Kejutan di Pileg 2024 DPR Dapil Jabar I, Fathi Melenggang ke Senanyan

Ada empat wajah baru yang juga lolos ke DPR RI

Bandung, IDN Times - Kejutan terjadi di Pemilihan Legislatif (Pileg) Daerah Pemilihan (Dapil) Jabar I (Kota Bandung dan Cimahi). Dari 7 kursi yang diperebutkan, satu kursi diraih Fathi, caleg dari Partai Demokrat.

Partai Demokrat berhasil meraih 131.385 suara dan mengamankan kursi ke-6. Caleg Partai Demokrat yang meraih suara tertinggi adalah Fathi 39.048 suara. Fathi menyisihkan Agung Budi Santoso (ABS) yang sudah tiga periode mewakili Demokrat di DPR dari Dapil Jabar I.

Padahal, Fathi yang menjabat Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar ini adalah kader baru di bawah nakhoda Anton Sukartono Suratto.

1. Jadi pertarungan sengit di Pileg 2024

Kejutan di Pileg 2024 DPR Dapil Jabar I, Fathi Melenggang ke SenanyanIDN Times/Istimewa

Pertarungan sengit di Jabar I juga mengempaskan PKS yang kehilangan satu kursi. Partai Golkar tampil sebagai juara dengan dua kursi DPR.

Lalu, PKB muncul sebagai pendatang baru. Masuknya PKB menyingkirkan Nasdem. Muhamad Farhan (Nasdem) kehilangan kursi di DPR.

2. Pileg 2024 ada empat sosok pendatang baru

Kejutan di Pileg 2024 DPR Dapil Jabar I, Fathi Melenggang ke Senanyanfakta Atalia Praratya, istri Ridwan Kamil (instagram.com/ataliapr)

Berikut komposisi lengkap raihan kursi DPR dari Dapil Jabar I. Partai Golkar dua kursi, PKS, Gerindra, PDIP, PKB, dan Demokrat masing-masing satu kursi.

Pada Pileg 2024 ini, hanya tiga incumbent yang bertahan, yaitu, Nurul Arifin (Golkar), Nico Siahaan (PDIP), dan Lidia Hanifa (PKS).

Sementara empat pendatang baru adalah Atalia Praratya (Golkar), Melly Goeslaw (Gerindra), Habib Syarif Muhammad (PKB), dan Fathi dari Demokrat.

3. Kemenangan jadi amanat suara rakyat

Kejutan di Pileg 2024 DPR Dapil Jabar I, Fathi Melenggang ke SenanyanIDN Times/Istimewa

Fathi mengatakan, kemenangan ini menjadi amanat dan suara masyarakat untuk menjembatani serta memperjuangkan aspirasi di DPR nanti.

"Perjuangan itu akan dimulai selepas dilantik nanti. Saya pribadi mengajak seluruh dewan yang terpilih, khususnya kader Partai Demokrat untuk menjadi wakil rakyat yang amanah dan berjuang bersama di setiap kepentingan rakyat. Karena hidup adalah perjuangan," ujar Fathi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya