SMA Telkom Bandung Siapkan Program Khusus Buat Lulusannya Lolos ke PTN

Banyak program yang bisa didapat siswa selama pendidikan

Bandung, IDN Times - Sebuah kebanggaan tersendiri bagi setiap sekolah jika lulusannya bisa lolos masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dan itu yang kini dirasakan SMA Telkom Bandung, lantaran setiap tahunnya jumlah siswa yang lolos ke PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) terus meningkat.

Banyaknya siswa yang lolos ke PTN dari SMA yang berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) tersebut ternyata bukan kebetulan semata, melainkan telah dirancang melalui program khusus.

"Tahun lalu ada 104 siswa yang lolos ke PTN. Padahal lima tahun sebelumnya hanya 2 siswa saja yang lolos PTN. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir selalu ada yang lolos masuk Institut Teknologi Bandung (ITB). Satu kebanggan bagi kami jika ada siswa bisa lolos ke ITB," ujar Wakil Kepala, SMA Telkom Bandung, Rizal Maulana, Senin (1/4/2024).

1. Siapkan dua program khusus untuk siswa

SMA Telkom Bandung Siapkan Program Khusus Buat Lulusannya Lolos ke PTNIDN Times/Istimewa

Keberhasilan meloloskan lulusan ke PTN ditegaskan Rizal berkat dua program khusus yang dibuat sekolah. Program pertama adalah analisis raport dengan melibatkan lembaga khusus. Bersama lembaga ini siswa akan menganalisis bagaimana cara agar bisa lolos melalui jalur SNBP sesuai minat. Sehingga proses pembelajaran pun semakin terarah.

"Program kedua adalah bootcamp. Siswa akan menjalani tes terlebih dulu sebelum masuk bootcamp selama satu tahun. Program bootcamp sudah sangat efektif, karena materi yang diberikan semakin spesifik menuju PTN. Hasilnya 30 persen dari jumlah siswa kelas XII bisa lolos ke PTN," sambung Rizal.

2. Tahfiz Quran dan Bahasa Inggris salah satu program unggulan

SMA Telkom Bandung Siapkan Program Khusus Buat Lulusannya Lolos ke PTNIDN Times/Istimewa

SMA Telkom Bandung juga punya program unggulan lainnya yakni tahfidz Quran, dan Bahasa Inggris. Untuk Siswa yang mengikuti program tahfidz akan dibimbing langsung 24 ustadz bersertifikat dari lembaga tahfidz.

"Sedangkan untuk Bahasa Inggris di akhir pembelajaran akan dimasukkan bootcamp selama satu bulan dan menjalani tes TOEFL. Ini sangat berguna karena tahun lalu ada siswa yang melanjutkan ke universitas di Turki dan Jepang," katanya.

Nilai plus lainnya dari SMA Telkom Bandung yang bisa didapat siswa adalah akan mendapat dua sertifikat untuk keahlian komputer yakni coding dan desain grafis. Padahal sertifikat keahlian ini umumnya hanya dimiliki lulusan dari sekolah menengah kejuruan.

"Prestasi yang diraih siswa dari pelajaran khusus komputer ini juga sangat baik dengan menjuarai vlog wisata yang diadakan sebuah stasiun televisi dan video profil sekolah yang diadakan Dinas Pendidikan Jawa Barat. Prestasi dari ekstrakurikuler juga banyak. Tahun lalu ada 95 penghargaan dari 24 ekstarkurikuler," terang Rizal.

3. Bangun gedung baru untuk kenyamanan pendidikan

SMA Telkom Bandung Siapkan Program Khusus Buat Lulusannya Lolos ke PTNIDN Times/Istimewa

Kini siswa SMA Telkom Bandung semakin nyaman dalam menjalani proses belajar dengan dibangunnya dua gedung baru di Jalan Radio Palasari Road, Citeureup, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, serta laboratorium fisika dan biologi yang dimodernkan.

Tak salah jika calon siswa bermimpi bisa melanjutkan ke PTN, maka SMA Telkom Bandung menjadi pilihan yang tepat.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya