Jaga Kondisi Alam, Geo Dipa Tanam 1.000 Pohon di Kawasan PLTP Patuha 2

Melestarikan alam untuk peradaban yang harmoni

Bandung, IDN Times - PT Geo Dipa Energi (Persero) melaksanakan kegiatan penanaman 1.000 pohon dengan 50 jenis berbeda di wilayah kerja Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Patuha 2 di areal seluas ±3 Ha.

Kegiatan ini bertepatan dengan Hari Sejuta Pohon yang berlangsung Senin (10/01/2022). Kegiatan ini merupakan komitmen GeoDipa yang berkolaborasi bersama para pemangku kepentingan yang hadir seperti Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, Perum Perhutani, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA), dan juga para pemerhati lingkungan.  

HSE & Safeguard Manager Hefi Hendri mengatakan, PT GeoDipa terus berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon melalui energi bersih yang ramah lingkungan dengan berupaya menerapkan salah satu dari empat pilar community development perusahaan yaitu Geo Dipa Hijau melalui penanaman 1,000 pohon.

"Program ini juga sejalan dengan  komitmen Global yang tertuang dalam SDGs tujuan 13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim,” kata Hefi dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin(10/1/2022).

1. Penanaman 1.000 pohon diharapkan dapat menjaga keanekaragaman hayati hutan patuha

Jaga Kondisi Alam, Geo Dipa Tanam 1.000 Pohon di Kawasan PLTP Patuha 2IDN Times/Istimewa

Penanaman pohon ini merupakan acara berkelanjutan yang sebelumnya telah dilakukan pre-event, berupa penanaman pohon yang dilaksanakan pada hari Selasa (21/12/2021) lalu di areal seluas 6 Ha.

Hefi juga menambahkan dengan tumbuhnya 1.000 pohon diharapkan dapat berkontribusi dalam perlindungan keanekaragaman hayati Hutan Patuha dan Cagar Alam Gunung Tilu sebagai penyangga perubahan iklim dan terserapnya lebih banyak air untuk Daerah Aliran Sungai (DAS).

2. Menjadi semangat dalam wujudkan cita-cita menanam sejuta pohon

Jaga Kondisi Alam, Geo Dipa Tanam 1.000 Pohon di Kawasan PLTP Patuha 2IDN Times/Istimewa

Pemerhati lingkungan Eyang Memet mengatakan, penanaman 1.000 pohon ini menjadi semangat dalam mewujudkan cita-cita bersama untuk menanam sejuta pohon. Diharapkan bahwa dalam waktu 5, 10 hingga 20 tahun ke depan pohon-pohon ini menjadi rekam jejak yang baik untuk anak cucu sehingga mereka dapat menikmati manfaatnya.

"Semoga anak-cucu kita nanti bisa menikmati apa yang sudah kita tanam hari ini. Karena kita jaga alam, alam akan jaga kita,” ungkap dia.

3. Terus kolaborasi untuk jaga kelestarian lingkungan hidup

Jaga Kondisi Alam, Geo Dipa Tanam 1.000 Pohon di Kawasan PLTP Patuha 2IDN Times/Istimewa

Selain upaya-upaya pelestarian tersebut, GeoDipa juga akan menghutankan kembali di area lahan kompensasi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) untuk Kegiatan Pengembangan PLTP Patuha Unit 2 seluas ±5,6 Ha di Desa Sugihmukti.

Hal ini akan dilaksanakan setelah lokasi calon lahan kompensasi IPPKH tersebut mendapat persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Kepala Bidang Penataan DAS Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat Adji Sumarwan mengatakan, kolaborasi alam menjaga lingkungan ini harus terus dilakukan dan berkelanjutan jangan sampai terhenti di sini. 

"Saya senang rekan-rekan dapat berkumpul dan berbagi pada hari ini. Kolaborasi ini diharapkan dapat terus sama-sama kita jaga dan berkelanjutan jangan sampai terhenti sampai disini,” pungkas dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya