Siswa SMP Telkom Purwokerto, Pelajari IT hingga Marketing Bisnis

Siapkan SDM unggul untuk hadapi perkembangan global

Bandung, IDN Times - Menjadi unit pendidikan pertama berbasis Information and Technology (IT) di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung, yakni Sekolah Menengah Pertama (SMP) Telkom Purwokerto buktikan hasil pembelajaran siswa sudah bisa diaplikasikan sejak dini. Terutama untuk mata pelajaran yang berkaitan teknologi.

Sekolah ini memasukkan mata pelajaran mobile photography, desain grafis, dan junior web programming  dalam intrakurikuler. Tiga mata pelajaran tersebut pengaplikasiannya sudah bisa dirasakan langsung oleh siswa dan orang tuan.

"Terutama siswa yang orang tuanya memiliki bisnis, seperti kuliner, rental mobil, kost, dan lainnya. Ilmu mobile photography diterapkan untuk memfoto produk, desain produk dan marketing digarap siswa karena mendapatkan ilmunya dari desain grafis, sedangkan junior web programming, diterapkan siswa untuk membuat marketplace, baik di web sendiri atau media sosial," ujar humas SMP Telkom Purwokerto, Tri Januri Ariri, Kamis (4/4/2024).

1. Manfaatkan handphone untuk hal positif

Siswa SMP Telkom Purwokerto, Pelajari IT hingga Marketing BisnisIDN Times/Istimewa

Karya siswa dalam membantu bisnis orang tuanya tersebut menjadi kebanggan tersendiri bagi para orang tua. Selain itu, melalui mata pelajaran mobile photography siswa bisa memanfaatkan teknologi handphone untuk hal positif, karena bisa membuat video atau vlog lainnya.

"Bagi siswa yang sangat tertarik memperdalam dari ketiga mata pelajaran tersebut sebagian diantaranya dilanjutkan di ekstrakurikuler, seperti robotika, pemrograman aplikasi game, dan bisnis digital marketing. Hasilnya sudah bisa dirasakan siswa dengan karya-karya," sambung Ariri.

2. Siapkan mata pelajaran AI dan IoT

Siswa SMP Telkom Purwokerto, Pelajari IT hingga Marketing Bisnispinterest

Prestasi yang diperoleh siswa SMP Telkom Purwokerto juga tidak main-main. Dalam dua tahun terakhir secara beruntun berhasil menjadi juara desain poster tingkat Provinsi Jawa Tengah. Selain itu sederet prestasi lainnya di bidang IT berhasil diraih, baik tingkat sekolah, regional hingga nasional.

Sebagai pengembangan dari suskesnya tiga mata pelajaran IT yang dijadikan intrakurikulum, SMP Telkom Purwokerto kini tengah merancang mata pelajaran lainnya yang berkaitan dengan IT yakni Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Think (IoT). Kedua teknologi yang akan dijadikan mata pelajaran tersebut kemungkinan akan diterapkan dalam tahun ajaran baru.

"Kita tengah merancang ke arah sana, menambahkan AI dan IoT untuk dipelajari agar kemampuan siswa lebih baik lagi, sekaligus mengikuti perkembangan teknologi," katanya.

3. Miliki fasilitas khusus untuk multimedia

Siswa SMP Telkom Purwokerto, Pelajari IT hingga Marketing Bisnisilustrasi mendengarkan podcast dan audiobook (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebagai bentuk apresiasi perkembangan siswa di bidang IT, sekolah yang beralamat di Jalan DI Panjaitan No.128, Purwokerto Kidul, Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah tersebut kini tengah melengkapi fasilitas ruang khusus multimedia.

Laboratorium multimedia yang dimiliki SMP Telkom Purwokerto saat ini sudah bisa digunakan siswa untuk podcast, desain grafis, 3D. Ke depan akan semakin dimodernkan agar lebih banyak lagi siswa yang mahir IT yang langsung bisa mengaplikasikan dalam keseharian.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya