survei ini ± 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Analis Politik sekaligus Direktur Riset Polsight, Kiki Pratama, M.Si. mengatakan, survei ini berfokus pada pergerakan angka popularitas dan elektabilitas masing- masing bakal calon yang akan maju dalam Pilkada Kota Bandung 2024.

1. Atalia Praratya memiliki angka yang paling tinggi

Survei Polsight: Popularitas Dhani Wirianata Pilihan Gerindra Paling RendahInstagram/Jabarano Coffe

Kiki menyebutkan, berdasarkan hasil survei mengenai Top of Mind masyarakat tentang calon wali kota Bandung tertuju pada calon wali kota Bandung Atalia Praratya. Istri dari Ridwan Kamil ini memiliki angka yang paling tinggi dengan 15,33 persen. 

“Sementara untuk popularitas bakal calon Walikota Bandung, Atalia Praratya pun menjadi kandidat yang paling populer dengan angka 97,33 persen," kata dia dalam keterangan tertulisnya. 

2. Popularitas Ridwan Dhani Wirianata paling kecil

Survei Polsight: Popularitas Dhani Wirianata Pilihan Gerindra Paling RendahBakal calon Wali Kota Bandung dari Partai Gerindra, Ridwan Dhani Wirianata (Dok. Gerindra)

Sementara, kata Kiki, nama bakal calon yang popularitasnya paling kecil adalah Ridwan Dhani Wirianata dengan angka 7,08 persen. Kandidat pilihan Partai Gerindra ini masih berada di bawah kandidat lain Sonny Salimi (10,08 persen).

Ditambah lagi masyarakat Kota Bandung menginginkan sosok wali kota yang sudah berpengalaman. Jadi jika keputusan mengusung Ridwan Dhani ini tetap dipaksakan khawatir justru akan menjadi blunder untuk Partai Gerindra.

Kiki menjelaskan, berdasarkan hasil survei Gerindra menjadi partai politik yang paling diinginkan masyarakat untuk menjadi wali kota Bandung berikutnya. Partai Gerindra unggul dengan 18,67 persen, disusul PKS dengan 17,33 persen, lalu Partai Golkar 14,58 persen.

“Pada survei kali ini Gerindra berhasil menyalip PKS yang mana pada survei-survei sebelumnya PKS selalu menjadi partai yang paling diinginkan masyarakat untuk menjadi wali kota Bandung berikutnya. Hasil survei menunjukan bahwa Partai Gerindra
berpeluang besar untuk memenangkan kontestasi Pilkada Kota Bandung 2024," ujar dia.

3. Ada M Farhan hingga Siti Muntamah Oded

Survei Polsight: Popularitas Dhani Wirianata Pilihan Gerindra Paling RendahAnggota Komisi 1 DPR RI Muhammad Farhan menanggapi mundurnya Samuel Abrijani dari Dirjen Aptika Kominfo. (Dok. Parlementaria)

Kiki menyebutkan, selain nama Atalia Prataya yang paling populer di Pilwalkot Bandung, ada sejumlah nama yang juga menjadi kandidat sebagai calon wali kota seperti M. Farhan 11,17 persen, Erwin 8,75 persen, Asep Mulyadi 6,75 persen, Siti Muntamah 6,00 persen, dan Sonny Salimi 5,58 persen. 

Sejumlah nama ini memiliki angka paling tinggi di atas 2,5 persen. Selain memiliki popularitas, kandidat ini juga memiliki pengalaman.

“Hampir di setiap survei yang dilakukan Polsight, alasan memilih calon wali kota karena sudah berpengalaman selalu menjadi alasan paling tinggi, artinya masyarakat Kota Bandung memang menginginkan wali kota yang sudah punya pengalaman dan sudah terbukti kerjanya. Baik pengalaman di pemerintahan, pengalaman menjadi anggota dewan ataupun pengalaman memimpin sebuah organisasi” jelas Kiki.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya