Komisi VIII DPR Harapkan BPIH Bisa Ditetapkan November 2023

Kuota haji 2024 sudah ditetapkan sebanyak 221.000 jamaah

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily mengatakan, Pemerintah Arab Saudi telah menetapkan kuota haji Indonesia pada 2024 sebesar 221.000 jamaah. Karena itu, Komisi VIII DPR dan pemerintah segera membahas besaran biaya haji 2024.

Biaya haji 2024 diharapkan bisa ditetapkan pada November 2023 sehingga Kementerian Agama (Kemenag) memiliki waktu persiapan lebih panjang dalam menyiapkan layanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia di Tanah Suci Makkah. Begitupun bagi calhaj, bisa lebih leluasa dalam melunasi biaya haji karena memiliki waktu lebih panjang.

1. Kemenag diharapkan bisa tetapkan biaya haji pada November 2023

Komisi VIII DPR Harapkan BPIH Bisa Ditetapkan November 2023IDN Times/Istimewa

Kang Ace berharap, sudah adanya kuota jamaah haji 2024 dari Pemerintah Arab Saudi bisa membuat kemenag menetapkan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) pada November 2023.

“Mudah-mudahan, BPIH sudah diputuskan pada November 2023. Karena Arab Saudi sudah memutuskan kuota jamaah haji Indonesia sebanayk 221.000 jamaah," kata Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily dalam acara Penyuluhan Manasik Haji Sepanjang Tahun Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat di Grand Sunshine, Kabupaten Bandung, Jumat (23/9/2023).

2. BPIH 2024 akan dibahas Komisi VIII DPR

Komisi VIII DPR Harapkan BPIH Bisa Ditetapkan November 2023IDN Times/Istimewa

Kang Ace menyatakan, BPIH 2024, dibahas Komisi VIII DPR bersama Kemenag, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Perhubungan (Kemenhub), maskapai penerbangan, dan beberapa unsur terkait pelaksanaan haji.

“Kami di DPR pun akan mempercepat pembahasan (biaya haji). Kalau sudah diputuskan, bapak ibu bisa segera mempersiapkan pelunasan,” ujar anggota DPR dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 2 Kabupaten Bandung dan Bandung Barat (KBB) ini.

Kang Ace menuturkan, terkait pelaksanaan ibadah haji 2023, telah berkirim surat kepada seluruh haji asal Bandung dan Bandung Barat untuk memberikan evaluasi dari perspektif jamaah.

“Jamaah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat menyatakan positif. Tetapi ada yang masih belum selesai, yaitu, penyediaan jatah 5 liter air zamzam”, tutur Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat tersebut.

3. Kuota haji Kabupaten Bandung 2.559 jamaah

Komisi VIII DPR Harapkan BPIH Bisa Ditetapkan November 2023Ilustrasi jemaah haji (ANTARA FOTO/Rahmad)

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bandung Cece Hidayat mengatakan, kuota haji dari Kabupaten Bandung sebanyak 2.559 jamaah.

Waiting list haji di Kabupaten Bandung, selama 22 tahun. Makanya, warga Bandung daftar haji di usia muda. Karena itu, saat ini ada program penyuluhan manasik haji sepanjang tahun," kata Cece Hidayat.

 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya