Sekolah Digital Pariwisata Terdepan Siap Lahirkan Para Profesional

Memiliki kurikulum coffee dan pilot drone

Bandung, IDN Times - Setiap sekolah kejuruan, menghasilkan lulusan dengan kemampuan (skill) siap terjun di dunia kerja merupakan sebuah kewajiban. Tapi bagi sekolah di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), Bandung yakni SMK Telkom 2 Medan, skill setiap lulusannya lebih dari sekadar siap kerja, melainkan siap menjadi seorang profesional di bidangnya.

Sekolah dengan visi menjadi sekolah digital pariwisata terbaik ini berusaha memastikan setiap lulusannya menjadi generasi digital yang kompeten, berakhlak mulia, berkarakter, dan berdaya saing global.

"Untuk itu SMK Telkom 2 Medan berkomitmen menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan, berkonsep digital hospitality. Sekolah ini juga akan memberikan pengalaman berbeda dalam proses kegiatan mengajar," kata Kepala SMK Telkom 2 Medan, Fadliansyah Nasution, Jumat (22/3/2024).

1. Jadikan sekolah pusat keunggulan

Sekolah Digital Pariwisata Terdepan Siap Lahirkan Para ProfesionalIDN Times/Istimewa

Dalam pembelajaran, SMK Telkom 2 Medan mengimplementasikan STEAM (sains, technology, engineering, art and mathematic) dengan kurikulum Telkom Schools. Selain itu menjadikan sekolah sebagai rumah kedua dengan menerapkan PLiS (Playing, Living, Studying), dan meningkatkan prestasi guru dan siswa pada level regional, nasional hingga internasional sebagai pencapaian yang harus dikejar.

Penerapan konsep tersebut membuat SMK Telkom 2 Medan pernah dinobatkan sebagai SMK CoE (Center  of Excelent) dari kemendikbud RI di 2020 dan hingga kini menjadi SMK Pusat Keunggulan.

2. Jalankan kurikulum coffee

Sekolah Digital Pariwisata Terdepan Siap Lahirkan Para ProfesionalIDN Times/Istimewa

SMK Telkom 2 Medan menjadi sekolah pertama yang memiliki kurikulum Coffee. Dengan adanya kurikulum khusus ini, bukan hanya bisa menjadikan siswa atau lulusan sebagai barista profesional. Tapi menjadi pengusaha di bidang kopi secara luas dan profesional.

SMK Telkom 2 Medan juga menyiapkan siswanya menjadi seorang profesional di bidang multimedia pariwisata yang mampu merencanakan perjalanan, menjadi event organizer atau wedding organizer serta mengelola perjalanan wisata.

3. Siapkan sarana dan prasana untuk jadikan SDM profesional

Sekolah Digital Pariwisata Terdepan Siap Lahirkan Para ProfesionalIlustrasi drone. (Unsplash.com/Jason Blackeye)

Kompetensi siswa ditambah kepiawaiannya menjadi seorang fotografer dan pilot drone untuk menyempurnakan pendokumentasian dari profesinya.

"Sekolah sudah menyiapkan laboratorium standar hotel bintang 5, dan fasilitas pendukung praktik siswa untuk semua program keahlian sesuai dengan standar industri. Ini sesuai tagline kami the best the best school of developing your softskill and hardskill,” katanya.

Dengan tenaga pengajar kompeten dan profesional, SMK Telkom 2 Medan yang beralamat Jalan Halat No.68, Kota Matsum II, Kecamatan Medan Area, Kota Medan, Sumatera Utara, akan menjadikan setiap siswa menjadi seorang profesional saat terjun di dunia kerja.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya