SBM ITB dan Amvesindo Institute Luncurkan Mata Kuliah Venture Capital Business

Siapkan SDM venture capitalist yang kompeten di Indonesia

Bandung, IDN Times - Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB membuka mata kuliah pilihan Venture Capital Business untuk program studi kewirausahaan di tingkat S1. Kehadiran mata kuliah ini merupakan hasil kerja sama dengan PT  Lembaga Karya Amvesindo (Amvesindo Institute).

Kolaborasi tersebut untuk pengembangan skill mahasiswa dalam bidang modal ventura. Diharapkan, kerja sama ini bisa menyiapkan sumber daya manusia (SDM) kompeten di industri modal ventura Indonesia yang ideal dan sehat.

1. Siapkan bibit unggul venture capitalist yang berkompeten

SBM ITB dan Amvesindo Institute

Luncurkan Mata Kuliah Venture Capital BusinessIDN Times/Istimewa

Direktur The Greaterhub SBM ITB Sandhy Widyasthana mengatakan, kerja sama dengan SBM-ITB merupakan salah satu kesempatan emas untuk menabur benih ilmu dan mengamankan bibit unggul untuk lahirnya venture capitalist yang berkompeten. Hal ini sejalan dengan belum adanya keprofesian mahasiswa di bidang investment/ venture capital.

“Peluang untuk Amvesindo Institute memberikan lisensi atas skills set tersebut & memberikan nilai tambah untuk mahasiswa ketika memasuki pasca campus nantinya,” ucapnya.

Selain itu, Dina mengatakan, kerja sama ini dilakukan untuk membentuk ekosistem kewirausahaan SBM ITB. “Venture capital merupakan salah satu elemen penting dalam ekosistem ini dimana dapat membantu startup mendapatkan pendanaan dan akselerasi bisnisnya. Selain itu dengan adanya kerjasama ini mahasiswa SBM ITB dapat mempelajadi bisnis venture capital serta belajar untuk dapat menjadi bagian dari venture capital” kata dia.

2. Penandatanganan kerja sama dilakukan secara hybrid

SBM ITB dan Amvesindo Institute

Luncurkan Mata Kuliah Venture Capital BusinessKampus SBM ITB Bandung. IDN Times/Istimewa

Acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara SBM ITB dan Amvesindo Institute dilaksanakan secara langsung di ruang Amphitheater 1, Gedung Labtek XII lantai 2 Kampus MBA ITB Bandung.

PKS ini ditandatangani Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan ITB Prof. Jaka Sembiring, M.Eng. dan Ir. Rimawan Yasin, MM., Direktur Utama Amvesindo Institute. Acara ini dihadiri juga oleh Prof. Dr. Ir. Pulung Nur Prasetio, M.SME., (Dekan SBM ITB)  Dr. Dina Dellyana (Direktur The Greaterhub SBM ITB), Dr. G.N Sandhy Widyasthana, PMP (Waki Komisaris Utama Amvesindo Institute) dan Donald Wihardja, BSc., MSc (Wakil Ketua II Amvesindo) yang terpisah secara online.

Lingkup kerja sama ini mencakup kolaborasi ekosistem kewirausahaan dengan membuka mata kuliah pilihan “Venture Capital Business” untuk program studi kewirausahaan di tingkat S1. Nantinya, mahasiswa akan dibimbing dosen tamu praktisi dan tim pengajar pada mata kuliah Venture Capital Business  untuk membagikan ilmu dan pengalaman langsung dari industri (best practices), pembentukan kelompok peminatan mahasiswa di bidang profesi Venture Capital (VC) dan bimbingan (mentorship) kepada mahasiswa untuk sertifikasi di bidang profesi VC.

 

3. Ahli dibidang industri modal ventura di Indonesia

SBM ITB dan Amvesindo Institute

Luncurkan Mata Kuliah Venture Capital BusinessIlustrasi modal ventura. (Unsplash.com/Markus Winkler)

Amvesindo Institute adalah Perseroan Terbatas dengan nama PT Lembaga Karya Amvesindo, yang dibentuk dan didirikan berdasarkan hukum Republik Indonesia. Perusahaan ini berada di Jakarta dan alamat kantor terletak di Gowork Pacific Place Mall, Lantai 2, Jalan Jenderal Sudirman, Jalan SCBD No. 52-53, Kelurahan Senayan, Kecamatan Kebayoran Baru, Kota Adm. Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta.

Amvesindo Institute merupakan unit usaha dari Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo), yang melaksanakan mandat kegiatan pendidikan bimbingan belajar & konseling swasta serta aktivitas konsultasi manajemen lainnya di bidang industri modal ventura.

 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya