Itenas Bandung Kembangkan Mobil Listrik Sergap Senyap Militer 

Kendaraan listrik ini merupakan salah satu karya Itenas

Bandung, IDN Times - Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung terus membuktikan kiprahnya kepada bangsa dan negara. Dalam Peringatan Hari Listrik Nasional tingkat Provinsi Jawa Barat 2020, Itenas menunjukkan kendaraan listrik (Electric Vehicle) Sergap Senyap karya mereka.

Kendaraan dengan dua penumpang ini dipamerkan di halaman parkir Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Senin(2/11/2020). Seperti apa keunggulan Electric Vehicle Sergap Senyap milik Itenas Bandung? 

1. Menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang pamerkan kendaraan listrik

Itenas Bandung Kembangkan Mobil Listrik Sergap Senyap Militer IDN Times/Humas Itenas

Dalam acara Peringatan Hari Listrik Nasional Tingkat Provinsi Jawa Barat dengan tema “Listrik Masa Depan, untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin”, Itenas Bandung menjadi satu-satunya perguruan tinggi yang unjuk gigi dengan karya mereka.

Rektor Itenas Bandung, Prof. Meilinda Nurbanasari mengatakan, kendaraan listrik Sergap Senyap merupakan produk pengembangan mobil listrik ke tiga yang dilakukan Itenas Bandung. 

"Kendaraan ini hasil dari penelitian dosen Program Studi Teknik Mesin Itenas Bandung di bawah Tarsisius Kristyadi," kata Meilinda dalam rilis yang diterima IDN Times, Selasa (3/11/2020).

2. Kendaraan Listrik Sergap Senyap memiliki spesifik militer

Itenas Bandung Kembangkan Mobil Listrik Sergap Senyap Militer IDN Times/Humas Itenas Bandung

Kendaraan listrik Sergap Senyap dikembangkan dengan spesifikasi pertahanan militer. Kendaraan ini memiliki kapasitas dua penumpang dengan perlengkapan air cannon yang dilengkapi peluru seberat tiga kilogram serta memiliki kekuatan gempur 5000 Newton.

"Mobil listrik ini untuk kebutuhan khusus militer," ujar dia.

3. Ini deretan mobil listrik yang dikembangkan Itenas Bandung

Itenas Bandung Kembangkan Mobil Listrik Sergap Senyap Militer IDN Times/Humas Itenas Bandung

Sebelum kendaraan listrik Sergap Senyap, Itenas Bandung sudah pernah meluncurkan mobil listrik pertamanya yaitu kendaraan jenis cross over yang diluncurkan pada Tahun 2017, lalu. Mobil listrik dengan kapasitas 5 penumpang ini diberi nama Evhero Electric Crossover Gen.1, atau lebih dikenal dengan Mobil Listrik Evhero.

Kemudian, selama 101 hari di tahun berikutnya yaitu pada Mei hingga Agustus 2018 Itenas Bandung juga merancang mobil listrik kedua yang diberi nama V8 Vadi dan diluncurkan pada Bulan September 2018.

Bila mobil listrik Evhero adalah hasil perwujudan dari penelitian kolaboratif antar dosen di Itenas Bandung, V8 Vadi adalah hasil kolaborasi antara kampus Itenas Bandung bersama technopreneur Harry Kiss.

"Mobil listrik V8 Vadi merupakan mobil dengan jenis sportscar yang memiliki kapasitas 2 penumpang dengan kecepatan maksimum 120 km/jam," kata Meilinda.

Baca Juga: Di Tengah COVID-19, Itenas Bandung Wisuda 692 Lulusan Secara Virtual

Baca Juga: Ridwan Kamil Wajibkan Kendaraan Dinas Diganti Listrik pada 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya