Ridwan Kamil Raih Gubernur Award dari APPSI

Dinilai berhasil mengembangkan industri kreatif di Jabar

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menerima penghargaan pada ajang Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Gubernur Award dalam bidang Ekonomi Kreatif dengan program Bandung Silicon Valley serta pembangunan pusat Ekonomi Kreatif di 27 kabupaten/kota.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima langsung penghargaan yang diberikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo didampingi Direktur Utama Jawa Pos, Leak Kustiyo di Surabaya, Senin(28/1) malam.

1. Terima penghargaan dalam bidang inovasi kreatif

Ridwan Kamil Raih Gubernur Award dari APPSIIDN Times/Humas Jabar

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, penghargaan yang diberikan APPSI bekerja sama dengan The Jawa Pos Institute of Pro-Otonomi (JPIP) ini dalam bidang inovasi kreatif yang sudah dibangun.

"Jawa Barat memenangkan penghargaan pada keistimewaannya dalam bidang inovasi kreatif, salah satunya adalah pusat- pusat industri hi- tech, yang disebut adalah Bandung Silicon Valley, atau Techno Park," kata Emil sapaan akrab gubernur Jawa Barat.

2. Terus kembangkan pusat ekonomi kreatif di 27 kabupaten kota di Jawa Barat

Ridwan Kamil Raih Gubernur Award dari APPSIIDN Times/Humas Jabar

Selain itu, rencana pembangunan Pusat Ekonomi Kreatif di seluruh 27 Kota/ Kabupaten di Jawa Barat, juga mendapat penilaian positif.

Emil mengungkapkan, pembangunan pusat ekonomi kreatif yang sedang dikembangkan di berbagai daerah itu sejalan dengan visi misi Jawa Barat yakni fokus pada ekonomi kreatif dengan basis digital dan teknologi.

"Dengan teknologi akan punya nilai tambah. Orang-orang di Jawa Barat termotivasi agar berpendidikan lebih tinggi sehingga kualifikasinya bisa bersaing secara global," katanya.

3. Ridwan Kamil belajar dari provinsi lain

Ridwan Kamil Raih Gubernur Award dari APPSISidomi

Emil mengaku, untuk memajukan dan mengembangkan inovasi ekonomi kreatif telah belajar pada provinsi lain di Tanah Air. "Fastabiqul khairat Leadership, semua berlomba- lomba dalam kebaikan, saling belajar, dan saling menginspirasi," katanya.

"Ada organisasi Gubernur APPSI yang memberikan banyak koordinasi pembangunan, dan juga apresiasi bagi provinsi yang memiliki lompatan- lompatan," sambung Emil.

4. Penghargaan Gubernur Award sebagai bentuk apresiasi

Ridwan Kamil Raih Gubernur Award dari APPSIIDN Times/Musthofa Aldo

Sementara itu, Ketua Umum APPSI, yang juga Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjelaskan, APPSI harus berperan dalam memperkuat sinergitas dan konektifitas antardaerah. Selain itu, APPSI juga diharapkan mampu menjadi wadah interaksi kepemimpinan. Hal itu bisa dilakukan melalui pengelolaan pemerintah provinsi dan pengelolaan potensi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

"APPSI juga menjadi jembatan terhadap provinsi dengan pusat," katanya.

Tujuannya yaitu untuk mewujudkan pemerintahan daerah yang bersih, efektif, percaya diri, kreatif, dan bertanggung jawab untuk menyukseskan otonomi daerah (otda).

"Gubernur adalah wakil pemerintah pusat di daerah. Para Gubernur pasti berusaha melakukan sesuatu yang luar biasa," kata Pakde Karwo, panggilan akrabnya.

Maka penting menurut Pakde Karwo, untuk dibuatkan suatu data center tentang Indonesia incoorporate untuk mengurangi impor dan subtitusi suatu komoditas.

"Perlu dibangun data base antar daerah, agar kita mempunyai manfaat antar daerah satu dengan daerah lain," ucapnya.

Direktur Utama Jawa Pos Leak Kustiyo menyebutkan, penghargaan atau Awards yang diberikan kepada para gubernur ini merupakan bentuk respect atas keras kerasnya mengabdi kepada masyarakat bangsa dan negara.

"Mengelola dana triliun bertahun- tahun, 'keseleo' 16 juta, 18 juta juga sudah bisa runtuh citra gubernur beserta keluarga- keluarganya," ujar Leak.

"Maka Gubernur Award, bertujuan mengapresiasi kinerja Pemerintah, meningkatkan citra positif pemerintah di mata publik, dan prestasi yang dihasilkan akan dicontoh provinsi lain," tuturnya.

Leak menyatakan, bahwa serangkaian tahapan penilaian telah dilakukan oleh tim juri yang juga para ahli. Gubernur dengan raihan nilai tertinggi akan mendapat penghargaan yang terdiri dari 19 bidang dalam 2 kategori, Adhi Purna Karya Award dan Adhi Purna Prima Award.

"Teruslah merakyat dan berbesar hati, gubernur adalah manusia pilihan," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya