Jasa Marga-IPB Siap Tanam 42 Ribu Pohon Langka di Ruas Tol Indonesia

Tahap awal 42 bibit pohon langka ditanam di Purbaleunyi

Bandung, IDN Times - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melanjutkan rangkaian HUT Jasa Marga ke-42 tahun dengan tema Safety Driving on The Green Toll Road. Bertempat di Rest Area Km 88B (arah Jakarta) Purbaleunyi, PT Jasa Marga bersama Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penanaman 42 bibit pohon langka.

Hadir dalam kegiatan itu Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan, General Manager Cabang Purbaleunyi Pratomo Bimawan Putra, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas PT JMRB Tita Paulina Purbasari, serta Direktur Kerja sama dan Hubungan Alumni IPB Dr Heti Mulyati didampingi Himpunan Alumni (HA) IPB serta para Akademisi dan Mahasiswa IPB.

1. Melanjutkan program Jasa Marga Green Toll Road

Jasa Marga-IPB Siap Tanam 42 Ribu Pohon Langka di Ruas Tol IndonesiaIlustrasi Jalan Tol Trans Jawa. ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dalam sambutannya Agus Setiawan menyambut baik kerja sama penanaman pohon ini sebagai lanjutan program Jasa Marga Green Toll Road.

"Acara ini sejalan dengan tema ulang tahun Jasa Marga yaitu Safety Driving on The Green Toll Road. Ini merupakan bagian dari upaya peningkatan pelayanan kepada pengguna jalan dengan membuat lingkungan jalan tol menjadi lebih asri sekaligus merupakan upaya menyiapkan sertifikasi Green Toll Road untuk ruas jalan tol Jasa Marga lainnya, setelah sebelumnya ruas tol Pandaan-Malang dan Gempol-Pandaan yang telah lebih dulu tersertifikasi,” ungkap Agus dalam rilis yang diterima IDN Times, Minggu(15/3).

2. Pohon langka bisa menjadi wadah edukasi

Jasa Marga-IPB Siap Tanam 42 Ribu Pohon Langka di Ruas Tol Indonesiainstagram.com/bandunginframe/

Wakil Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HA IPB Nelly Oswini juga mengapresiasi sinergi antara HA IPB dan Jasa Marga dalam membantu kelestarian alam.

"Di samping meningkatkan upaya penghijauan, penanaman pohon kali ini juga membantu kelestarian alam dan edukasi bagi pengunjung, terlebih dikarenakan 42 jenis tanaman yang kita tanam hari ini merupakan tanaman asli Indonesia dan sudah mulai langka keberadaannya,” ungkapnya.

3. Ini daftar pohon langka yang berasal dari Indonesia

Jasa Marga-IPB Siap Tanam 42 Ribu Pohon Langka di Ruas Tol IndonesiaHutan Kalimantan (IDN Times/Aldila Muharma)

Penanaman 42 bibit pohon langka itu merupakan flora khas yang tumbuh di hutan nusantara. Sebagian pohon merupakan tanaman yang berasal dari hutan Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua.

Berikut bibit pohon yang ditanam di rest area KM 88B, Tol Purbaleunyi.
• Ulin atau kayu besi (Eusideroxylon zwageri)
• Merbau (intsia bijuga)
• Masoi (Cryptocarya massoia)
• Keruing gunung (Dipterocarpus retusus)
• Meranti Merah (Shorea sp)
• Saninten (Castanopsis argentea (Bl.)
• Cendana (Santalum album)
• Cempaka Putih (Magnolia alba (D.C.), dll.

4. Jasa Marga akan tanam 42 ribu pohon di sepanjang jalan tol di Indonesia

Jasa Marga-IPB Siap Tanam 42 Ribu Pohon Langka di Ruas Tol Indonesiaunsplash.com

Corporate Secretary Jasa Marga M Agus Setiawan mengatakan, penanaman bibit pohon langka yang berlangsung di rest area KM88 B Purbaleunyi ini merupakan bagian dari program Safety Driving on The Green Toll Road.

Karena itu, kata dia, Jasa Marga berkomitmen melakukan penanaman total 42.000 pohon di seluruh ruas tol Jasa Marga di seluruh Indonesia hingga akhir tahun 2020. Sampai dengan 1 Maret 2020 lalu teat dengan HUT Jasa Marga yang ke-42, telah tertanam sekitar 24.000 pohon.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya