Kang Ace: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Agama bukan hanya inspirasi tetapi juga jadi aspirasi

Bandung, IDN Times - Wakil Ketua Komisi VIII DPR Tubagus Ace Hasan Syadzily menyatakan, agama sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Agama bukan hanya menjadi inspirasi tetapi juga aspirasi. Sehingga, Indonesia bukan negara seluler seperti negara-negara lain di dunia.

Pernyataan itu disampaikan Kang Ace, sapaan akrab Tubagus Ace Hasan Syadzily saat memberikan tausyiah di Masjid Nurul Asri, Kompleks Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung, Minggu (28/1/2024).

Di awal tausyiahnya, Kang Ace menyampaikan tentang pernah Komisi VIII DPR sebagai komisi yang berkaitan dengan agama.

"Agama itu penting. Karena terkait kebijakan-kebijakan yang menyangkut kehidupan kebangsaan kita. Kalau tidak melibatkan aspek agama, maka bangsa kita menjadi bangsa sekuler," kata Kang Ace.

1. Indonesia didasarkan pada Pancasila

Kang Ace: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan BernegaraIDN Times/Istimewa

Bapak pendiri bangsa atua founding father, ujar Kang Ace, menyatakan bahwa bangsa kita berdasarkan atas Ketuhanan yang Maha Esa. Prinsip dasar yang pertama itu tidak dimiliki oleh bangsa lain.

Ketua DPD Partai Golkar Jabar itu mencontohkan negara Inggris dan Prancis. Negara itu sekuler dan asasnya bukan Pancasila. Mereka berpegang kepada prinsip keseteraan. Tidak ada ketuhanan di negara itu.

"Tetapi bangsa kita memilih bahwa prinsip kebangsaan kita itu didasarkan kepada lima prinsip yang disebut dengan Pancasila. Nomor satunya adalah Ketuhanan yang Maha Esa," ujar Kang Ace.

2. Agama jangan hanya dijadikan pelengkap

Kang Ace: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegaragoggle

Jadi sebagai bangsa, tutur dia, Indonesia menganggap agama sangat penting sekali. Agama tentu tidak boleh dianggap sebagai sebuah pelengkap tapi harus dicerminkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Saya selalu menyampaikan dalam berbagai kesempatan, pernah debat dengan Menteri Agama (Menag). Mitra saya itu Kementerian Agama (Kemenag) yang sekarang dipimpin oleh Yakut Cholil Qoumas atau Gus Yakut," tutur wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) Jabar 2 (Kabupaten Bandung-Bandung Barat) itu.

"Beliau menyatakan, agama itu sebagai inspirasi bukan aspirasi. Saya protes, agama harus menjadi subtansi dan juga dalam kehidupan kebangsaan harus menjadi aspirasi," ucap Kang Ace.

3. Hadirnya undang-undang dan peraturan bukti agama bukan hanya inspirasi tapi aspirasi

Kang Ace: Agama Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan BernegaraIlustrasi dasar hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Sebab, ujar dia, jika agama semata-mata dijadikan sebagai inspirasi, bukan aspirasi, tidak mungkin di negara ini ada undang-undang zakat. Sebab UU Zakat adalah aspirasi. Tidak mungkin di Indonesia ini UU Wakaf. Tidak mungkin di Indonesia ada Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai sila pertama. "Tidak mungkin ada UU Haji. Tidak mungkin di Indonesia ada UU Ekonomi Syariah. UU Jaminan Produk Halal. Itu semua aspirasi," ujarnya.

"Maka saya bilang, Gus, kita harus memahami bahwa agama di Indonesia itu bukan hanya sebagai ispirasi, tetapi juga aspirasi politik," tutur Kang Ace.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya