Kelas Bilingual, Upaya Sekolah Kejar Standar Internasional

Pelajaran Bahasa Inggris mendapat porsi lebih banyak

Bandung, IDN Times - Sekolah Dasar (SD) di bawah Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) Bandung ini sukses menjadi salah satu yang diminati masyarakat Kota Padang. Karena, SD Telkom Padang terus mengembangkan kelas bilingual sebagai salah satu keunggulan dari sekolah lainnya.

Upaya itu sesuai dengan visi sekolah yakni religius, berkarakter, berbasis digital, dan berstandar internasional.

"Program bilingual ini menjadi salah satu program unggulan di SD Telkom Padang. Untuk bisa masuk bilingual class ada tes khusus bagi setiap siswa," kata terang Wakil kepala bidang kurikulum SD Telkom Padang, Murniwati, M.Pd dalam keterangan tertulisnya, Rabu (3/4/2024).

Dia menyebutkan, untuk siswa yang ingin masuk program kelas bilingual wajib mengikuti tes kematangan yang dilakukan profesional dengan melibatkan psikolog. Jadi siapa pun siswanya tidak bisa masuk bilingual class jika psikolog tidak merekomendasikan.

"Ini dilakukan berkaitan dengan kematangan siswa untuk mampu belajar lebih cepat  karena siswa kelas bilingual akan menjalani kurikulum unik yakni  kurikulum nasional dan kurikulum Cambridge," ujar dia.

1. Kolaborasi bersama lembaga pendidikan internasional

Kelas Bilingual, Upaya Sekolah Kejar Standar InternasionalIDN Times/Istimewa

Tahun ini, sekolah yang beralamat di Jalan Aur Duri Indah No. Raya, Parak Gadang Tim, Kecamatan Padang Tim, Kota Padang, Sumatera Barat ini  resmi menandatangani MoU dengan Cambridge Educational Partner dalam penyelenggaraan program kelas bilingual yang sudah memasuki tahun ke lima.

Untuk perbaikan terus menerus pada kualitas kelas bilingual, pelatihan berkala selalu diberikan pada guru-guru pilihan yang mengampu kelas bilingual. Pelatihan ini diberikan langsung oleh Cambridge Curriculum Trainer.

Selain dengan Cambridge Educational Partner, penyelenggaraan kelas bilingual SD Telkom Padang juga berkolaborasi dengan Lembaga EF (English First) dalam memberikan pelatihan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris guru-guru bilingual. Tahun ini, pelatihan Bahasa Inggris untuk guru sudah memasuki gelombang ke dua.

2. Tambah dua kelas bilingual di tahun ajaran baru

Kelas Bilingual, Upaya Sekolah Kejar Standar InternasionalIDN Times/Istimewa

Dalam lima tahun terakhir, setiap tahun ajaran baru SD Telkom Padang menyiapkan empat kelas, satu kelas diantaranya dikhususkan bilingual. Pada tahun ajaran 2024/2025 untuk kelas bilingual akan ditambah menjadi dua kelas. 

"Ini juga berkaitan dengan proyek jangka panjang dari SD Telkom Padang untuk menjadi sekolah berstandar internasional, sesuai dengan visi-misi sekolah yang juga sejalan dengan visi-misi Yayasan Pendidikan Telkom," sambungnya.

3. Pelajaran Bahasa Inggris mendapat porsi lebih banyak

Kelas Bilingual, Upaya Sekolah Kejar Standar InternasionalIDN Times/Istimewa

Dalam pembelajaran sendiri, siswa kelas bilingual mendapat porsi jam belajar Bahasa Inggris dua kali lipat lebih banyak dari kelas reguler.  Selain sebagai pengantar aktivitas dalam kelas, ada beberapa mata pelajaran yang juga menggunakan Bahasa Inggris, yaitu English, Math, dan Science kurikulum Cambridge.

Sedangkan pelajaran lainnya sesuai kurikulum nasional, bahasa pengantarnya bisa di mix antara Indonesia dan Inggris atau disesuaikan guru yang memberikan materi.

Kematangan siswa dalam berbahasa Inggris semakin diasah melalui program Engglish Day setiap Rabu. Bahkan dalam tahun ajaran baru tengah dirancang mendatangkan native speaker dari lembaga bahasa yang kini dalam penjajakan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya