Raja dan Sultan Nusantara Apresiasi Rakernas KNPI 2023 di Bandung

KNPI siap wujudkan pemuda berkualitas demi kemajuan bangsa

Bandung, IDN Times - Para raja dan sultan yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional DPP KNPI Pusat di Bandung, 3-4 Februari 2023 mengapresiasi kegiatan tersebut. Seperti diketahui, selain berjalan lancar, pada kegiatan yang berlangsung di Gedung Merdeka tersebut dilakukan juga Musyawarah Agung yang dihadiri 198 kesultanan dan raja nusantara, serta tokoh ulama, adat, budayawan, dan perjuangan.

Tak hanya itu, kirab budaya dari masing-masing kerajaan pun turut memeriahkan acara tersebut.

Pimpinan Badan Pelaksana Amanat Musyawarah Agung Nusantara, Mohammad Rifky (Eki Pitung), mengapresiasi rakernas KNPI yang diwarnai dengan kirab budaya dari para utusan raja dan sultan yang hadir. Selain bentuk penghormatan terhadap para raja dan sultan, hal inipun menjadi wujud rasa cinta anak muda terhadap kebudayaan daerah.

"Kirab kebangsaan berjalan baik, sukses. Panitia menyambut kami dengan hidangan, jamuan, dan lo yang sangat hangat kepada para raja sultan," katanya.

1. Jadi ajang pertemuan pemuda untuk pemikiran masa depan bangsa

Raja dan Sultan Nusantara Apresiasi Rakernas KNPI 2023 di BandungIDN Times/Istimewa

Lebih dari itu, dia pun mengapresiasi rakernas KNPI 2023 ini karena menjadi ajang berkumpulnya pemuda untuk memunculkan pikiran dan gagasan bagi kemajuan bangsa. "Inilah silaturahmi, langkah baru, kebangkitan baru. Sejarah ada di tangan pemuda Indonesia," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, pemuda khususnya yang tergabung dalam KNPI harus senantiasa menjaga persatuan dan kerukunan.

"Beriringan satu sama lain serta berani dalam mewujudkan cita-cita demi kemajuan bangsa, dengan tetap mengedepankan arahan para leluhur, para orangtua," katanya.

Dia pun berharap para pemuda tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan menjaga keutuhan NKRI. "Para raja, sultan, bersama KNPI kita junjung tinggi Pancasila dan NKRI," katanya.

2. Pemuda siap menjaga persatuan, keutuhan, dan keamanan negara

Raja dan Sultan Nusantara Apresiasi Rakernas KNPI 2023 di BandungIDN Times/Istimewa

Ketua Umum DPP KNPI Ryano Panjaitan memastikan pihaknya siap menjalankan amanah tersebut. "Kami pemuda, siap menjaga persatuan, keutuhan, dan keamanan agar negara maju, sejahtera, dan bermanfaat khususnya untuk pemuda untuk seluruh Indonesia," katanya.

Terkait warisan kebudayaan terutama dari setiap kerajaan di Nusantara, Ryano pun memastikan pihaknya siap menjaga. "Kita harus kenalkan budaya yang sangat beragam ini ke dunia internasional. Kita harus jadi agen untuk memviralkannya," kata dia.

3. Siap wujudkan pemuda berkualitas demi kemajuan bangsa

Raja dan Sultan Nusantara Apresiasi Rakernas KNPI 2023 di BandungIDN Times/Istimewa

Ketua DPD KNPI Jawa Barat Ridwansyah Yusuf Achmad menyampaikan hal serupa. Terlebih, sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbanyak, pemuda di Jawa Barat pun menjadi yang terbanyak.

"Kami siap bersama siapapun untuk mewujudkan pemuda yang berkualitas, yang memiliki daya saing demi kemajuan bangsa. Tanpa melupakan aspek budaya dan warisan leluhur lainnya," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya