Mudik Dilarang, Wali Kota Minta Warga Lebaran di Bandung Saja 

Oded juga siapkan sanksi bagi ASN yang nekat mudik

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung, Oded M Danial meminta masyarakat untuk mematuhi aturan pemerintah terkait larangan mudik Idul Fitri 2021. Oded meminta masyarakat untuk merayakan Idul Fitri di Kota Bandung sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19.

"Untuk masyarakat sebaiknya seperti tahun yang lalu saja. Tetap melaksanakan aturan-aturan kebijakan dari pemerintah. Lebarannya di Bandung saja," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu, 31 Maret 2021.

1. Oded meminta RT dan RW mengawasi pergerakan warganya jelang lebaran

Mudik Dilarang, Wali Kota Minta Warga Lebaran di Bandung Saja IDN Times/Humas Bandung

Sebagai upaya ajakan tidak mudik, Oded juga meminta petugas kewilayah untuk mendata dan mengawasi pergerakan masyarakat menjelang Lebaran nanti. Petugas kewilayahan mulai dari tingkat RT hingga Camat, diminta harus lebih ketat untuk mendata, terutama warga pendatang menjelang Lebaran.

"Tentu petugas kewilayah juga sangat berperan, mereka kan yang paling tahu warganya, ada yang pergi atau datang. Tapi saya minta, tetap di Bandung saja lah, karena sekarang masih pandemi COVID-19 kan," sahutnya.

2. Pemkot Bandung bakal awasi terminal dan stasiun

Mudik Dilarang, Wali Kota Minta Warga Lebaran di Bandung Saja IDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, pengawasan pun akan dilakukan disetiap pintu masuk dan keluar Bandung seperti di terminal dan stasiun yang kerap digunakan masyarakat untuk mudik. Akan tetapi Oded mengaku, masih akan membahas skema pengawasan di tempat-tempat tersebut untuk memastikan tidak ada pergerakan masyarakan untuk mudik.

"Nanti itu teknis dengan dinas terkait, kita akan bahas nanti seperti apa skemanya," tegas Oded.

Sebelumnya, pemerintah pusat secara tegas melarang masyarakat untuk mudik menjelang hari raya Idul Fitri 2021 nanti. Hal itu disebabkan masih tingginya kasus penyebaran covid-19 di Indonesia yang kini hampir mencapat 1,5 juta kasus.

3. Akan ada sanksi tegas bagi ASN yang nekat mudik

Mudik Dilarang, Wali Kota Minta Warga Lebaran di Bandung Saja IDN Times/Humas Bandung

Oded juga akan merancang hukuman atau sanksi bagi Aparatur Sipil Negaran (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Bandung yang nekat mudik menjelang Idul Fitri 2021 nanti. Oded mengatakan, para ASN harus menjadi contoh bagi masyarakat dalam penerapan aturan larangan mudik Lebaran nanti. Sebuah kebijakan pun akan dikeluarkan Oded untuk memastikan tidak ada ASN Kota Bandung yang mudik menjelang Lebaran.

"Untuk ASN saya mengimbau, meminta, dan saya akan memberikan sebuah kebijakan mengikuti aturan dari pemerintah pusat, jadi ASN tidak boleh mudik. Saya kira kalau kita sudah berikan kebijakan mereka masih ada yang ketahuan melanggar, tentu ada sanksi," ujar Oded.

Akan tetapi, Oded pun tidak akan melarang jika ASN mudik untuk kepentingan yang mendesak. Hal itu akan jadi pertimbangan untuk diberikan kelonggaran mudik menjelang Lebaran nanti.

"Kalau orang pulang itu boleh jadi ada urusan yang urgent, yang tidak bisa ditinggalkan, itu kan berbeda, jadi disesuaikan," ucap Oded.

Baca Juga: Pencairan Rp119 Miliar Dana Insentif SDM Kesehatan Bandung Terhambat

Baca Juga: [BREAKING] Larangan Mudik Lebaran Berlaku Mulai 6-17 Mei 2021

Baca Juga: Mudik 2021 Dilarang, Jalur Tasikmalaya Akan Disekat

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya