Hadapi Pemilu 2024, PKS Jabar Cari 600 Ribu Kader Baru

PKS juga incar kader millennial lho...

Bandung, IDN Times - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sepertinya sedang mempersiapkan kemenangan untuk menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, mendatang. Persiapan PKS ini dilakukan dengan merekrut ratusan ribu kader baru yang siap membantu dan mendukung program partai tersebut.

Rekrutmet kader baru PKS itu dilakukan serentak di seluruh Indonesia dalam mempersiapkan pertarungan politik di 2024, nanti. 

1. PKS Jabar targetkan bisa rekrut 600 ribu kader baru

Hadapi Pemilu 2024, PKS Jabar Cari 600 Ribu Kader BaruIDN Times/Yogi Pasha

Pencarian kader atau anggota baru bagi PKS juga berlaku di tingkat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Jawa Barat. Sebelum menghadapi Pemilu 2024, DPW PKS Jabar membutuhkan sekitar 600 ribu kader baru. 

Wakil Ketua DPW PKS Jabar Haru Suandharu mengatakan, sengaja melakukan rekrutment kader baru dari jauh-jauh hari. Selain persiapan pesta demokrasi 2024 juga untuk membantu kerja kepala daerah, khususnya di Kota Bandung.

"Sengaja jauh-jauh hari, supaya kader-kader baru ini bisa menghadirkan kebaikan membantu Pemkot agar program sukses. Sehingga Bandung ini bisa menjadi salah satu kepala daerah berprestasi," kata Haru usai menghadiri Rakorda DPD PKS Kota Bandung di Hotel Asrilia, Kota Bandung, Minggu (5/1).

2. Mencari kader millennial untuk diajak bergabung bersama PKS

Hadapi Pemilu 2024, PKS Jabar Cari 600 Ribu Kader BaruIDN Times/Yogi Pasha

Haru menyebutkan, pencarian atau rekrutmen kader baru di Jawa Barat ini merupakan jumlah yang sudah ditentukan dari DPP PKS. Sebab, kata dia, Jabar merupakan penyumbang suara terbesar secara nasional pada Pemilu 2019, lalu. Karena itu, DPW PKS akan menargetkan bisa merekrut 600 ribu kader baru. Sedangkan, di Kota Bandung kader baru yang dibutuhkan sebanyak 60 ribu atau 10 persen dari jumlah di Jabar.

"Targetkan rekrut 60 ribu (di Bandung). Di Jabar diperkirakan 600 ribu jadi 10 persennya. Dengan kepercayaan dari masyarakat, kader PKS juga duduk sebagai wali kota (kita optimistis)," ujarnya.

menurut dia, ratusan ribu kader PKS baru ini bisa dari kalangan atau golongan manapun. Bahkan, PKS Jabar juga mengincar kader millennial yang bisa bergabung bersama dalam menjaga dan mendukung program pemerintah.

3. Rekrutmet ribuan kader baru itu dikebut dalam tahun ini

Hadapi Pemilu 2024, PKS Jabar Cari 600 Ribu Kader BaruIDN Times/Yogi Pasha

Ketua DPD PKS Bandung Khairullah mengatakan, sejumlah langkah telah disiapkan agar bisa merekrut ribuan kader baru pada tahun ini. Berbagai program dan gagasan telah disiapkan demi bisa meraih kemenangan dalam pesta demokrasi yang akan datang.

"PKS sebagai parpol punya target kemenangan-kemenangan yang lebih baik. PKS menjadi terdepan, terbaik posisinya sebagai parpol," ujar dia. 

Demi menguatkan pondasi, pada tahun ini pihaknya akan merekrut kader-kader baru. Pihaknya membuka lebar bagi semua lapisan masyarakat yang ingin ikut berjuang bersama PKS.

"Tentu saja merencanakan upaya-upaya rekrutmen. Kami bagi dua kategori dalam rekrutmen untuk jadi anggota terdaftar. Silahkan saja dari sisi usia tidak ada batasan, milenial juga," ucapnya.

4. PKS tidak khawatir dengan Partai Gelora

Hadapi Pemilu 2024, PKS Jabar Cari 600 Ribu Kader BaruAnis Matta (pertama kiri), ketua Umum Partai Gelora saat memberikan SK kepada Hadi Mulyadi (kedua kiri) di Jakarta (Dok. Humas Partai Gelora)

Disinggung mengenai kehadiran partai baru termasuk Gelora, Khairullah mengaku tidak khawatir. Pihaknya tetap yakin PKS akan tetap mendapat tempat di masyarakat, khususnya di Kota Bandung.

"Kita dengan partai manapun sama saja bagi kami berlomba dalam kebaikan. PKS optimistis solid, basis massa yang banyak, dengan kehadiran partai manapun yang baru," ucapnya.

Buktinya saja, lanjut dia, kemenangan PKS dalam Pileg 2019. Di Kota Bandung partainya mampu merebut 13 kursi. Kondisi itu membuktikan PKS masih mendapat respons positif di masyarakat.

"Itu membuktikan ada partai baru, Insya Allah PKS tetap eksis bahkan menambah. Jadi tidak ada masalah dengan adanya partai baru," ucapnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya