Liburan Aman dengan Solusi Smart Home dari Schneider Electric

Teknologi permudah jaga rumah dari jauh

Bandung, IDN Times - Akhir tahun 2022 tinggal menghitung hari. Momen ini juga bertepatan dengan libur sekolah. Dimana, liburan bersama keluarga menjadi pilihan yang tepat di akhir tahun.

Tahun ini, libur akhir tahun sangat berbeda jika dibandingkan dengan perayaan dua tahun terakhir. Pandemik COVID-19 membuat masyarakat mendapatkan pembatasan. Karena itu, pada 2022, Badan Kebijakan Transportasi (Baketrans) Kemenhub memprediksi potensi pergerakan masyarakat bepergian pada liburan Nataru mencapai lebih dari 16 persen dari jumlah penduduk Indonesia atau sekitar 44,17 juta orang. Angka ini melonjak dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Meninggalkan rumah untuk jangka waktu lama tentunya berisiko dan untuk itu tersedia berbagai perangkat berbasis teknologi untuk memudahkan untuk memantau rumah dari manapun. Teknologi menjadi berperan penting untuk menghadirkan berbagai kemudahan termasuk untuk berbagai aktivitas di rumah maupun saat kita meninggalkan rumah.

Dan tentunya dalam menikmati kegembiraan liburan panjang Nataru ini semoga kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Salah satu insiden yang kerap terjadi setiap tahunnya adalah kebakaran rumah. Tercatat setidaknya lebih dari 1.300 kebakaran rumah di Jakarta, Makassar dan Bandung terjadi sepanjang 2022, dan mayoritas disebabkan oleh korsleting atau hubungan arus pendek.

Dalam kurun waktu 5 tahun, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta menyebutkan terdapat sekitar 8.004 peristiwa kebakaran di Ibu Kota.

1. Teknologi smart home jadi upaya preventif jaga rumah tetap aman

Liburan Aman dengan Solusi
Smart Home dari Schneider ElectricIlustrasi kegiatan bersama keluarga di rumah.Google

Distribution Business Vice President, Schneider Electric Indonesia, M. Farhan Lucky mengatakan, dengan berkembangnya teknologi smart home pada dasarnya dapat
menjadi upaya preventif bagi pemilik rumah agar dapat meningalkan rumah dengan lebih tenang.

Perkembangan teknologi smart home dengan pemanfaatan IoT pada peralatan listrik, perangkat elektronik dan sistem keamanan rumah memungkinkan pemilik rumah mengontrol seluruh aktivitas rumah, meningkatkan kenyamanan, keamanan dan keselamatan rumah dimanapun mereka berada.

"Tidak hanya itu, teknologi smart home juga memungkinkan pemilik rumah mengontrol konsumsi listrik di rumahnya sehingga dapat menghemat biaya listrik. Dari sisi desain, perangkat smart home saat ini sudah semakin stylish dan modern sehingga juga dapat lebih mempercantik tampilan rumah,” kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa(27/12/2022).

2. Teknologi smart home untuk melindungi keamanan dan kenyamanan rumah

Liburan Aman dengan Solusi
Smart Home dari Schneider Electrichttps://majapahit.id/

Dia menyebutkan, ada beberapa teknologi smart home yang dapat menjawab kebutuhan pemilik rumah untuk melindungi keamanan dan meningkatkan kenyamanan rumah dengan sistem yang terintegrasi dan terkoneksi satu sama lain untuk memudahkan pengawasan.

Empat teknologi ini adalah Residual-current Circuit Breaker with Overcurrent Protection (RCBO), Sakelar dan Stop Kontak, Sensor Okupansi, dan Wiser Home Control.

“Memiliki rumah yang aman dan nyaman, serta memberikan ketenangan kini semakin mudah dan menjadi kebutuhan primer bagi seluruh anggota keluarga. Solusi dan produk cerdas pun telah tersedia, dengan beragam pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. Namun yang terpenting dalam menentukan pilihan, pastikan produk alat listrik yang Anda beli asli dan berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia),” tutup Farhan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya