SMP Telkom Bandung, Siap Ciptakan Generasi Digital Masa Depan

Jadikan ICT mata pelajaran bagi peserta didik

Bandung, IDN Times - Mencetak generasi digital masa kini, menjadi misi besar yang tengah dirajut SMP Telkom Bandung. Misi tersebut tidak terlepas dari pesatnya perkembangan teknologi.

Salah satu cara dalam mencetak generasi digital tersebut, SMP Telkom Bandung memasukan Information and Communication of Technology (ICT) Program  atau Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai mata pelajaran tambahan.

Selain ICT, sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) tersebut, juga memiliki dua mata pelajaran tambahan lainnya, yaitu Tahfidz dan English Conversation.

"Khusus mata pelajaran tambahan ICT Program diperoleh siswa selama 3 tahun, atau hingga lulus dari SMP Telkom Bandung. Setiap tahunnya, sesuai jenjang kelas, materi yang diberikan berbeda-beda," ujar Ketua PPDB SMP Telkom Bandung, Andar, Senin (25/3/2024).

1. Diasah ilmu videography hingga robotic

SMP Telkom Bandung, Siap Ciptakan Generasi Digital Masa DepanIDN Times/Istimewa

Pada tahun pertama siswa kelas VII akan mempelajari tentang basic programing. Selanjutnya pada kelas VIII siswa diberikan pembelajaran design graphic dan robotic. Sedangkan pada tahun terakhir atau kelas IX siswa akan mempelajari photography dan videography.

Agar pembelajaran mata pelajaran tambahan ICT berjalan maksimal, pihak sekolah sudah mempersiapkan sarana penunjang yang memadai.

"Laboratorium komputer dan ruang multimedia lengkap, fasilitas sangat baik sesuai standar materi yang dipelajari," sambung Andar.

2. Ajak siswa kembangkan teknologi hingga mahir

SMP Telkom Bandung, Siap Ciptakan Generasi Digital Masa DepanIDN Times/Istimewa

Dengan menjadikan ICT sebagai mata pelajaran tambahan secara khusus, diharapkan seluruh siswa  bisa mengembangkan potensi yang dimilikinya. Khususnya di bidang teknologi hingga mahir.

"Sesuai dengan tagline kita, 'Sekolahnya Generasi Digital Masa Kini'," tegasnya.

Kenyamanan peserta didik saat belajar dipastikan terjamin dengan rampungnya pembangunan gedung baru. Kini kampus sekolah yang terletak di Jl. Radio Palasari Road, Sukapura, Kec. Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat tersebut, siap menampung siswa baru. Terutama calon siswa yang ingin mendalami ICT sejak dini.

3. Kuatkan karakter siswa dengan pendidikan ekstrakulikuler

SMP Telkom Bandung, Siap Ciptakan Generasi Digital Masa DepanIDN Times/Istimewa

Selain menjadi mahir, yang tak kelah penting dari mata pelajaran tambahan ICT Program tersebut, siswa mengetahui dan memahami cara penggunaan teknologi yang benar.

"Kita jadikan seluruh siswa biasa menggunakan teknologi secara positif, produktif dimana pun dan kapan pun," tegasnya.

Selain adanya mata pelajaran tambahan, SMP Telkom Bandung juga menguatkan karakter setiap siswa sesuai minat melalui ekstrakurikuler. Beberapa ekstrakurikuler mencatatkan prestasi gemilang hingga tingkat nasional, seperti taekwondo, pencak silat. Begitu pun di bidang seni, catatan prestasinya tak kalah mentereng.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya