Hankook Research Korea Gandeng LSN untuk Riset Opini Publik

Hankook Research pilih LSN karena lembaga survei terkemuka

Bandung, IDN Times - Sebuah lembaga riset terkemuka dan paling prestisius di Korea Selatan, Hankook Research, menjajaki kerja sama dengan Lembaga Survei Nasional (LSN).

Kerja sama ini ditandai dengan kunjungan dipimpin Prof. Choi Jin-wook ke kantor LSN. Kolaborasi ini untuk kerja sama riset jangka panjang antara kedua lembaga. Salah satu pertimbangan memilih LSN sebagai partner kerja sama, khususnya di bidang riset opini publik, adalah karena LSN merupakan salah satu lembaga survei terkemuka dan paling senior di Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Jakarta, Prof. Choi Jin-wook didampingi oleh dua petinggi Hankook Research (HRC), yakni Mr. Kim Chun-suk selaku Direktur Pelaksana HRC dan Mr. Park Jong-sun selaku Direktur Eksekutif HRC.

Sedangkan tuan rumah LSN dipimpin oleh Dr. Umar S. Bakry selaku Founder LSN didampingi oleh Dr. Gema Nusantara selaku Direktur Eksekutif LSN dan beberapa peneliti senior LSN.

1. Akan melakukan kerja sama riset jangka panjang

Hankook Research Korea Gandeng LSN untuk Riset Opini PublikIDN Times/Istimewa

Founder LSN Umar S. Bakry menyatakan, rasa syukur dan kebanggaannya atas kepercayaan yang diberikan kepada LSN untuk bermitra dengan Hankook Research dalam sebuah proyek riset jangka panjang.

Seperti diketahui Hankook Research (HRC) merupakan sebuah lembaga penelitian paling terkemuka di Korea Selatan yang memiliki aktivitas riset lintas nasional. HRC sebagai sebuah lembaga riset profesional memiliki staf peneliti dan karyawan tak kurang dari 500 orang dan telah berdiri sejak 1978.

2. Memiliki pengalaman di bidang polling opini publik dan kebijakan publik

Hankook Research Korea Gandeng LSN untuk Riset Opini Publikgoogle

Selain kepakaran di bidang riset, Hankook Research juga merupakan konsultan dalam berbagai bidang seperti strategik, branding, inovasi dan pengembangan produk, marketing serta customer support yang banyak diperlukan dunia industri di Korea Selatan.

Di samping itu HRC juga memiliki pengalaman dan kompetensi tinggi di bidang riset atau polling opini publik (public opinion polling) serta riset-riset yang berkenaan dengan kebijakan publik (public policy research). Dua bidang terakhir inilah yang tengah berusaha dijajaki kerja sama dengan LSN.

3. Sebagai perintis berkembangnya metode survei opini publik di Indonesia

Hankook Research Korea Gandeng LSN untuk Riset Opini Publikbeacukai.go.id

LSN sendiri merupakan sebuah lembaga survei terkemuka di Indonesia yang telah memiliki track-record panjang dalam aktivitas survei opini publik di Indonesia. Sebagai lembaga survei yang profesional dan terpercaya LSN telah mendapatkan ASEAN TRUSTED AWARD 2024 karena profesionalisme dan dedikasinya yang tak pernah surut pada dunia survei opini publik di Indonesia selama hampir dua dekade.

LSN yang didirikan sejak 2006 merupakan salah satu perintis berkembangnya metode survei opini publik di Indonesia, terutama survei-survei yang berkenaan dengan Pemilu dan Pilkada. Pendiri LSN Umar S. Bakry juga merupakan salah satu pelopor terbentuknya Asosiasi Survei Opini Publik Indonesia (ASOPI), sebuah asosiasi yang menjaga integritas dan profesionalitas lebih dari 40 lembaga survei di seluruh Indonesia.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya