Hibah dari Cobra Dental, RSGM Unpad Kini Miliki Funcion Hall 

Masyarakat mulai sadar tentang kesehatan gigi dan mulut

Bandung, IDN Times - Fasilitas pendidikan dokter gigi, selain membutuhkan peralatan klinis juga membutuhkan ruang pembelajaran modern dengan fasilitas multimedia. Hal tersebut yang mendorong PT Cobra Dental Indonesia, sebuah perusahaan alat dan bahan kedokteran gigi untuk menghibahkan Funcion Hall kepada Rumah Sakit Gigi Mulut Universitas Padjajaran (RSGM Unpad) sebagai salah satu rumah sakit pendidikan.

Direktur Rumah Sakit Mulut dan Gigi Unpad, Kosterman Usri mengatakan, hadirnya funcion hall di RSGM Unpad dapat memberikan dampak positif bagi proses pendidikan.

“Kami sangat berterima kasih atas komitmen Cobra Dental dalam mendukung misi pendidikan kami, function hall ini akan menjadi fasilitas penting dalam proses pendidikan di RSGM unpad serta menjadi bukti adanya kolaborasi antara rumah sakit dan pelaku industri,” kata Kosterman, Senin (19/2/2024).

1. Kasus kesehatan gigi dan mulut masih tinggi di Indonesia

Hibah dari Cobra Dental, RSGM Unpad Kini Miliki Funcion Hall ilustrasi sakit gigi (pexels.com/Engin Akyurt)

Direktur PT Cobra Dental, Andrian Susanto mengatakan, menurut data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), lebih dari 50 persen penduduk di Indonesia menderita masalah kesehatan gigi dan mulut, termasuk karies gigi, penyakit gusi, dan infeksi mulut lainnya.

“Kalau di Indonesia tiga sampai lima tahun terakhir sudah meningkat cukup baik, saya rasa karena ini banyak peran dari pemerintah sendiri,” ucap Andrian Susanto.

2. RSGM Siapkan tenaga kesehatan terlatih

Hibah dari Cobra Dental, RSGM Unpad Kini Miliki Funcion Hall freepik

Faktor tersebut dikarenakan kurangnya akses terhadap pelayanan kesehatan gigi yang berkualitas, rendahnya tingkat kesadaran tentang pentingnya perawatan gigi, dan kurangnya jumlah tenaga kesehatan yang terlatih, menjadi penyebab utama.

“Jadi RSGM menjadi salah satu yang terdepan, salah satu yang paling unggul dalam melaksanakan pelayanan, jadi peningkatan pelayanan terhadap pasien atau masyarakat yang semakin baik, lalu edukasi karena produk tersebut tidak lepas dari edukasi,” ujarnya.

3. RSGM miliki peran penting terhadap kesehatan gigi dan mulut

Hibah dari Cobra Dental, RSGM Unpad Kini Miliki Funcion Hall IDN Times/Istimewa

RSGM Unpad memegang peranan penting dalam mencetak tenaga kesehatan karena saat ini menjadi tempat pendidikan bagi calon dokter gigi, dokter gigi spesialis, terapis gigi, tekniker gigi, serta tenaga kesehatan lainnya.

Selain itu RSGM Unpad juga meningkatkan akses terhadap pelayanan kesehatan perawatan gigi yang teratur, serta menguatkan sistem pendidikan dan pelatihan berkelanjutan.

“Kita melihat RSGM Unpad menjadi salah satu vionir, salah satu rumah sakit gigi dan mulut di Indonesia yang terdepan, saya bilang melalui Direktur RSGM Unpad dan semua jajaran nya sangat peduli mereka sangat inovatif mereka juga cukup agresif dalam mewujudkan layanan,” imbuhnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya