Gelar Vaksinasi, Semangat IKA Unpar Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi 

Vaksinasi massal digelar dalam rangka perayaan Imlek 2573

Bandung, IDN Times - Percepatan vaksinasi COVID-19 dan pengetatan protokol kesehatan dinilai menjadi salah satu dalam menekan angka penyebaran virus corona di Tanah Air. Pemerintah mengajak berbagai elemen untuk terus menggenjot percepatan vaksinasi termasuk booster kepada masyarakat.

Ikatan Alumni Universitas Katolik Parahyangan (IKA UNPAR) berkolaborasi dengan Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR), Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dan Kota Bandung menjadi salah satu gerakan dalam percepatan vaksinasi booster COVID-19. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka perayaan Hari Raya Imlek 2573 untuk civitas akademika, alumni, dan warga sekitar Unpar serta seluruh masyarakat Kota Bandung.

Program vaksinasi booster ini merupakan kontribusi aktif IKA UNPAR dalam mendukung program Pemerintah Indonesia memutus penyebaran COVID-19 dan mewujudkan masyarakat Kota Bandung yang sehat dan produktif.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni (IKA) Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Ivan P. Sadik mengatakan, penyebaran COVID-19, terutama varian Omicron, saat ini terjadi dengan cepat, berdampak pada peningkatan kasus positif COVID-19 secara signifikan.

"Hal ini semakin mendorong IKA UNPAR untuk berkontribusi aktif dalam pemulihan kesehatan dan peningkatan imunitas warga Bandung melalui vaksinasi booster," kata Ivan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin(21/2/2022).

1. Dalam 2 hari, 3.000 masyarakat ikut dalam vaksinasi booster

Gelar Vaksinasi, Semangat IKA Unpar Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi IDN Times/Istimewa

Ivan menyebutkan, kegiatan vaksinasi massal ini menjadi langkah nyata IKA UNPAR dalam melakukan kegiatan pembangunan masyarakat secara berkesinambungan.

Kegiatan vaksinasi booster ini dilakukan selama dua hari di mulai Sabtu 19 Februari 2022 hingga Minggu 20 Februari 2022, bertempat di Ruang Multifungsi Gedung PPAG Lantai 1 Kampus Universitas Katolik Parahyangan, Ciumbuleuit – Bandung.

"Penerima vaksin booster pada kesempatan ini adalah 3.000 orang. Kegiatan ini diselenggarakan IKA UNPAR dan UNPAR dalam rangka memperingati Hari
Raya Imlek 2573," ujar dia.

Dia berharap, dengan percepatan vaksinasi ini menjadi momen pemulihan kesehatan masyarakan dan kebangkitan ekonomi di Tahun Macan.

2. Diharapkan menjadi pemulihan kesehatan dan kebangkitan ekonomi

Gelar Vaksinasi, Semangat IKA Unpar Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi IDN Times / Istimewa

Sementara itu, Ketua Panitia Vaksinasi Booster IKA UNPAR Kenny Dewi Kaniasari mengatakan, kegiatan ini bukan hanya menjadi kegiatan sosial untuk membantu pemerintah, UNPAR, dan masyarakat. Namun, juga menjadi contoh positif keberagaman, persatuan, dan kerja sama yang tergambar pada kepanitiaan yang memiliki latar belakang dan identitas yang beragam.

"Tujuan kegiatan vaksinasi booster ini selain untuk membantu program pemerintah dengan tema Kesehatan Pulih, Ekonomi Bangkit juga ditujukan untuk membantu persiapan rencana pembelajaran tatap muka terbatas (PTMT) UNPAR yang direncanakan untuk waktu mendatang," kata dia.

3. Bantu program pemerintah menyelesaikan pandemik COVID-19 di Indonesia

Gelar Vaksinasi, Semangat IKA Unpar Pulihkan Kesehatan dan Ekonomi IDN Times / Istimewa

Hal ini sejalan dengan kebijakan Kementerian Pendidikan yang mendorong
diselenggarakannya pembelajaran secara tatap muka. Target prioritas yang disasar pada vaksinasi booster ini adalah tenaga pengajar, tenaga kependidikan, dan mahasiswa UNPAR.

Selain itu, bekerja sama dengan Puskesmas Ciumbuleuit, target sasaran lain adalah masyarakat umum yang berada di Ciumbuleuit. Diharapkan dengan kegiatan vaksinasi booster ini, terwujud masyarakat Ciumbuleuit dan Kota Bandung yang sehat sekaligus membantu program pemerintah menyelesaikan pandemik COVID-19 yang masih terjadi sampai saat ini.

IKA UNPAR sebagai bagian dari Kota Bandung menyadari bahwa kota yang sehat dan produktif akan menggembalikan warna dan meningkatkan geliat ekonomi Kota Bandung. Vaksinasi booster IKA UNPAR membuktikan bahwa IKA UNPAR selalu hadir di tengah masyarakat dan memberikan kontribusi positif.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya