OTC di Sunfert, Harapan Pasien Kanker Wanita untuk Memiliki Keturunan

Sunfert adalah pusat Onkofertilitas swasta pertama di Malaysia

Bandung, IDN Times - Pengobatan reproduksi telah mencapai pencapaian luar biasa, dan Malaysia menjadi salah satu negara yang dicari oleh pasangan yang dekat maupun jauh untuk mewujudkan impian mereka memiliki anak. Kini, melalui Ovarian Tissue Cryopreservation (OTC), pasien kanker wanita dapat memiliki kesempatan untuk mempertahankan kesuburannya. Sunfert International Fertility Centre (Sunfert) adalah pusat kesuburan swasta pertama di Malaysia yang menawarkan layanan inovatif ini.

Pendiri dan Direktur Sunfert Group, Dr Wong Pak Seng mengatakan, Ovarian Tissue Cryopreservation adalah teknik revolusioner yang memainkan peran penting dalam menjaga kesuburan pasien kanker wanita.

Dengan mempertahankan kemampuan mereka untuk memiliki anak di masa depan, para wanita dan pasien muda ini dapat memberdayakan diri mereka sendiri untuk mewujudkan impian memiliki keluarga saat mereka siap.

"Sunfert mampu mewujudkan impian mereka menjadi orang tua, bahkan saat menghadapi tantangan medis,” dalam keterangan tertulisnya.

Prosedur OTC diperkenalkan di Denmark dan Eropa lebih dari 25 tahun yang lalu. Teknik inovatif ini melibatkan pengambilan seluruh ovarium serta pembedahan lapisan kortikal yang mengandung sel telur melalui prosedur laparoskopi. Salah satu keuntungan utama dari prosedur ini adalah tidak memerlukan obat-obatan, sehingga menghilangkan potensi efek samping atau komplikasi. Selain itu, prosedur ini dapat dilakukan dengan cepat, hanya memakan waktu sekitar 15-20 menit.

Ovarium tersebut kemudian diangkat dan dibekukan dalam perangkat titanium khusus dan disimpan dalam tangki kriopreservasi pada suhu -190 derajat Celcius selama 10-20 tahun. Setelah pasien dinyatakan sembuh dari kanker dan siap untuk memulai sebuah keluarga, jaringan tersebut dapat ditransplantasikan kembali ke tubuh pasien.

1. Cocok untuk gadis pra-pubertas yang mungkin didiagnosis menderita kanker

OTC di Sunfert, Harapan Pasien Kanker Wanita untuk Memiliki Keturunanilustrasi peringatan Hari Kanker Sedunia 2024 (unsplash.com/Angiola Harry)

Associate Professor Dr Mohd Faizal bin Ahmad, Spesialis Kesuburan di Sunfert, menekankan, OTC sangat cocok untuk gadis pra-pubertas yang mungkin didiagnosis menderita kanker, karena biasanya mereka kekurangan sel telur matang yang cocok untuk dibekukan.

“OTC juga merupakan pilihan bagus bagi wanita yang berada dalam usia reproduksi yang tiba-tiba didiagnosis menderita kanker dan perlu segera memulai perawatan kemoterapi atau radioterapi. Dibandingkan dengan metode alternatif seperti pembekuan embrio dan sel telur, OTC menawarkan prosedur yang tidak terlalu invasif dan lebih efisien dari segi waktu. Prosedur ini memungkinkan pasien kanker wanita untuk menjaga kesuburannya dan mempertahankan harapan mereka untuk memiliki anak di masa depan,” kata dia.

2. Menjadi terobosan revolusioner dalam dunia kesehatan

OTC di Sunfert, Harapan Pasien Kanker Wanita untuk Memiliki Keturunanilustrasi check up kesehatan (istockphoto.com/Khanchit Khirisutchalual)

Sunfert membuat kasus pertama di Malaysia dengan melakukan prosedur OTC pada seorang gadis berusia 6 tahun yang didiagnosis menderita kanker neuroblastoma. Ini adalah kanker langka pada anak kecil yang menyerang sel saraf di kelenjar adrenal atau jaringan saraf di sepanjang tulang belakang, dada, perut, atau panggul.

Di bawah bimbingan Associate Professor Dr Mohd Faizal, dia menyatakan, pihaknya bertindak cepat karena pasien sedang menjalani perawatan di sebuah rumah sakit di Singapura. "Kami harus menetapkan protokol ketat dan mengangkut jaringan ovariumnya pada hari yang sama dengan operasi. Perhatian utamanya adalah memastikan bahwa jaringan tetap tidak rusak selama proses pengangkutan. Dengan bimbingan mentor saya dari Jepang, Profesor Nao Suzuki, kami merumuskan protokol sukses yang memungkinkan jaringan diangkut ke pusat dalam waktu 6 jam dengan aman, dan menjaga suhu -4 derajat Celcius,” ujar dia.

Orang tua dari pasien berusia 6 tahun tersebut, termotivasi untuk menjalani prosedur preservasi kesuburan untuk putri mereka, karena mereka menyadari betapa pentingnya menjaga opsi reproduksi masa depan putrinya. Mereka telah mempelajari prosedur OTC, termasuk antisipasi efek samping dan potensi kerusakan pada jaringan. Associate Professor Dr Mohd Faizal menyoroti bahwa orang tua tersebut menginginkan masa depan terbaik untuk putri mereka.

Namun, beliau juga menyadari bahwa mungkin akan lebih sulit bagi orang tua yang kurang memahami ataupun kurang memiliki kesadaran dalam memahami pentingnya menjaga kesuburan. “Saya berharap dengan meningkatnya kesadaran, semakin banyak orang tua yang menerima gagasan OTC dan potensi manfaatnya,” kata dia.

3. Menjaga kesuburan pada penderita kanker muda

OTC di Sunfert, Harapan Pasien Kanker Wanita untuk Memiliki KeturunanUnsplash

Associate Professor Dr Mohd Faizal meyakini bahwa menjaga kesuburan merupakan pertimbangan penting bagi pasien, terutama bagi mereka yang termasuk dalam kelompok usia minoritas yaitu di bawah 18 tahun. Karena kanker dapat berdampak signifikan terhadap prognosis mereka.

Menurut dia, kesadaran dini sangat penting karena kanker pada anak-anak telah menunjukkan tingkat kelangsungan hidup yang sangat baik, dengan lebih dari 70 persen pasien bertahan dari pengobatan kanker primer. Namun, kualitas hidup, khususnya dalam hal kesuburan, berpotensi menurun.

"Karena itu, sangat penting untuk memprioritaskan pelestarian kesuburan untuk memastikan bahwa pasien memiliki kesempatan untuk memiliki anak di masa depan dan mempertahankan kualitas hidup yang lebih tinggi setelah menjalani perawatan,” ungkap dia.

Menurut Associate Professor Dr Mohd Faizal, setiap tahun, sejumlah besar wanita usia subur didiagnosis menderita kanker. Sekitar 15-20 persen dari diagnosis ini berhubungan dengan kanker hematologi, sementara 10-15 persen disebabkan oleh kanker payudara. Kabar baiknya adalah kanker-kanker ini telah menunjukkan prognosis yang sangat baik berkat kemajuan dalam deteksi dini dan efektivitas pengobatan kemoterapi dan radioterapi. Ini berarti semakin banyak perempuan yang dapat menerima intervensi medis tepat waktu, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk mendapatkan pengobatan yang berhasil dan kelangsungan hidup jangka panjang.

4. Prosedur OTC dan jalan menuju kemajuan Onkofertilitas di Malaysia

OTC di Sunfert, Harapan Pasien Kanker Wanita untuk Memiliki Keturunanilustrasi (freepik.com/prostooleh)

Ketika prosedur OTC menjadi lebih lazim dan data penelitian menjadi lebih mudah diakses, terdapat harapan bagi bidang onkofertilitas untuk terus berkembang. Associate Professor Dr Mohd Faizal membayangkan masa depan di mana bantuan keuangan diberikan kepada pasien kurang mampu di Malaysia, dan pemerintah, khususnya Kementerian Kesehatan mengalokasikan anggaran untuk mendukung strategi ini.

“Dengan mengatasi potensi kesuburan pasien kanker dan kelangsungan hidup mereka, ada peluang untuk meningkatkan hasil pengobatan kanker secara keseluruhan,” pungkas dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya