Masjid Salman ITB Kini Dilengkapi Fasilitas Mesin Air Siap Minum

Mesin filtrasi air ini wakaf dari Jenna&Kaia

Bandung, IDN Times - Bagi jamaah, masyarakat dan pedagang yang berada di sekitar Masjid Salman ITB kini semakin mudah untuk mendapatkan air minum gratis. Sebab, di Masjid Salman ITB telah tersedia mesin khusus filtrasi air siap minum berkat Wakaf Salman dan brand fashion muslim ternama di Indonesia, Jenna&Kaia.

Mesin filtrasi jenis Reverse Osmosis (RO) ini ditempatkan di depan kantin Salman. Dapat diperkirakan untuk penerima manfaat dari mesin RO tersebut sebanyak kurang lebih 1.500 jamaah Masjid Salman ITB setiap pekannya.

Pemberian mesin khusus filrasi air ini diberikan Jenna&Kaia kepada Ketua Umum Masjid Salman ITB, Prof. Dr. Suwarno pada Jum’at (10/12/2021), lalu.

 Owner Jenna&Kaia, Lira Krisnalisa mengatakan, kehadiran mesin filtrasi air ini diharapkan memberi manfaat bagi jamaah, masyarakat, ataupun pedagang yang berada di sekitar Masjid Salman ITB.

“Banyaknya jumlah jama’ah Masjid Salman ITB menjadi salah satu alasan kami memilih lokasi ini sebagai tempat disalurkannya Mesin Reserve Osmosis ini. Semoga bermanfaat bagi jamaah atau orang yang beraktivitas di sekitaran Masjid Salman,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Rabu(15/12/2021).

1. Mampu menampung air siap minum sebanyak 10 liter

Masjid Salman ITB Kini Dilengkapi Fasilitas Mesin Air Siap MinumIDN Times/Istimewa

Lira menyebutkan, mesin RO yang diwakafkan ini mampu menampung kapasitas air sebanyak 10 liter air panas dan dingin. Selain itu, mesin ini juga dilengkapi penyaring khusus yang telah lulus uji kelayakan. Serta mampu menyaring air keruh, virus, parasit bakteri, dan mikroplastik, menjadi air siap minum. 

"Ini bukan pertama kalinya Wakaf Salman menyalurkan mesin RO. Sampai saat ini, tercatat sekitar 20 unit mesin RO telah tersebar diberbagai masjid, sarana pendidikan, dan fasilitas umum di Bandung Raya. Hal ini dilakukan agar manfaat air minum gratis ini bisa meluas dan dirasakan oleh sebanyak-banyaknya masyarakat," ujar dia.

2. Mesin RO Wakaf Salman rencananya akan diperbanyak lokasinya

Masjid Salman ITB Kini Dilengkapi Fasilitas Mesin Air Siap MinumIDN Times/Istimewa

Manager Program Wakaf Salman Bayu Rian Ardiansyah mengatakan, mesin RO Wakaf Salman rencananya akan diperbanyak sebarannya. Sehingga, semakin banyak sebaran mesin filtrasi air siap minum ini akan memberikan manfaat yang lebih luas.

“Saya harap dengan penyediaan air siap minum ini, diharapkan masyarakat dapat tersadarkan agar pentingnya membawa tempat minum sendiri (Tumbler), karena fasilitas air minum sudah tersedia. Tinggal isi ulang saja, sebenarnya. Dapat mengurangi sampah plastik juga,” ucapnya. 

3. Mengajak masyarakat untuk mengurangi penggunaan wadah sekali pakai

Masjid Salman ITB Kini Dilengkapi Fasilitas Mesin Air Siap Minumilustrasi minum air putih (IDN Times/Mardya Shakti)

Bagi masyarakat yang ingin merasakan air minum ini, bisa membawa wadah air minum sendiri. Hal ini juga menjadi langkah kemajuan untuk mulai mengurangi penggunaan wadah sekali pakai. Wakaf Salman berharap program ini bisa dikenal oleh masyarakat, bahkan menjadi pemantik bagi masyarakat untuk turut bergerak bersama dalam kebaikan.

“Karena Wakaf ini sebaik ekosistem kemaslahatan kebaikan, mulai dari wakif, nazhir, dan penerima manfaat, sehingga mengalir pahala kebaikannya,” Ucap Prof. Suwarno.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya