Perumda Pasar Juara Gandeng Koperasi untuk Pinjaman Modal Pedagang

Pedagang bisa ajukan pinjaman mulai Rp5 Juta-Rp100 juta

Bandung, IDN Times - Ingin memberantas bank emok di lingkungan pasar, Perumda Pasar Juara bekerja sama dengan Koperasi Rangkul Teman membantu permodalan para pedagang. Pedagang pasar bisa mengajukan pinjaman dari plafon Rp5 juta hingga Rp100 juta.

"Kami ingin membantu para pedagang dari sisi permodalan. Jadi jangan sampai kami berkomunikasi dengan pedagang hanya saat penarikan retribusi," ujar Direktur Utama Perumda Pasar Juara, Pradana Aditiya Wicaksana, kepada wartawan Rabu (24/07/2024).

1. Berikan bunga rendah dan skema pembayaran yang mudah

Perumda Pasar Juara Gandeng Koperasi untuk Pinjaman Modal Pedagangilustrasi pinjaman online (IDN Times/Aditya Pratama)

Dia menyebutkan, kelebihan koperasi ini bisa, memfasilitasi semua pedagang di pasar se-Kota Bandung, dengan bunga rendah dan skema pembayaran meringankan pelanggan.

"Beberapa kelebihan dari koperasi ini, adalah pencairan yang cepat, tidak memerlukan agunan dan tidak ada bunga berbunga," jelasnya.

Aditya mengatakan, dengan adanya koperasi ini bisa memberikan edukasi financial kepada pedagang. Di sisi lain, juga bisa ada komunikasi dua arah antara Perumda Pasar dengan Pedang Pasar.

"Kerja sama ini bentuk upaya kami melakukan perlindungan kepada pedagang. Sehingga para pedagang terhindar dari praktek ekonomi yang merugikan mereka," jelasnya.

2. Siapkan layanan simpan untuk para pedagang

Perumda Pasar Juara Gandeng Koperasi untuk Pinjaman Modal Pedagangilustrasi orang pinjam uang (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Di sisi lain, Direktur Utama KSP Rangkul Teman Doni Maradona mengatakan, untuk sekarang pihaknya baru menyediakan layanan pinjaman. Namun ke depan, tidak menutup kemungkinan akan ada layanan simpan.

"Kami belum menyiapkan layanan simpan pinjam, baru pinjaman saja. Khawatir asa anggapan kami menarik dana dari pedagang," jelasnya.

Doni mengatakan, pihaknya tidak menerapkan bunga yang diberikan kepada pedagang tidak tinggi.

"Jika dihitung-hitung kami tidak menerapkan bunga yang tinggi, semua masih terjangkau, " Jelasnya.

Sebelum bekerja sama dengan Perda Pasar Juara, Doni mengatakan pihaknya sudah terlebih dahulu bekerja sama dengan pengelola Pasar Caringin.

"Di Pasar Caringin memang ada kredit macet, tapi tidak besar, hanya sekitar 15 persen. Namun tidak akan berlaku bunga berbunga. Dan semua bisa dibicarakan dengan baik-baik, " tambahnya.

3. Menjadi salah satu terobosan Perumda Pasar

Perumda Pasar Juara Gandeng Koperasi untuk Pinjaman Modal PedagangAktivitas jual beli tomat dan bawang merah di pasar sayur Magatan. IDN Times/ Riyanto.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Bagian Perekonomian Setsa Kota Bandung TB Agus Mulyadi mengatakan, apresiasinya terhadap kerja sama ini. Menurut dia, kolaborasi yang dilakukan merupakan salah satu terobosan Perumda Pasar Juara.

"Saya mendorong pimpinan perumda untuk memikiki terobosan, dan ini merupakan salah satu terobosan," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya