LSN: Prabowo Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pulau Jawa

Survei dilakukan di 6 provinsi di Pulau Jawa pada Januari

Bandung, IDN Times - Pulau Jawa diprediksi menjadi tempat pertarungan sengit antara tiga kandidat teratas calon presiden (Capres) Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hal itu tergambar dalam hasil survei Lembaga Survei Nasional (LSN) pada Januari 2023.

Berdasarkan hasil survei LSN, dari enam provinsi di Pulau Jawa (Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, dan Jawa TImur) nama Prabowo Subianto masih mendominasi di tiga provinsi, sementara Ganjar Pranowo unggul di dua provinsi dan Anies Baswedan di satu provinsi.

Survei LSN kali ini dilaksanakan pada 2 sampai 11 Januari 2023. Populasi survei ini adalah seluruh penduduk yang berusia 17 tahun ke atas atau belum 17 tahun tapi sudah menikah.

Total sampel sebesar 1200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara acak bertahap (multi-state random sampling). Batas kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,83% dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95%.

Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka dengan responden, dilaksanakan oleh tenaga terlatih di 6 (enam) provinsi dengan pedoman kuesioner.

1. Jabar dan Banter masih jadi lumbung suara Prabowo

LSN: Prabowo Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pulau JawaIDN Times/Istimewa

Peneliti Senior LSN Gema Nusantara Bakry mengatakan, Jawa Barat dan Banten masih menjadi lumbung suara dari Prabowo Subianto. Dugaan bahwa Anies Baswedan berhasil menggerus kantong-kantong suara Prabowo di Tanah Sunda, tak terbukti dalam survei LSN kali ini. Masyarakat Jawa Barat tetap menjadi pemilih loyal (loyal voters) bagi Prabowo sekaligus juga bagi Partai Gerindra.

"Jika Pilpres dilaksanakan saat ini, sebanyak 58,4% responden di Jawa Barat mengaku akan memilih Prabowo Subianto dalam simulasi tiga capres. Anies Baswedan hanya dipilih oleh 24,8% responden. Sedangkan Ganjar Pranowo didukung oleh 13,2% responden, sisanya (3,6%) belum punya pilihan (undecided)," kata Gema Nusantara Bakry, Sabtu 14 Januari 2023.

Menurut Gema, Prabowo leading atas Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Provinsi Banten. Dalam simulasi tiga nama capres, sebanyak 48,6% responden menyatakan pilihannya pada Prabowo. Kemudian sebanyak 29,7% responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan dan 18,9% mengaku akan memilih Ganjar Pranowo. Sementara sebanyak 2,8% responden mengaku belum punya pilihan (undecided).

"Untuk Jawa Tengah, nama Ganjar Pranowo tidak tergoyahkan, sebanyak 56,6% responden menegaskan pilihannya pada Ganjar Pranowo. Kemudian sebanyak 30,1% responden menyatakan akan memilih Prabowo Subianto dan 10,8% mengaku akan memilih Anies Baswedan. Sisanya (2,5% responden) belum punya pilihan," ucapnya.

Selain Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga unggul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sebanyak 39,8% responden mengaku akan memilih Ganjar Pranowo.

"Kemudian sebanyak 35,6% menyatakan dukungannya pada Prabowo, sedangkan Anies dipilih oleh 22,5% responden. Hanya 2,1% responden yang belum punya pilihan (undecided)," ujar dia.

2. Jawa Timur jadi pertarungan Prabowo dan Ganjar Pranowo

LSN: Prabowo Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pulau JawaGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Lebih lanjut, Gema mengungkapkan, ada satu provinsi yang diprediksi akan menjadi arena pertarungan antara Prabowo Subianto dan Ganjar Paranowo, yaitu Jawa Timur.

Pasalnya, elektabilitas Prabowo dan Ganjar di Jawa Timur hanya berbeda tipis. Sementara itu, berkaca pada semua Pilpres sebelumnya, capres yang bisa menguasai Jawa Timur selalu memenangkan Pilpres.

Dengan demikian, lanjut Gema, Jawa Timur selain menjadi battleground paling sengit juga akan menjadi daerah penentu kemenangan seorang capres.

"Sebanyak 42,1% responden mengaku akan memilih Prabowo, sementara Ganjar dipilih oleh 41,9% responden. Sebanyak 13,5% responden menjatuhkan pilihannya pada Anies Baswedan, sedangkan 2,3% sisanya belum memiliki pilihan (undecided)," jelasnya.

3. Anies Baswedan menang popularitas di DKI Jakarta

LSN: Prabowo Ungguli Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo di Pulau JawaMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Sementara itu, DKI Jakarta masih menjadi lumbung suara dari Anies Baswedan. Popularitas Anies di Jakarta masih belum tergoyahkan oleh Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo.

Gema mengungkapkan jika Pilpres berlangsung saat ini dan hanya diikuti oleh tiga capres maka sebanyak 40,5% responden yang menjadi warga DKI mengaku akan memilih Anies. Sementara itu, elektabilitas Prabowo dan Ganjar di tanah Betawi ini bersaing ketat.

Prabowo dipilih oleh 27,4% responden sedangkan Ganjar didukung oleh 26,9% responden. Sedangkan sisanya (5,2%) belum punya pilihan (undecided)."Anies Baswedan hanya unggul atas Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di DKI Jakarta," tandas dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya