NasDem Semakin Optimistis Menangkan Jokowi dan Hadapi Pemilu 2019

Mereka juga yakin bakal duduk di DPR dengan 100 kursi

Bandung, IDN Times - Sejumlah partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) pada 17 April 2019 nanti mengklaim telah siap melenggang ke kursi DPR. Salah satunya adalah Partai Nasional Demokrat (NasDem) yang terus optimistis bisa masuk tiga besar dengan perolehan minimal 100 kursi di DPR.

Tidak hanya itu, Partai NasDem juga optimistis pasangan Calon Presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo-Ma'ruf Amin akan memenangkan kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, nanti.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai NasDem, Effendy Choirie yang akrab disapa Gus Choi mengemukakan itu dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/3). Menurut dia, keyakinan Partai NasDem tersebut diklaim atas kinerja politik seluruh kader selama beberapa tahun terakhir. 

Gus Choe menegaskan, optimisme Partai NasDem tersebut di lihat dari hasil evaluasi kerja partai dalam menghadapi Pemilu 2019 yang tinggal beberapa hari lagi. Seluruh kader dan caleg Partai NasDem semakin serius dan bersungguh-sungguh bekerja memenangkan partai dan pasangan calon Presiden-calon Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin pada Pemilu Serentak 17 April nanti.

‘’Kita sangat yakin akan masuk tiga besar. Target Ketua Umum bahwa NasDem mendapat 100 kursi DPR, tidak meleset,’’ kata Gus Choi.

1. Jangan percaya satu lembaga survei

NasDem Semakin Optimistis Menangkan Jokowi dan Hadapi Pemilu 2019IDN Times/Sukma Shakti

Mengenai adanya hasil survei lembaga survei tertentu yang menempatkan NasDem masih di bawah Parliamentary Threshold sebesar 4%, Gus Choi mengatakan itu hal biasa. Menurut dia, masyarakat jangan terpukau pada hasil survei satu lembaga survei, karena lembaga survei yang lain menempatkan NasDem di atas 5%.

‘’Sebelum Pemilu 2014, lembaga survei menyatakan NasDem hanya mendapat 1,3 persen suara. Tapi hasil Pemilu 2014 NasDem mendapat 6,7 persen. Jadi kita sudah biasa menghadapi survei-survei semacam itu,’’ kata Gus Choi lagi.

Menurut calon anggota DPR RI dari Partai NasDem, daerah pemilihan Jawa Timur X (Gresik, Lamongan), nomor urut 1 itu, yang disurvei lembaga-lembaga survei saat ini murni hanya menyangkut elektabilitas partai, belum termasuk caleg. Padahal kontribusi caleg pada elektabilitas partai cukup besar.

‘’Caleg-caleg Partai NasDem adalah tokoh-tokoh yang mumpuni di daerahnya masing-masing. Belum termasuk para pesohor atau artis yang tentu mempunyai kontribusi besar untuk partai, ‘’ tambah Gus Choi lagi.

Jika ada hasil lembaga survei yang menyebutkan selisih suara antara Jokowi dan Prabowo semakin kecil, Gus Choi mengatakan, banyak lembaga survei lain menunjukkan hasil yang sebaliknya yakni selisih itu semakin besar.

"Kita tidak terhibur dengan itu karena kita merasa bahwa itu adalah potret realitas masyarakat yang mengapresiasi kerja Jokowi. Intinya hasil survei lembaga-lembaga survei itu menjadi bahan instrospeksi sekaligus stimulan, dan dorongan untuk bekerja lebih keras lagi,’’ katanya.

2. NasDem optimistis Jokowi-Ma'ruf Amin menang di Pilpres 2019

NasDem Semakin Optimistis Menangkan Jokowi dan Hadapi Pemilu 2019ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sedangkan mengenai capres-cawapres usungan NasDem Jokowi-Ma’ruf, Gus Choi tetap optimistis bahwa pasangan tersebut akan menang pada Pilpres 2019. Berbagai lembaga survei menegaskan pasangan itu tidak terkejar oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

‘’NasDem sangat optimistis Jokowi-Ma’ruf unggul. Satu bulan ke depan NasDem dan partai-partai koalisi akan terus mematangkan kemenangan Jokowi-Ma’ruf,’’ tambahnya.

3. Surya Paloh sudah perintahkan kader

NasDem Semakin Optimistis Menangkan Jokowi dan Hadapi Pemilu 2019IDN Times/Imron

Gus Choi lalu memberikan salah satu contoh keseriusan NasDem dalam upaya memenangkan Jokowi-Ma’ruf. Dalam berbagai kesempatan, Ketua Umum NasDem Surya Paloh memerintahkan kader dan caleg NasDem untuk selalu berkampanye memenangkan Jokowi-Ma’ruf. Bagi Surya Paloh, tidak ada artinya NasDem menang dalam Pileg 2019 tetapi presidennya bukan Jokowi.

‘’Sikap Ketua Umum itu sangat jelas menunjukkan bahwa NasDem berjuang all out dan sungguh-sungguh untuk kemenangan Jokowi,’’ ujar dia.

4. Manfaatkan sisa waktu untuk bekerja lebih keras

NasDem Semakin Optimistis Menangkan Jokowi dan Hadapi Pemilu 2019Dok. IDN Times/Istimewa

Dia menambahkan, pada sisa waktu satu bulan ke depan, NasDem dan partai Koalisi Indonesia Kerja (KIK) akan bekerja lebih keras, lebih giat door to door untuk memastikan Jokowi menang dengan selisih yang lebih besar dibandingkan dengan Pilpres 2014.

"Kami yaqin, ainul yaqin, haqqul yaqin Jokowi menang dan NasDem masuk tiga besar," pungkas Gus Choi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya