Hasil Rapid Test: 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif COVID-19

Tujuh siswa dirawat di RS Said Sukanto

Sukabumi, IDN Times - Sebanyak 300 siswa Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol) di Kota Sukabumi dinyatakan positif terinfeksi virus corona atau COVID-19. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan rapid test atau tes cepat viurs corona yang dilakukan terhadap 1.550 siswa.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengungkapkan, pelaksanaan rapid test terhadap1.550 siswa Setukpa Lemdikpol ini setelah seorang peserta mengeluh sakit demam berdarah dengue (DBD) dan delapan lainnya mengalami demam tinggi.

"Rapid tes dilakukan kepada 1.550 siswa dan hasilnya 300 orang positif COVID-19," kata Argo di Sukabumi, Rabu(1/4) seperti dilansir Antara.

1. Curiga dari siswa yang sakit DBD dan demam tinggi

Hasil Rapid Test: 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif COVID-19Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono (Dok. Humas Polri)

Menurut dia, rapid tes yang dilakukan secara masal kepada 1.550 siswa SIP ini berawal dari adanya seorang siswa yang mengeluh sakit demam berdarah dengue (DBD) dan delapan lainnya juga mengeluh mengalami demam tinggi.

Setelah dilakukan rapid test ternyata ada tujuh yang yang positif COVID-19 dan mereka saat ini sedang menjalani perawatan RS Polri Said Sukanto, Jakarta, sementara dua siswa lainnya menjalani perawatan di RS Bhayangkara Brimob Jakarta.

"Mereka yang dinyatakan positif COVID-19 tidak diizinkan pulang dan harus menjalani isolasi selama 14 hari dan mereka yang pulang pun diinstruksikan untuk melakukan isolasi mandiri," tambahnya.

2. Polisi akan lakukan tes ulang dengan mengambil sampel swab kepada 300 siswa

Hasil Rapid Test: 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif COVID-19Ilustrasi (Dok. Humas Jabar)

Sementara itu, Kapusdokkes Polri Brigjen Pol Musyafak mengatakan hasil rapid test ini tidak menjamin 300 siswa SIP ini positif COVID-19 karena akurasinya hanya 80 persen dan itu pun tidak khusus COVID-19. Sebab, untuk menentukan mereka benar-benar positif atau negatif virus mematikan tersebut harus melalui uji pemeriksaan swab.

3. Positif COVID-19, tujuh siswa SIP dirawat di RS Said Sukanto Jakarta

Hasil Rapid Test: 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif COVID-19Petugas Pertamina saat menyemprot rumah ibadah di Balikpapan (Dok. Pertamina)

Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, saat ini ada tujuh siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol), Sukabumi, Jawa Barat, yang sedang menjalani perawatan di RS Polri Said Sukanto, Jakarta.

"Kami temukan ada tujuh siswa yang positif COVID-19 dan sekarang sudah diisolasi, dirawat di RS Polri," kata Brigjen Argo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa(31/3).

4. Hasil negatif COVID-19, siswa pendidikan di kembalikan ke Polda asal

Hasil Rapid Test: 300 Siswa Polisi di Sukabumi Positif COVID-19ANTARA/HO Polri/

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan para siswa Sekolah Inspektur Polisi (SIP) di Sekolah Pembentukan Perwira Lembaga Pendidikan Polri (Setukpa Lemdikpol), Sukabumi, Jawa Barat, yang tidak terinfeksi COVID-19 untuk sementara dipulangkan ke polda asal.

Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya penyebaran COVID-19 di lingkungan Setukpa Lemdikpol. Namun demikian, para siswa tersebut pun tetap menjalankan prosedur isolasi mandiri selama dua pekan setibanya di daerah asal.

"Siswa-siswa yang kembali ke polda masing-masing, diisolasi selama 14 hari," kata Brigjen Argo di Kantor Bareskrim Polri, Jakarta, Selasa.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya