SMK Telkom 1 Medan: Siapkan Lulusan Berstandar Internasional

Ada program magang ke luar negeri bagi siswa

Bandung, IDN Times - Tak puas hanya dengan melahirkan lulusan siap terjun ke lapangan. Sekolah di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung, ini memastikan setiap siswa yang menyelesaikan studinya akan memiliki kemampuan berstandar internasional. Hal itu akan dibuktikan lulusan SMK Telkom 1 Medan dengan berbekal Cisco Certified Network Associate (CCNA) dari Cisco Networking Academy Amerika.

Bahkan, lulusan dari sekolah ini juga akan memiliki sertifikat berstandar internasional lainnya dari Mikrotik Academy dengan keahlian teknisi instalasi fiber optik.

"Oleh karena itu materi pembelajaran akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja nasional dan internasional. Terutama setelah dilakukan kajian standar kompetensi dengan mengacu pada kebutuhan pasar," ujar Kepala Sekolah SMK Telkom 1 Medan, Andrianto, Sabtu (6/4/2024).

1. Kurikulum sekolah disesuaikan dengan kebutuhan industri

SMK Telkom 1 Medan: Siapkan Lulusan Berstandar InternasionalIDN Times/Istimewa

Keahlian siswa dipastikan akan sesuai dengan kebutuhan pasar lataran setiap tahun ajaran kurikulum akan selalu diselaraskan dengan industri. Tak hanya itu guru sebagai pemberi materi juga akan magang ke industri, sehingga benar-benar mengenali kebutuhan pasar industri.

"Selain guru yang magang ke industri, sekolah memiliki program mengundang praktisi industri untuk mengajar. Pengenalan secara langsung dari praktisi sangat berguna, sehingga siswa tahu kondisi Industri langsung dari pelaku di lapangan," sambungnya.

2. Miliki program magang ke luar negeri

SMK Telkom 1 Medan: Siapkan Lulusan Berstandar InternasionalIDN Times/Istimewa

Untuk lebih meyakinkan kemampuan siswa SMK Telkom 1 Medan sudah sesuai standar internasional, sekolah memiliki program siswa magang ke luar negeri. Tujuannya agar lulusan nantinya tidak hanya siap bekerja di pasar nasional, tapi sudah berstandar internasional.

Setiap jurusan di sekolah yang beralamat di Jl. Jamin Ginting Km. 11 No. 9C, Simpang Selayang, Kec. Medan Tuntungan, Kota Medan, Sumatera Utara ini menjalin kerjasama dengan industri.

Untuk Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi (TJAT) menjalin kerjasama dengan perusahaan Icon+, sedangkan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) bekerjasama dengan PT Tera Data (Axio), lalu Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) bersama  Metromatika Teknologi Rekayasa, dan Desain Komunikasi Visual berpartner dengan SAE Academy.

3. Siapkan laboratorium untuk siswa

SMK Telkom 1 Medan: Siapkan Lulusan Berstandar InternasionalIDN Times/Istimewa

Siswa akan semakin mudah memperdalam keahlian yang telah diperoleh dari proses belajar mengajar, karena laboratorium yang disediakan SMK Telkom 1 Medan sesuai standar industri yang berkembang. Saat ini terdapat lab web design, lab Cisco, lab perakitan PC, studio multimedia, lab LAN, lab sistem operasi jaringan, lab fiber optic,  lab simulasi robotik dan smart millenial class (SMC).

Prestasi siswa dalam keahlian sebelum digunakan di lapangan industri telah dibuktikan melalui berbagi perlombaan. Pada tahun 2023 SMK Telkom 1 Medan berhasil meraih 68 penghargaan nasional dana internasional dari berbagai lomba, mulai dari science, seni, olahraga, olimpiade keterampilan dan lainnya.

Pada tahun ajaran baru nanti, SMK Telkom 1 Medan,  sekolah unggulan di bidang teknologi berencana memodernisasi berbagai fasilitas pembelajaran, sehingga setiap lulusan tidak akan tertinggal oleh cepatnya perkembangan industri.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya