Perempuan Berdaya, Indonesia Maju: Semangat Womenpreneur HIPMI Bandung

Peringati hari perempuan internasional 2024

Bandung, IDN Times - Dalam memperingati Hari Perempuan Internasinal 2024, Womenpreneur HIPMI Bandung terus berkomitmen mendukung perempuan pengusaha di berbagai bidang. Tahun ini, mereka mengangkat tema perempuan berdaya, Indonesia maju.

Ketua Womenpreneur HIPMI kota Bandung, Weny Windya Hapsary menjelaskan tema yang diangkat itu mencerminkan komitmen dan semangat mereka dalam mendorong pemberdayaan perempuan, khususnya dalam bidang ekonomi demi kemajuan bangsa.

"Perempuan memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi. Di Indonesia, perempuan mewakili lebih separuh populasi dan merupakan kontributor utama dalam berbagai sektor, termasuk UMKM. Kami yakin dengan memberdayakan perempuan secara ekonomi yang merupakan prasyarat untuk pembanguna berkelanjutan, pertumbuhan ekonomi, pemenuhan hak anak dan perempuan, peningkatan kesejahteraan masyarakat yang setara berdaya dan mendorong kemajuan bangsa," katanya, Jumat (8/3/2024) di Bandung.

1. Terus perluas jaringan dan komunitas perempuan pengusaha

Perempuan Berdaya, Indonesia Maju: Semangat Womenpreneur HIPMI BandungIlustrasi perempuan (dok. United Nations)

Weny menyebutkan, memiliki berbagai program kegiatan, seperti jaringan dan komunitas guna membangun serta memperluas jaringan dan komunitas perempuan pengusaha untuk saling berbagi pengalaman, pengetahuan, dan peluang melalui kegiatan business matching maupung gathering, kemudian kolaborasi antarpengusaha perempuan untuk menciptakan peluang dan sinergi yang lebih besar.

"Tak kalah penting kami ada pelatihan dan edukasi untuk membantu perempuan pengusaha meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menjalankan bisnis dalam berbagai aspek, semisal akses peluang permodalan, menambah jumlah womenpreneur Kota Bandung," katanya.

2. Kembangkan bisnis dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran

Perempuan Berdaya, Indonesia Maju: Semangat Womenpreneur HIPMI BandungGoogle

Selanjutnya, ada pula program inkubasi bisnis untuk membantu pengusaha perempuan muda memulai dan mengembangkan bisnis mereka, serta melakukan kegiatan sosial dan edukasi untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya komunitas untuk menjalankan women empowerment yang berdampak positif untuk masyarakat.

3. Berkolaborasi dalam mendukung pemberdayaan perempuan

Perempuan Berdaya, Indonesia Maju: Semangat Womenpreneur HIPMI BandungHari Perempuan Internasional AVO (dok. Istimewa)

Karena itu, kata dia, pada peringatan Hari Perempuan Internasional ini mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mendukung pemberdayaan perempuan. Bersama-sama, dapat menciptakan lingkungan yang kondusif bagi perempuan untuk berkembang dan mencapai potensi penuh mereka.

"Mari jadikan Hari Perempuan Internasional 2024 ini sebagai momentum untuk memperkuat komitmen dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di Indonesia. Perempuan Berdaya, Indonesia Maju," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya