Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park Jadi Simbol Kebersamaan Umat

Didukung Pemkab, peresmian dihadiri lebih dari 1.000 jamaah

Bandung, IDN Times - Podomoro Park Bandung meresmikan Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park pada Kamis (25/4/24). Acara tersebut juga disertai dengan gelaran tausiyah yang mengundang KH. Abdullah Gymnastiar atau yang lebih dikenal Aa Gym, dan dihadiri oleh 1.000 lebih jamaah.

Serah terima pengelolaan masjid dilambangkan melalui simbolisasi penandatanganan MoU oleh Wakil Direktur Utama Agung Podomoro Land Noer Indradjaja bersama dengan Ketua YPI Al Azhar Bidang Dakwah dan Sosial Dr. Zahrudin Sulthani, M.Aq. Agenda penandatanganan MoU tersebut juga menandakan peralihan pengelolaan masjid dari Podomoro Park kepada pihak Yayasan Pesantren Islam (YPI) Al Azhar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung Dr. Cakra Amiyana, ST. MA. turut hadir dan mendukung peresmian Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park. Selain itu, acara ini didukung oleh Bank Syariah Indonesia (BSI) selaku sponsorship.

Cakra menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Bandung menyambut baik adanya masjid yang megah di tengah-tengah masyarakat. Semoga, tidak hanya menjadi masjid yang megah, tapi juga menjadi masjid yang dimakmurkan oleh umat yang ada di sekitarnya.

Cakra juga menyampaikan apresiasi Bupati Kabupaten Bandung kepada Podomoro Park dan YPI Al Azhar yang sudah menginisiasi pembangunan masjid ini. Menurut dia, Bupati mengatakan ini adalah komitmen positif dari Podomoro Park, tidak hanya membangun hunian berkualitas, namun juga dilengkapi dengan sarana peribadatan yang megah.

1. Bicara tentang ibadah, sosial, dan pemberdayaan umat

Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park Jadi Simbol Kebersamaan UmatIDN Times/Istimewa

Menyambut baik kerja sama antara Podomoro Park dan YPI Al Azhar, Ketua YPI Al Azhar Bidang Dakwah dan Sosial Dr. Zahrudin Sulthani, M.Aq. mengucapkan rasa syukurnya terkait kolaborasi yang berjalan.

“YPI Al Azhar mengucapkan banyak terima kasih kepada Podomoro Park yang telah menyerahkan masjid ini untuk dikelola sesuai visi misi YPI Al Azhar,” ucap Zahrudin.

Zahrudin menegaskan bahwa masjid di bawah naungan Al Azhar adalah masjid yang memiliki misi untuk mempererat dan menyatukan umat. Al Azhar adalah masjid yang universal tanpa ada keberpihakan ke pihak tertentu, serta masjid di bawah naungan Al Azhar adalah masjid yang berbicara tentang ibadah, sosial, serta pemberdayaan umat.

2. Jadikan simbol kebersamaan dan komitmen bangun ekosistem kawasan

Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park Jadi Simbol Kebersamaan UmatIDN Times/Istimewa

Wakil Direktur Utama Agung Podomoro Land H. Noer Indradjaja mengatakan, mewakili Agung Podomoro Land, tentunya menjadi suatu kehormatan dimana Masjid ini menjadi simbol kebersamaan, kerja keras, dan komitmen Agung Podomoro Land dalam memperkuat peran religiusitas dalam membangun ekosistem kawasan.

"Dalam kesempatan ini, amanat besar juga Insya Allah kami serahkan tentunya kepada YPI Al Azhar di bawah Ketua Bidang Dakwah dan Sosial yang kedepannya saya yakin mampu membuat program-program masjid yang bermanfaat dan berkemajuan”, ujar dia.

3. Masjid bisa menjadi pusat intelektual dan sosial

Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park Jadi Simbol Kebersamaan UmatIDN Times/Istimewa

Noer juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada segala pihak yang terlibat dalam pembangunan masjid, khususnya Noer menyampaikan apresiasi kepada YPI Al Azhar untuk kerjasama yang telah dibangun.

“Harapan kami, tentunya masjid ini dapat menjadi pusat intelektual dan sosial. Di sini kita bisa memperdalam pengetahuan agama dan memperkuat jalinan silaturahmi antar sesama Muslim,” pungkas Noer.

Masjid Raya Al Azhar Podomoro Park ini memiliki konsep modern klasik yang didominasi oleh bentuk-bentuk simetri dan lengkung yang disederhanakan. Pola dinding krawangan diambil dari konsep bentuk angklung sebagai identitas Jawa Barat. Kini Podomoro Park memiliki fasilitas peribadatan yang nyaman dan megah, makin melengkapi kebutuhan masyarakat yang ditawarkan, mulai dari fasilitas komersial, pendidikan, hiburan, hingga kesehatan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya