Jabat Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono: Siap Laksanakan Perintah

Pj Wali Kota Bandung diagendakan dilantik pada 20 September

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jabar Bey Machmudin sudah menerima enam surat keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait penjabat wali kota dan bupati yang berakhir masa jabatannya pada 20 September 2023.

Salah satu nama yang akan menjabat adalah Bambang Tirtoyuliono sebagai Pj Wali Kota Bandung. Bambang merupakan Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar.

Setelah mendengar dirinya ditunjuk menjadi Pj Wali Kota Bandung, Bambang mengaku siap menjalankan tugas jika jabatan tersebut diamanatkan kepada dirinya.

"Iya pokoknya prinsipnya kalau itu memang perintah dan penugasan saya akan laksanakan," kata Bambang melalui sambungan telepon, Jumat 15 September 2023.

1. Tunggu pelantikan secara resmi

Jabat Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono: Siap Laksanakan PerintahBalaikota Bandung. IDN Times/Yogi Pasha

Bambang belum dapat berkomentar lebih jauh terkait jabatan Pj Wali Kota Bandung yang akan diemban mulai 20 September 2023. Pasalnya, sejauh ini Bambang belum menerima surat resmi terkait jabatan Pj Wali Kota Bandung.

"Saya belum dapat surat resminya. Saya baru baca di media, kalau ditanya ke depan seperti apa, jujur Saya belum tahu," ujarnya.

"Setelah secara resmi baru. Yang pasti mah saya sekarang masih jadi kepala dinas itu aja kita fokuskan," pungkasnya.

2. Pemkot Bandung belum terima surat resmi

Jabat Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono: Siap Laksanakan PerintahSekda Kota Bandung Ema Sumarna. IDN Times/Humas Bandung

Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) yang juga menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mengaku, sudah mendapat informasi mengenai nama Bambang Tirtoyuliono yang akan didapuk menjadi Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung menggantikan Yana Mulyana.

"Kami hanya sebatas (tahu informasi) dari WA (Whatsapp) yang tersebar. Kepastiannya belum tahu, jadi belum ada (informasi resmi)," kata Ema ditemui di Balai Kota Bandung, Jumat (15/9/2023).

Meski demikian, Ema menyebut sudah mengenal Bambang secara pribadi. Apalagi keduanya merupakan ASN yang ada hubungan kerja.

3. Ada 5 kepala daerah lain yang siap bertugas pada 20 September 2023

Jabat Pj Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono: Siap Laksanakan PerintahPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin, sudah menerima surat dari Kemendagri terkait enam nama Pejabat Sementara (Pj) Wali Kota dan Bupati di Jabar yang akan dilantik pada tanggal 20 September 2023 mendatang.

Enam nama itu di antaranya Gani Muhammad yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Bekasi, Kusmana Hartadji yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Sukabumi dan Bambang Tirtoyuliono yang akan menjabat selaku Pj Wali Kota Bandung.

Kemudian, Arsan Latif yang akan menjabat selaku Pj Bupati Kabupaten Bandung Barat, Herman Suryatman selaku Pj Bupati Sumedang, dan Benny Irwan yang akan menjabat selaku Pj Bupati Purwakarta.

"Jadi enam pejabat yang akan dilantik pada tanggal 20 September," kata dia ketika ditemui di Kodam III/Siliwangi pada Kamis, 14 September 2023 malam.

Bey tak menjelaskan rinci pertimbangan dipilihnya enam orang itu untuk memimpin kabupaten dan kota di Jabar. Namun, dia menegaskan, pemilihan keenamnya sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

"Itu kan sudah ada usulan ya, usulannya dari DPRD terus dari Pemprov, juga dari Kemendagri, jadi sudah melalui mekanisme," ucap dia.

Bey pun menambahkan, pihaknya akan melantik Pj Wali Kota dan Bupati lainnya pada rentang bulan November hingga Desember. Ada sejumlah kepala daerah yang akan habis masa jabatannya pada bulan tersebut.

"Pokoknya sesuai dengan aturan," kata dia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya