Sukses di Fintech, Sosok Ini Raih Dua Penghargaan dari IAM 2020

Edwin raih Insipiring Professional & Leadership Award 2020

Bandung, IDN Times - Indonesia Award Magazine (IAM) memberikan dua penghargaan sekaligus kepada pegiat di bidang Financial Technology (Fintech) Edwin Kusuma pada Jumat, 20 November 2020, lalu.

Dua penghargaan yang diraih Edwin ini adalah Insping Professional & Leadership Award 2020. Penghargaan ini diberikan melalui hasil survei dari berbagai sumber kepada insan yang memiliki dedikasi dan profesionalitas pada bidang usaha yang digeluti.

1. Diawali dari karier di perusahaan teknologi terkemuka di dunia

Sukses di Fintech, Sosok Ini Raih Dua Penghargaan dari IAM 2020hardwarezone.co.id

Awal karir Edwin Kusuma di bidang Fintech dimulai ketika Ia memutuskan untuk kembali ke Tanah Air setelah berkarir di perusahaan teknologi terkemuka di dunia, Google. Pada saat itu Edwin bertindak sebagai Operational Director dari salah satu perusahaan Fintech.

Disitulah Edwin menggawangi perusahaan tersebut mulai dari awal pembentukan legalitas perusahaan, pembentukan tim, bekerja sama dengan instansi lokal, pengurusan perizinan, sampai ke teknis dan non teknis operasional perusahaan penyedia layanan pinjaman online tersebut.

2. Ciptakan komunikasi yang baik untuk kesuksesan perusahaan

Sukses di Fintech, Sosok Ini Raih Dua Penghargaan dari IAM 2020unsplash/frantic

Jiwa kepemimpinan Edwin Kusuma sangat terlihat jelas dengan cara dan metode dalam mengepalai puluhan hingga ratusan karyawan. Baginya komunikasi adalah salah satu kunci sukses untuk membuat satu perusahaan dapat berjalan secara baik. Beliau sering meluangkan waktu untuk siapapun yang ada di dalam perusahaan untuk lebih mendalami dan memahami kendala dan realita di lapangan.

“Seorang pemimpin juga harus bisa memberikan contoh yang baik bagi anak buah atau rekan kerjanya, jika kita belum bisa memberikan teladan susah untuk membuat orang lain mau untuk bekerja sesuai dengan harapan. Jadi semangat dan atmosfer kerja yang mendukung pastinya akan berdampak positif terhadapa hasil kerja mereka.” ujar Edwin dalam rilis yang diterima IDN Times, Senin(23/11/2020).

3. Terus memberikan pemahaman kepada masyarakat Indonesia mengenai fintech

Sukses di Fintech, Sosok Ini Raih Dua Penghargaan dari IAM 2020Ilustrasi Fintech (IDN Times/Arief Rahmat)

Perjalanan karir Edwin di dunia Fintech berlanjut ketika Ia menjadi CEO dari perusahaan Fintech P2P Lending di Indonesia. Ia merasa banyak lagi yang perlu dilakukan agar Fintech bisa menjadi salah satu faktor pendukung yang berperan penting dalam membantu Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pandemi ini.

Edwin sekarang sedang fokus dengan bagaimana membantu maasyarakat Indonesia agar memiliki akses ke layanan finansial terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah terpencil khususnya luar Pulau Jawa.

“Saya rasa semua komponen harus berkolaborasi dan bahu membahu untuk melakukan literasi keuangan yang merupakan tanggung jawab kita bersama pelaku di industri jasa keuangan ini, dan kita tentunya harus selalu berinovasi untuk memberikan akses finansial yang merata bagi masyarakat yang membutuhkan.” lengkap Edwin Kusuma.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya