Prank Sumbang Rp2 Triliun, Anak Akidi Tio Terancam 10 Tahun Penjara

Polda Sumsel cari tersangka lain dalam kasus ini

Bandung, IDN Times - Kabar sumbangan dana hibah penanganan COVID-19 sebesar Rp2 triliun yang dilakukan keluarga Akidi Tio di Palembang, Sumetera Selatan ramai menjadi perbincangan publik.

Dana hibah yang bakal diserahkan melalui Polda Sumsel itu ternyata fiktif belaka alias prank. Merasa ditipu dan kena prank, Polda Sumsel akhirnya menetapkan anak bungsu Akidi Tio, Heriyanti menjadi tersangka dalam kasus tersebut.    

Direktur Intel dan Keamanan (Intelkam), Kombes Pol Ratno Kuncoro mengatakan, dana sumbangan sebesar Rp2 triliun yang diserahkan keluarga Akidi Tio ternyata hanya fiktif belaka.

 Ratni Kuncoro mengatakan telah menangkap tersangka Heriyanti saat berada di Bank Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman Palembang. Tersangka kini sedang menjalani pemeriksaan di Mapolda Sumsel untuk mempertanggungjawabkan prank kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Tersangka saat ini sudah ditangkap dan diperiksa di Polda Sumsel," ungkap Ratno Kuncoro, Senin (2/8/2021).

Kuncoro menyebutkan, masih melakukan pemeriksaan terhadap tersangka termasuk dokter keluarga bernama Profesor Hardi Darmawan. Menurut dia, tidak menutup kemungkinan ada tersangka baru dalam kasus tersebut.

"Ini sudah kedua kali dilakukan oleh tersangka," kata dia.

Ratno menjelaskan, dalam kasus ini penyidik akan menjerat Hariyanti dengan mengenakan UU nomor 1 tahun 1946 pasal 15 dan 16 yang dianggap menghina negara dengan melakukan kebohongan publik.

Dalam pasal 15 disebutkan, barang siapa menyiarkan kabar tidak pasti atau kabar yang berlebihan maupun tidak lengkap hingga membuat keonaran di kalangan rakyat.

Lalu pasal 16 tentang suatu perbuatan yang dapat menimbulkan perasaan penghinaan kebangsaan. Heriyati sudah dianggap menghina negara dalam kasus ini.

"Tersangka akan dihukum 10 tahun penjara atas perbuatannya," ungkap Ratno.

Baca Juga: [BREAKING] Prank Sumbang Rp2 Triliun, Putri Akidi Tio Jadi Tersangka

Baca Juga: Sumbang Rp2 T untuk Penanganan COVID di Sumsel, Ini Profil Akidi Tio

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya