Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Disnaker Kabupaten Bandung

Terbuka 600 lowongan pekerjaan baru di tengah pandemik COVID

Bandung, IDN Times - Dinas Tenaga Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Bandung kembali menggelar Job Fair yang berlangsung di The Matic Mal, Majalaya. Kegiatan kedua di tengah Pandemik COVID-19 ini mendapat antusiasme dari para pencari kerja.

Kabid Perencanaan dan Informasi Pasar Kerja Disnaker Kabupaten Bandung, M Zumhan mengatakan, kegiatan Job Fair kedua ini didatangi ribuan pencari kerja dari berbagai daerah di Kabupaten Bandung.

"Kami buka dari jam 8, itu sudah banyak yang datang dan antre, membludaknya pencari kerjanya, secara itungan kasar tidak kurang dari 2.000 orang yang datang," kata Zumhan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Kamis(28/7/2022).

1. Tersedia 600 lowongan kerja dari puluhan perusahaan

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Disnaker Kabupaten BandungIDN Times/Istimewa

Zumhan mengungkapkan, pihaknya telah dua kali menggelar Job Fair di Kabupaten Bandung pasca Pandemik COVID-19. Di Job Fair kali ini, setidaknya ada 600 lowongan yang tersedia dari berbagai jenis perusahaan.

Menurut Zumhan, perusahaan perbankan paling diserbu oleh para pencari kerja. Pasalnya, perusahaan perbankan menyediakan kuota paling banyak dibandingkan dengan perusahaan lain.

“Paling banyak itu tadi saya lihat di BTPN Syariah karena mereka menyediakan 150 lowongan, lalu ada perusahaan lain juga yang menyediakan 200 lowongan, perusahaan lain rata-rata 10 sampai 15 lowongan orang,” terang Zumhan.

2. Banyak pencari kerja dampak dari pandemik COVID-19

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Disnaker Kabupaten BandungIDN Times/Galih Persiana

Tingginya antusias para pencari kerja dinilai imbas dari Pandemik COVID-19. Menurutnya, banyak orang yang putus kerja di Masa pandemik. Meski begitu, tak sedikit pula pelamar yang berstatus fresh graduate.

“Mungkin ini dampak dari Pandemik COVID-19 kemarin, sekarang baru ada lagi, apalagi tadi ada gebyar UMKM,” tuturnya.

“Tapi banyak juga yang baru lukus, karena kelulusan bulan Mei kemarin, banyak pelamar baru lulusan SMA SMK yang baru dapat ijazah,” imbuhnya.

3. Job fair tetap menerapkan protokol kesehatan

Ribuan Pencari Kerja Serbu Job Fair Disnaker Kabupaten BandungIDN Times/Galih Persiana

Zumhan menegaskan, meski diserbu, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Mereka yang masuk di harusnya memakai masker dan tidak berkerumun.

“Tetap kita memperhatikan Prokes, karena kita masih Pandemi, kita atur sedemikian rupa sesuai dengan Prokes,” tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya