Lagi Panen Udang, Tangan Jokowi Dipatil hingga Berdarah

Jokowi ikut panen karena penuhi janji 2 tahun lalu

Bekasi, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo melakukan kunjungan kerja ke Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Rabu(30/1). Dalam kunjungannya ini, Jokowi memanen udang jenis vename di tambak program perhutanan sosial di Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Kunjungan kerjanya di Kabupaten Bekasi tidak hanya menuai hasil panen udang jenis vename. Jokowi juga diagendakan melakukan beberapa kegiatan di lokasi ini.

Tetapi, ada yang unik saat Jokowi melakukan panen udang jenis vename bersama sejumlah petambak. Yuk simak bersama.

1. Tidak menggunakan motor trail, Jokowi lebih memilih jalan kaki sejauh 1,5 kilometer

Lagi Panen Udang, Tangan Jokowi Dipatil hingga BerdarahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kunjungan kerja Jokowi ke Desa Pantai Bakti, Kecamatan Muara Gembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat kali ini berbeda dengan dua tahun lalu. Ketika itu, Jokowi datang dengan menggunakan motor trail.

Namun, pada kunjungan hari ini, Jokowi memilih berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Ia hanya menggunakan kemeja putih dengan balutan jaket hitam bertuliskan 'Bulls Syndicate Motorcycle' di bagian belakang. Rombongan presiden ini tiba di area tambak sekitar pukul 09.00 WIB.

Jokowi berjalan kaki ditemani Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Koordinator Staf Khusus Presiden Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

2. Penuhi Janji petambak udang vename

Lagi Panen Udang, Tangan Jokowi Dipatil hingga BerdarahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Jokowi menuntaskan janjinya untuk membantu petambak memanen udang  di tambak program perhutanan sosial di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong. Terlihat kunjungannya itu sangat antusias.

Mantan wali kota Solo ini langsung diarahkan ke tepi tambak. Sejumlah petambak sudah terlihat menunggu Jokowi. Presiden sempat mendapatkan informasi mengenai kondisi udang yang sudah siap panen.

Tak berlama-lama, petambak mempersilakan Jokowi menarik jala yang sudah dilempar ke kolam. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini pun langsung menarik jala dengan dibantu sejumlah petambak.

Sementara disisi lain, sejumlah direksi perusahaan BUMN seperti Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero) Sofyan Basir, hingga Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati ikut menemani.

3. Lagi panen, tangan Jokowi dipatil udang

Lagi Panen Udang, Tangan Jokowi Dipatil hingga BerdarahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Kunungan kerja Presiden Indonesia dalam kegiatan memanen udang jenis vename di Desa Pantai Bakti, Muara Gembong memberikan pengalaman tersendiri bagi Jokowi. 

Tangan calon presiden petahana ini berlumuran darah karena dipatil udang hasil panennya. Peristiwa itu bermula saat Kepala Negara membantu para nelayan yang tengah menjala hasil panen udang dengan jenis vanname itu.

"Tangan saya kepatil. Tadi kena udang, banyak berdarah-darah," kata Jokowi, Rabu (30/1).

Setelah kejadian itu, mantan Gubernur DKI Jakarta sembari berkelakar dirinya enggan memegang udang tersebut. Jokowi mengapresiasi panen raya udang di tambak yang masuk dalam program perhutanan sosial.

"Saya enggak mau pegang lagi," ujarnya sambil tersenyum.

4. Ajudan dan paspampres sibuk karena tangan Jokowi berdarah-darah

Lagi Panen Udang, Tangan Jokowi Dipatil hingga BerdarahANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Peristiwa tangan kanan Presiden Indonesia Joko "Widodo" yang terkena patil udang vename membuat Asisten Ajudan Inspektur Satu (Iptu) Syarif Muhammad dan sejumlah paspampres terlihat sibuk.

Bagian telapak tangan kanan Jokowi terlihat berdarah setelah berhasil menarik jala untuk mengangkat udang hasil panen. Darah terlihat mengucur dari sela-sela jempol dan telunjuk tangan kirinya. Jokowi pun meminta handuk kecil kepada ajudannya.

Melihat kondisi itu, Asisten Ajudan Inspektur Satu (Iptu) Syarif Muhammad langsung membawakan handuk kecil dan memberikan kepada Jokowi. Syarif juga membawakan air mineral untuk membersihkan darah di bagian telapak tangan kiri.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya