Pastikan Keamanan KA Cepat KCIC, Ini Kecanggihan Depo Tegalluar Bandung

KCIC asah kemampuan petugas melalui transfer teknologi

Bandung, IDN Times - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) terus memastikan kesiapan SDM dan perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebelum resmi beroperasional nanti. Keamanan dan kenyamanan akan menjadi salah satu aspek penting dalam teknologi baru perkeretaapian di Indonesia saat ini.

Karena itu transfer pengetahuan dan teknologi terus dilakukan agar kemampuan dan kompetensi SDM Indonesia semakin siap jelang kegiatan operasi KA Cepat.

GM Corporate Secretary KCIC, Eva Chairunisa mengatakan, perawatan KA Cepat akan menggunakan standar internasional. Perawatan KA Cepat menjadi salah satu bagian penting agar operasi KA Cepat bisa berjalan dengan aman, lancar dan nyaman.

"Perawatan KA Cepat adalah aspek vital dan menjadi perhatian untuk memastikan perjalanan KA Cepat berjalan tanpa kendala. Karena itu kemampuan dan kompetensi SDM terus kami asah melalui proses transfer teknologi dan pengetahuan yang berjalan dari para tenaga ahli yang telah terlatih untuk merawat KA Cepat," kata Eva disela kunjungan Depo Tegalluar KA Cepat Jakarta-Bandung, Selasa (22/8/2023).

1. Latih kemampuan dengan melakukan transfer teknologi KA Cepat

Pastikan Keamanan KA Cepat KCIC, Ini Kecanggihan Depo Tegalluar BandungIDN Times/Yogi Pasha

Dia menyebutkan, kehadiran KA Cepat di Indonesia memberikan kesempatan pada SDM Indonesia untuk meningkatkan kompetensi di bidang perkeretaapian. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan dunia perkeretaapian di Indonesia.

Sebab, saat ini sebanyak 160 pegawai tengah mendapatkan transfer pengetahuan tentang perawatan KA Cepat di Depo Tegalluar dari tenaga ahli. 40 diantaranya merupakan pegawai yang nantinya akan ditempatkan sebagai EMU Maintenance atau petugas perawatan sarana.

"SDM Indonesia bisa mempelajari langsung hal-hal terkait perawatan dan pemeliharaan KA Cepat langsung dari tenaga ahli. Tentu saja hal ini menjadi investasi yang sangat baik untuk masa depan dunia perkeretaapian Indonesia," lanjutnya.

Selain itu, kata Eva, kesiapan sumber daya manusia dalam operasional maupun perawatan menjadi salah satu aspek yang penting dan menjadi perhatian untuk memastikan perjalanan KA cepat berjalan tanpa kendala.

"Karena itu, kemampuan dan kompetensi SDM terus kami asah melalui proses transfer teknologi dan pengetahuan yang berjalan dari para tenaga ahli yang telah terlatih untuk merawat KA cepat," ujar Eva.

2. Perawatan KA Cepat gunakan standar internasional

Pastikan Keamanan KA Cepat KCIC, Ini Kecanggihan Depo Tegalluar BandungIDN Times/Yogi Pasha

Menurut dia, perawatan KA cepat akan menggunakan standar internasional agar bisa berjalan dengan aman, lancar, dan nyaman. Nantinya, sebelum kereta beroperasional akan melalui sejumlah rangkaian pemeriksaan secara teknologi.

Selain itu, sebelum rangkaian KA Cepat jalan akan didahului oleh satu rangkaian kereta inspeksi untuk memeriksa kondisi jalur dan kemungkinan adanya kerusakan atau hambatan di perjalanan.

"Jadi, di Depo Tegalluar ini menjadi tempat parkir 11 rangkaian kereta penumpang dan 1 KA inspeksi dari KA cepat. Semua KA Cepat yang beroperasional akan mendapatkan pemeriksaan berkala mulai usai perjalanan, harian, mingguan dan maintenance lain," uja dia.

3. Depo Tegalluar memiliki fasilitas lengkap secara teknologi

Pastikan Keamanan KA Cepat KCIC, Ini Kecanggihan Depo Tegalluar BandungIDN Times/Yogi Pasha

Eva menjelaskan, Depo Tegalluar seluas 85,4 hektare ini memiliki tujuh area utama yang berfungsi untuk memenuhi berbagai kebutuhan perawatan maupun operasional KA cepat. Seluruh area tersebut memiliki fungsi yang berbeda dari perawatan ringan hingga perawatan berat.

Perawatan meliputi penggantian spare part dan pengecekan ultrasonic untuk mendeteksi keretakan pada komponen kereta. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan roda, pantograf, pengujian rangkaian KA cepat secara statis dan dinamis, perbaikan KA cepat dari level 1 hingga level 3, dan lainnya di Depo Tegalluar.

"Depo Tegalluar memiliki fasilitas yang lengkap dan mumpuni, guna memastikan KA cepat dalam kondisi prima sebelum beroperasi. Dengan fasilitas perawatan yang unggul dan didukung SDM yang kompeten, perjalanan KA cepat diharapkan bisa berjalan tanpa kendala," ujar Eva.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya