Musda KNPI Jabar: Bertarunglah dengan Fair, Jangan Ada Aklamasi

Musda harus melalui sebuah kompetisi sesuai dinamika KNPI

Bandung, IDN Times - Musyawarah Daerah (Musda) XV DPD KNPI Jabar akan digelar di Kabupaten Garut. Sudah ada tiga bakal calon yang akan memperebutkan kursi ketua untuk periode 2021-2024, yaitu Ridwansyah Yusuf, Hendra Guntara dan Farda Sanberra.

Ketiga calon ketua KNPI Jabar tersebut diharapkan bisa melayani kepentingan pemuda dan melahirkan ide gagasan pembangunan kepemudaan di Jawa Barat yang sudah dalam posisi baik. Karena itu, musda mendatang harus lahir dari sebuah kompetisi pemilihan, bukan melalui aklamasi.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Indramayu Yoga Rahardiansyah mengatakan, seluruh DPD KNPI tingkat kota/kabupaten se-Jawa Barat telah melakukan konsolidasi dan merekomendasikan beberapa hal. Paling penting, KNPI kota/kabupaten mendukung proses pelaksanaan musda yang sudah dilaksanakan DPD KNPI Jabar.

“Jika ada upaya-upaya yang menghambat proses musda, kita ada di belakang DPD Jabar. Berdasarkan dInamika yang ada, kokab menilai ini ajang demorkatisasi kedaulatan pemuda Jabar,” kata Yoga saat dihubungi, Senin 23 Agustus 2021.

1. Musda harus menjadi ajang adu gagasan

Musda KNPI Jabar: Bertarunglah dengan Fair, Jangan Ada Aklamasi(Museum Sumpah Pemuda) ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Menurut Yoga, musda menjadi arena adu gagasan dari para kandidat kepada perwakilan organisasi kepemudaan dan DPD kokab.

“Saya berharap kontestasi berjalan fair, memunculkan figur ketua KNPI yang jadi solusi bagi pemuda Jabar,” ujarnya.

Menurut Yoga, dalam musda mendatang harus melalui sebuah kompetisi yang sesuai dengan dinamika KNPI, yaitu pemilihan dan tidak aklamasi. Proses pemilihan penting dilakukan supaya OKP dan DPD KNPI kokab mengetahui dan menilai sendiri kualitas masing-masing kandidatnya.

“Dalam proses politik wajar-wajar saja ada aklamasi. Namun kita berharap tidak ada proses aklamasi. Seleksi pemilihan akan menciptakan figur ketua KNPI yang berkualitas,” jelasnya.

2. Gunakan kompetisi dengan fair, jangan ada kepentingan tertentu

Musda KNPI Jabar: Bertarunglah dengan Fair, Jangan Ada AklamasiPelantikan Pengurus DPD KNPI Sumut (Dok. IDN Times)

Terpisah, tokoh pemuda Jabar Aap Salapudin mengatakan, masing-masing bakal calon merupakan pemuda unggul dengan basis memadai untuk meimpin KNPI Jabar. Seluruhnya harus diberi ruang sebesar-besarnya untuk berkompetisi dan tidak terkooptasi oleh kepentingan tertentu.

“Tiap musda selalu ada politik kebersamaan dengan kader yang punya potensi dan harapan. Ini harus diberi ruang oleh semua. Kemarin sempat ada langkah normatif yang sangat kaku sehingga membuat kecewa para balon,” ungkapnya.

Aap berharap, Musda XV KNPI Jabar memerlukan kader yang punya proses panjang sehingga bisa memahami anatomi KNPI secara organisasi. Pasalnya, KNPI itu menjadi laboratorium politik, meskipun kental juga nuansa sosialnya.

“KNPI masih strategis untuk stretagi kepemimpinan. Jadi, kasih truang untuk pemilihan, Semua sudah punya sarat untuk mencalonkan dan punya basis suara. OKP pun punya hak suara, mereka sudah dewasa melihat dan menilai kapasitas calon masing-masing,” katanya.

Dalam proses nanti, Aap berharap terjadi demokrasi pemilihan. Justru kelayakan pemimpin tersebut adalah kebijaksanaan dan kelegowoaan menerima kemenangan dan kekalahan.

“Pemilihan saja. Tidak perlu aklamasi. Nanti terlihat kualitas kepemimpinannya,” tegasnya.

3. Kandidat merupakan kader pemuda terbaik di Jabar

Musda KNPI Jabar: Bertarunglah dengan Fair, Jangan Ada AklamasiIDN Times/Istimewa

Sementara itu, mantan Ketua DPD KNPI Jabar Dian Rahadian mengaku bangga melihat kemunculan kader-kader pemuda sebagai bakal calon DPD KNPI Jabar. Ketiga calon memiliki kualitas luar biasa untuk memimpin KNPI Jabar. Dia sangat yakin Musda XV mendatang akan menghasilkan yang terbaik bagi pemuda Jabar.

“Kami ketahui, faktanya KNPI Jabar tetap terjaga keutuhannya, kesatuan pemudanya, sejak dipimpin Rio F Wilantara meskipun di DPPP ada lebih dari 1 kepengurusan. Ini yang saya minta konsistensi dan komitmennya di Jabar. Artinya, yang kalah jangan sampai minta SK ke pengurus DPP. Kita jaga keutuhannya,” kata Dian.

Dian berharap banyak musda nanti berlangsung melalui proses pemilihan. Pasalnya semua calon sangat kuat dan punya pendukung sendiri sehingga akan terjadi adu ide dan gagasan pembangunan pemuda Jabar.

“Kita berharap mereka tidak bersiang, tapi bersanding, bisa sama-sama mengedepankan pemuda Jabar. Kalah menang semua ada di keluarga besar KNPI Jabar,” pungkasnya.

Baca Juga: Tiga Calon Ketua Siap Bersaing di Musda XV KNPI Jabar

Baca Juga: KNPI Harus Jadi Sekolah Kaderisasi Pemimpin Muda Masa Depan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya