Jerit Pengusaha Bandung Jika PPKM Darurat Diperpanjang

Berharap PPKM Darurat segera berakhir

Bandung, IDN Times - Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali yang dilakukan pemerintah selama 2 minggu ini sangat mengganggu roda perkenomian di Tanah Air. Sejumlah pengusaha menjerit dan memprediksi jika PPKM Darurat diperpanjang akan membuat mereka 'sekarat'.

Pandemik COVID-19 telah membuat pengusaha mengubah pola bisnis dan penjualannya agar tetap menguntungkan. Industri kosmetik menjadi salah satu perusahaan yang cukup terdampak dari kebijakan PPKM Darurat.

Pemilik dari Skin Solution Group salah satu perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik, Rizky Ananda Musa mengaku, selama PPKM ini mau tidak mau harus merubah pola dan strategi penjualannya.

" Srategi serba online harus dilakukan kepada semua unit usaha di group kami diantaranya jasa makloon kosmetik,klinik dan produk skincare" ujar Rizky dalam keterangan yang diterima IDN Times, Senin (19/07/2021).

1. Memanfaatkan teknologi aplikasi untuk tetap menjalankan bisnis

Jerit Pengusaha Bandung Jika PPKM Darurat DiperpanjangUnsplash/ChrishMontgomery

Dirinya pun menambahkan untuk aktivitas jasa makloon kosmetik terpaksa menggunakan zoom meting dengan para klien hal ini untuk menghindari kontak langsung dengan klien dimana nanti sample produk nya dikirim langsung ke alamat klien tanpa harus datang ke pabrik. Sedangkan klinik miliknya terpaksa harus tutup, karena mengikuti aturan pemerintah.

"Kami tetap menjalankan prokes dan salah satunya adalah memanfaatkan zoom meeting dengan klien untuk tetap menjalankan bisnis," ujar dia.

2. Di tengah keterbatasan, tetap menjaga karyawan tanpa harus melakukan PHK

Jerit Pengusaha Bandung Jika PPKM Darurat Diperpanjangunsplash/frantic

Rizky pun menjelaskan bahwa selama PPKM ini berlangsung, perusahaan tidak melakukan PHK terhadap karyawan. Sebab, di tengah keterbatasan ini karyawan harus tetap mendapatkan penghasilan demi menghidupi keluarganya.

"Tidak ada PHK. Mereka (karyawan) tetap harus mendapatkan penghasilan. Meskipun, kondisi serba sulit," kata dia.

Rizky sangat berharap pemerintah berhasil meminimalisir virus COVID-19 dan PPKM tidak akan di perpanjang.

"Saya sangat mengapresiasi kebijakan dari pemerintah demi memutus mata rantai virus COVID ini, tetapi saya juga berharap selama PPKM ini pemerintah bisa memberikan solusi yang terbaik dan bermanfaat bagi masyarakat " tutup pengusaha asal Bandung.

3. Melirik permintaan pasar untuk terus mendapatkan pemasukan

Jerit Pengusaha Bandung Jika PPKM Darurat Diperpanjangpinterest

Rizky menyebutkan, pandemik COVID-19 yang belum juga berakhir membuat bisnis perusahaannya sedikit bergeser dengan mengikuti permintaan pasar. Skin Solution group saat ini lebih banyak memproduksi hand sanitizer, mouth wash bahkan sabun anti virus yang memang dibutuhkan konsumen.

"Kami harus bisa menciptakan produk yang sekarang semua orang memerlukannya," ungkap pemilik brand BeautieSS.

4. Tetap berkurban di tengah pandemik COVID-19

Momen Idul Adha 1422 H dan masih dalam suasana pandemi serta PPKM Darurat yang dilaksanakan oleh pemerintah, Rizky bersama keluarga tetap menjalankan ibadah kurbannya.

Sebagai rasa bentuk syukur serta kewajiban sebagai umat muslim, Rizky menyumbang dua ekor sapi untuk wilayah Ciwaruga dan Parongpong, Selasa (20/07/2021).

"Allhamdulillah tahun ini saya bisa berkurban dua ekor sapi, walaupun tidak bisa ikut terlibat langsung dalam pengiriman nya karena alasan pandemi tetapi tidak mengurangi makna dari idul adha yang setiap tahun kita rayakam " ujar dia.

Tidak hanya Rizky, seluruh warga negara Indonesia sangat berharap pandemi ini segera berakhir dan kehidupan menjadi normal kembali. "Semoga tahun depan sudah kembali normal, dan saya maupun warga lain nya bisa menghadapi hari raya dengan penuh suka cita serta bisa berkumpul dan silahturahmi antar anggota keluarga " pungkas Rizky.

Baca Juga: Pengusaha Bakal 'Sekarat' Jika PPKM Darurat Diperpanjang

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, tapi Aturan di Bandung akan Lebih Longgar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya