Krisis Air Bersih, Perumda Tirtawening Bagikan Air untuk Warga Bandung

Sudah tiga bulan warga kesulitan dapatkan air bersih

Bandung, IDN Times - Perumda Tirtawening Kota Bandung memberikan bantuan air bersih gratis kepada warga di kawasan Mekar Sari, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong.

Dirut Perumda Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi mengatakan, bantuan air bersih diberikan untuk membantu warga yang kesulitan mendapat air bersih di wilayahnya dikala musim kemarau saat ini.

"Hari ini kita memberikan air bersih gratis untuk warga sebanyak 10.000 liter. Mudah-mudahan bisa membantu masyarakat dalam kondisi kekeringan, karena memang air tanah disini pun kualitasnya belum layak konsumsi," kata Sonny Salimi.

 

1. Bantuan air bersih bukan hanya untuk pelanggan

Krisis Air Bersih, Perumda Tirtawening Bagikan Air untuk Warga BandungIDN Times/Istimewa

Menurut Sonny, Perumda Tirtawening Kota Bandung telah memberi bantuan air bersih terhitung satu bulan ke belakang. Air bersih, diberikan baik kepada pelanggan dan bukan pelanggan Tirtawening.

"Memang air bersih ini tidak semua khusus untuk pelanggan. Dan tentu dalam kondisi kekeringan seperti ini, air bersih untuk semua warga, walaupun kita memproduksi air bersih menggunakan energi dan segala macamnya," ucapnya.

2. Bantuan air bersih diberikan gratis hingga musim penghujan

Krisis Air Bersih, Perumda Tirtawening Bagikan Air untuk Warga BandungIDN Times/Yogi Pasha

Sonny menambahkan, pelayanan bantuan air bersih gratis akan terus dilakukan hingga memasuki musim penghujan. Warga dapat meminta bantuan air bersih dengan cara berkelompok.

"Dalam kondisi seperti ini, semua terdampak. Kami memberikan pelayanan ini sesuai permintaan atau dengan sistem jemput bola. Pelayanan ini akan terus kita berikan, sampai nanti air baku kembali kepada kondisi normal," ujar dia.

 

3. Sudah tiga bulan warga kesulitan dapatkan air bersih

Krisis Air Bersih, Perumda Tirtawening Bagikan Air untuk Warga BandungIDN Times/Yogi Pasha

Musim kemarau di 2023 berdampak terhadap krisis air bersih di sejumlah daerah. Di RW 17, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kota Bandung, warga mengaku sudah hampir 3 bulan sulit mendapatkan air bersih.

Ketua RW 17, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Parsimin mengatakan, saat ini hampir seluruh warganya mengalami kesulitan air bersih.

"Air sumur, ada beberapa rumah yang keluar, tapi airnya kuning dan keluarnya kecil, enggak bisa dipakai minum. (Warga) yang begadang semalaman (menunggu air) juga nggak penuh-penuh penampungan airnya," kata Parsimin saat ditemui di Jalan Mekarsari, Babakan Sari.

Tidak hanya itu, Parsimin juga menyebutkan, kesulitan air bersih ini juga terjadi pada warga yang menjadi pelanggan PDAM Tirtawening. Aliran air dari pipa PDAM sangat kecil dan banyak yang tidak mengeluarkan air.

"Yang pasang PDAM di RT 5 sampai RT 9 kebanyakan terkendala di sana. Malah sebagian besar banyak yang minta dilepas karena sudah berbagai cara minta ke petugas PDAM tetap saja enggak keluar airnya," ungkapnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya