Muhammad Farhan: Pemerintah Harus Fokus Penuhi Pasokan Kepokmas saat Ramadan

Pertalite dan Elpiji 3Kg juga direncanakan bakalan naik

Bandung, IDN Times - Masyarakat dihadapkan dengan kenaikan harga Kebutuhan Pokok Masyarakat (Kepokmas) di awal Ramadhan 1443 Hijriah pasca kewalahan dengan kenaikan harga dan kelangkaan minyak goreng. Tidak hanya itu, dalam waktu dekat direncanakan bakal ada kenaikan harga BBM jenis Pertalite dan LPG 3 Kilogram.

Anggota Komisi 1 DPR RI dari Fraksi NasDem, Muhammad Farhan menilai masyarakat dipastikan semakin tersudutkan pasca dihadapkan dengan kelangkaan dan kenaikan harga minyak goreng.

"Harga kepokmas memang menunjukan kenaikan. Harga minyak belum turun lagi. Ada kebahagiaan dan kekhawatiran jelang Ramadhan, yang selalu terjadi. Bahagia karena bulan Ramadhan selalu membahagiakan, tapi khawatir karena kenaikan harga kepokmas meroket," ujar Farhan saat kunjungan kerja ke daerah pemilihan Kota Bandung dan Cimahi.

1. Tindak tegas oknum yang mainkan pasokan kepokmas

Muhammad Farhan: Pemerintah Harus Fokus Penuhi Pasokan Kepokmas saat RamadanIDN Times/Istimewa

Menurutnya, ada praktik yang merugikan publik dengan memainkan harga di tengah kondisi masyarakat yang masih sulit. "Bukan hanya karena kenaikan permintaan tetapi terjadi miss match dengan supply atau pasokan di pasar, sehingga harga a harga meroket," katanya.

Pihaknya menduga ada beberapa pihak yang memainkan pasokan kepokmas, untuk itu perlu ada tindakan tegas. "Komisi Pengawasan Persaingan Usaha agar secara aktif melakukan pengawasan yang nyata terhadap perusahaan - perusahaan yang menguasai produksi, distribusi hingga retails kepokmas. Jangan menunggu gejolak harga dan kelangkaan pasokan kepokmas," katanya.

2. Pertalite dan Elpiji 3Kg juga direncanakan naik

Muhammad Farhan: Pemerintah Harus Fokus Penuhi Pasokan Kepokmas saat RamadanIlustrasi SPBU, Pertamax, Pertalite (IDN Times/Shemi)

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa ke depannya akan ada kenaikan harga lainnya setelah Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertamax. Antara lain seperti BBM jenis Pertalite hingga elpiji 3 Kilogram (Kg).

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan merinci harga daging sapi paha belakang tertahan di level Rp129.900 per kilogram. Cabe rawit merah Rp62.800 per kilogram, bawang putih honan Rp31.200 per kilogram, daging ayam ras masih bertengger di Rp36.200 per kilogram, serta telur ayam ras Rp25.700 per kilogram.

"Harga kedelai impor di tingkat pengrajin tempe dan tahu juga naik, harganya sudah menyentuh Rp14.100 per kilogram pada Selasa (29/3/2022) atau naik 2,17% dari sebelumnya Rp13.800 per kilogram pada Senin (28/3/2022)," beber Oke saat Rapat Dengar Pendapat bersama Komisi VI DPR RI.

3. Harga minyak goreng kemasan dan curah semakin tinggi

Muhammad Farhan: Pemerintah Harus Fokus Penuhi Pasokan Kepokmas saat RamadanWarga mencium minyak goreng kemasan yang dibelinya setelah mengantre di operasi pasar murah yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulawesi Tenggara di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (15/3/2022). (ANTARA FOTO/Jojon)

Kemudian, berdasarkan catatan Kemendag minyak goreng curah sempat mencatatkan harga Rp18.300 per liter pada Selasa 29 Maret 2022 atau naik 1,67 persen dari harga sebelumnya di angka Rp18.000 per liter.

Tak hanya minyak goreng curah, jenis minyak goreng kemasan juga ikut naik. Minyak goreng kemasan premium sebesar Rp25.600 per liter dan kemasan sederhana Rp23.000 per liter. 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya