Perayaan Imlek di Bandung, Oded Jamin Akan Berlangsung Aman dan Damai

TNI dan kepolisian juga jamin perayaan berlangsung khidmat

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung menjamin perayaan Tahun Baru Imlek akan berlangsung aman, damai dan kondusif pada Selasa(5/2), nanti . Hal itu diungkapkan Wali Kota Bandung Oded M Danial usai bersilaturahmi bersama sejumlah tokoh masyarakat dan agama di Pendopo Bandung, Jalan Dalem Kaum, Jumat(1/2), lalu.

"Insya Allah, Bandung Kondusif. Itu yang harus selalu kita hadirkan di Kota Bandung,” kata Oded.

Jaminan keamanan dan kenyamanan beribadah saat perayaan Imlek juga muncul dari TNI dan kepolisian di Kota Bandung.

"Kami dari Kodim dan Polres akan senantiasa membantu menjaga keamanan agar bapak dan ibu bisa menikmati hari besar ini," ujar Dandim 0618/BS Kolonel Arfin Dahlan.

Hal senada juga disampaikan oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema. "Kami mendapat amanah setelah Bandung menjadi kota paling toleran beragama se-Indonesia," ujar Irman.

1. Oded bangun silaturahmi bersama tokoh lintas agama

Perayaan Imlek di Bandung, Oded Jamin Akan Berlangsung Aman dan DamaiIDN Times/Humas Bandung

Tidak hanya perayaan Imlek, Wali Kota Bandung Oded M Danial terus membangun komunikasi dan silaturahmi bersama sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh lintas agama untuk menjaga kondusifitas. 

Jelang perayaan Imlek di Kota Bandung, Oded mengundang lebih dari 50 tokoh masyarakat dan tokoh agama keturunan Tionghoa di Pendopo Bandung.

"Luar biasa pertemuan tadi. Dari undangan 50 ternyata yang datang sampai seratus lebih. Ini yang Mang Oded inginkan, membangun silaturahmi lintas agama. Saya berharap tradisi baru ini bisa lebih merekatkan kembali hubungan persaudaraan kita," ujar Oded.

2. Dijadikan tradisi baru kepemimpinan Oded

Perayaan Imlek di Bandung, Oded Jamin Akan Berlangsung Aman dan DamaiIDN Times/Humas Bandung

Oded mengatakan, silaturahmi antar tokoh agama dan masyarakat ini akan menjadi tradisi baru di era kepemimpinannya bersama Wakil Wali Kota Yana Mulyana. Sebelumnya, menjelang natal dan tahun baru kemarin juga digelar pertemuan dengan para tomas dan toga Kristiani.

Menurut Oded, dengan tradisi baru ini bisa menjadi energi positif untuk membangun Kota Bandung dengan semangat kebersamaan. Bahkan hal tersebut dianggapnya sesuai dengan visi agamis yang akan dihadirkan selama masa pemerintahannya.

"Mereka sangat berkesan karena baru seperti ini. Bahkan tadi ada yang bilang saumur-umur kakara nincak (seumur-umu pertama kali injak) Pendopo. Insyaallah dengan seperti ini tidak ada barrier antara pemerintah dengan warga," katanya.

Ketua I Majelis Agama Konghucu Indonesia (MAKIN) Bandung A Kiun menilai pertemuan tersebut sebagai terobosan baru di Kota Bandung. Ia berharap pertemuan seperti ini bisa terus berlanjut. 

"Ini terobosan bertemu tatap muka, luar biasa, terharu. Kita ingin hubungan kita seperti dodol, lengket dan manis. Maka kita tadi simbolis memberikan dodol kepada Mang Oded," ujar A Kiun.

Baca Juga: Selain 'Gong Xi Fa Cai', 6 Ucapan Ini Bisa Disampaikan Saat Imlek

3. Oded ajak warga Bandung sama-sama jaga keamanan dan kenyamanan

Perayaan Imlek di Bandung, Oded Jamin Akan Berlangsung Aman dan DamaiIDN Times/Humas Bandung

Jelang perayaan Tahun Baru Imlek, Oded juga mengajak seluruh masyarakat Kota Bandung untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Ia berharap, bagi warga Bandung yang tidak merayakan Imlek bisa membangun raya aman bagi saudara Tionghoa yang akan merayakan Imlek.

"Kita hadirkan kondusifitas. Sehingga kita buktikan kalau Bandung itu kota yang sangat toleran," ucap oded.

4. Warga Tionghoa apresiasi kegiatan silaturahmi wali kota Bandung

Perayaan Imlek di Bandung, Oded Jamin Akan Berlangsung Aman dan DamaiIDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Wakil Ketua I Majelis Agama Konghucu Indonesia Bandung, Fam Kiun Fat sangat mengapresiasi acara silahturahmi yang digelar Pemkot Bandung. 

"Dengan undangan Mang Oded ini, untuk pertama kalinya kami bertatap muka. Kami senang, terharu. Ini adalah hal luar biasa dan semoga terus berkesinambungan," ujar Fam Kiun Fat yang juga perwakilan Konghucu di Forum Kerukunan Umat Beragama Kota Bandung.

Baca Juga: Sambut Tahun Baru Imlek, Vihara Dharma Ramsi Bandung Bersolek

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya