Kampung Serasi Cita Sehat, Wujudkan Kesehatan Warga Desa 

Lansia dan balita kelompok yang perlu perhatian khusus

Bandung, IDN Times - NGO kesehatan berbasis pemberdayaan kesehatan yang berkontribusi terhadap terwujudnya Pembangunan Kesehatan Berkelanjutan (SDGs), Cita Sehat Foundation (CSF) meresmikan wilayah binaan baru yaitu “Kampung Serasi”.

Kampung Serasi merupakan singkatan dari sehat, ramah dan lestari. Hal itu dikatakan oleh Direktur Cita Sehat, Ichsan Nugraha, seusai acara peresmian di aula Kantor Desa Pangguh, Kecamatan Ibun, Kabupaten Bandung, Selasa, 11 Januari 2022.

"Harapannya ke depan kami dapat bersinergi dengan pemerintahan setempat. InsyaAllah disini juga akan dilakukan posbindu atau pos pelayanan terpadu untuk lansia agar kondisi kesehatan lansia terpantau setiap bulannya.” kata Ichsan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Sabtu(15/1/2022).

1. Fokus dalam kesehatan kelompok rentan

Kampung Serasi Cita Sehat, Wujudkan Kesehatan Warga Desa IDN Times/Istimewa

Lansia dan Balita merupakan kelompok rentan yang perlu perhatian khusus, sehingga dalam hal ini Cita Sehat memfokuskan program kesehatan di Desa Pangguh untuk fokus pada program kesehatan Balita melalui program Revitalisasi Posyandu dan Program Kesehatan Lansia melalui Program Posbindu.

Selain pengukuran berat badan dan tingggi badan balita serta pembagian paket makanan tambahan (PMT) bagi balita berupa susu UHT, biskuit serta jeruk persembahan dari OCBC NISP, pada acara itu juga diserahkan bantuan alat ukur peninggi badan balita, alat timbang berat badan lansia, stetoskop, alat ukur lila, tensi untuk kebutuhan pemeriksaan lansia.

2. Warga mendapatkan manfaat langsung dari program ini

Kampung Serasi Cita Sehat, Wujudkan Kesehatan Warga Desa IDN Times/Istimewa

Sementara itu Kepala Desa Pangguh Ai Hayati menyambut antusias kolaborasi yang dilakukan tersebut, karena membantu warga terutama lansia untuk hidup lebih sehat.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Cita Sehat yang turut berkolaborasi untuk menyehatkan warga di Desa Pangguh terutama lansia disini yang memang jumlahnya cukup banyak. Mudah-mudahan kedepannya semakin banyak wilayah yang terbantu.”, tuturnya.

Salah seorang penerima manfaat Asep (65) mengatakan bahwa pemeriksaan di Kampung Serasi sangat membantu mengobati sakit yang dideritanya.

"Alhamdulillah pemeriksaan dikasih sama obatnya, ngga cuma dipersiksa aja", ujarnya.

3. Ciptakan masyarakat sehat di Tanah Air

Kampung Serasi Cita Sehat, Wujudkan Kesehatan Warga Desa IDN Times/Istimewa

Pendekatan masyarakat melalui desa sendiri menurut Ichsan merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mewujudkan tercapaiannya masyarakat yang sehat.

" Untuk itu, demi mewujudkan masyarakat yang sehat secara menyeluruh melalui inovasi dan diferensiasi serta kolaborasi program kesehatan sehingga terwujudkan pembangunan kesehatan berkelanjutan (SDGs). Kami mengajak seluruh lintas sektor terkait dan kolaborasi pentahelix yaitu pemerintah, pebisnis, media, akademisi dan komunitas untuk berkontribusi bersama sehatkan Indonesia", pungkas Ichsan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya