Rumah Zakat Salurkan Bantuan Pakan ke 13 Kebun Binatang di 9 Provinsi

Kebun binatang Bandung salah satu yang mendapat bantuan

Bandung, IDN Times - Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Nasional, Rumah Zakat menyalurkan bantuan pakan satwa untuk 13 kebun binatang yang ada di sembilan provinsi di Indonesia, Selasa(10/11/2020). Kegiatan ini merupakan donasi dari para #PahlawanKebahagiaan yang telah terkumpul.

"Pandemi tidak hanya berdampak pada manusia, namun juga kehidupan satwa di lingkungan konservasi seperti kebun binatang. Pembatasan sosial berkala membuat kebun binatang terpaksa tutup beberapa saat dan tidak menerima kunjungan. Hal ini menyebabkan pendapatan yang diperoleh dari retribusi pengunjung pun turut berkurang drastis," ujar Chief Program Officer Murni Alit Baginda, Selasa (10/11/2020).

1. Sebanyak 13 kebun binatang di 9 provinsi mendapatkan bantuan pakan satwa

Rumah Zakat Salurkan Bantuan Pakan ke 13 Kebun Binatang di 9 ProvinsiIDN Times/Dwi Agustiar

Bantuan pakan bagi satwa yang diberikan Rumah Zakat ini disalurkan ke 13 kebun binatang yang berada di 9 provinsi di Indonesia. Salah satu kebun binatang yang mendapatkan bantuan pakan satwa adalah di Kota Bandung.

Selain itu, bantuan juga disebar ke kebun binatang yang berada di Sumatera Utara, Jawa Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Riau, dan DKI Jakarta.

"Alhamdulillah respons masyarakat Indonesia baik itu individu, komunitas, maupun korporat untuk program pangan satwa ini sangat baik. Sehingga kita berhasil mengumpulkan dana untuk membeli makanan bagi satwa," tutur Murni.

2. #PahlawanKebahagiaan tetap berbagi di masa pandemi

Rumah Zakat Salurkan Bantuan Pakan ke 13 Kebun Binatang di 9 ProvinsiIDN Times/Galih Persiana

Di bulan November ini Rumah Zakat meluncurkan gerakan #PahlawanKebahagiaan sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat yang tetap berbagi meski perekonomiannya terdampak pandemi. Diharapkan dari gerakan ini, akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang terinspirasi untuk berbagi kepada sesama makhluk baik itu manusia maupun satwa.

"Meski negara kita tengah mengalami resesi ekonomi, namun kesadaran masyarakat Indonesia dalam berbagi tetap tinggi. Hal itu dapat terlihat dalam jumlah donatur yang terus mengalami peningkatan dalam beragam program kemanusiaan yang dibuat untuk membantu masyarakat terdampak pandemi," kata Murni.

3. Bantuan mengalir, kehidupan satwa di kebun binatang aman

Rumah Zakat Salurkan Bantuan Pakan ke 13 Kebun Binatang di 9 ProvinsiTidak adanya pemasukan semenjak ditutup tanggal 23 Maret 2020 terkait wabah COVID-19, menyebabkan kurang lebih 200 satwa di Medan Zoo terancam kehabisan makanan dan kelaparan (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Pandemik COVID-19 sempat mengancam keberadaan satwa yang berada di Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoological Garden (Bazoga). Sebab, di tengah krisis kesehatan ini memaksa masyarakat untuk membatasi aktivitas sosialnya, termasuk tidak bepergian ke kebun binatang. 

Beruntung, Pemerintah Kota Bandung telah memberikan relaksasi kepada Kebun Binatang Bandung untuk membuka kembali aktivitasnya demi menjaga keberlangsungan hidup ratusan satwa yang ada di sana.

Selain hadirnya pengunjung, bantuan donasi dari para donatur terus mengalir untuk memberikan pangan satwa.

"Ini menambah stok pakan satwa yang menipis sejak tidak ada pengunjung akibat pembatasan sosial karena Covid-19," kata staf humas Bazoga, Sulhan Syafii.

 Menurut Sulhan, sejumlah bantuan pakan satwa juga telah diterima dari sejumlah pihak sejak beberapa waktu lalu. Dari beberapa pemberi bantuan yang datang, dia mencatat, ada yang sampai empat kali datang menyumbang. "Jadi setiap hari ada saja yang membawakan sayuran," katanya. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya