Gelar Vaksinasi Massal, Hanura Jabar Sasar Pelajar di Kaki Gunung Manglayang

Kasus menurun, percepatan vaksinasi COVID tetap digenjot

Bandung, IDN Times - Kendati kasus COVID-19 di Indonesia mulai menurun, pemerintah tidak mengurangi proses percepatan vaksinasi di berbagai daerah. Percepatan vaksinasi COVID-19 terus dilakukan dengan berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk partai politik seperti Hanura Jawa Barat.

Senin(11/10/2021), vaksinasi massal dilakukan DPD Partai Hanura Jawa Barat dengan menyediakan 500 dosis vaksin Pfizer. Vaksinasi ini menyasar para pelajar dan tenaga pendidik, dan masyarakat sekitar di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap Cikoneng, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Dalam kegiatan tersebut, ratusan pelajar sekolah yang berlokasi di kaki Gunung Manglayan itu antusias menerima vaksinasi. 

Ketua DPD Partai Hanura Jabar, Dian Rahadian menyatakan, kegiatan vaksinasi massal tersebut merupakan wujud nyata kepedulian dan bela negara Partai Hanura dalam penanganan pandemik COVID-19 melalui vaksinasi dengan sasaran peserta didik berusia 12 tahun ke atas, masyarakat umum, termasuk keluarga besar Partai Hanura.

"Jadi inilah bentuk kepedulian dan wujud bela negara dari Partai Hanura karena bela negara itu bisa dilakukan dengan berbagai hal, termasuk vaksinasi. Dengan vaksinasi, kita bisa melindungi diri dan masyarakat," tegas Dian di sela kegiatan vaksinasi.

1. Membantu mempercepat target kekebalan kelompok di Jabar pada Desember 2021

Gelar Vaksinasi Massal, Hanura Jabar Sasar Pelajar di Kaki Gunung ManglayangIDN Times/Istimewa

Dian pun berharap, dengan peran serta partainya dalam program percepatan vaksinasi itu, kekebalan kelompok atau herd immunity di Jabar yang ditargetkan Desember 2021 dapat tercapai. Menurutnya, kekebalan kelompok penting, agar kegiatan sosial dan ekonomi dapat kembali bergairah.

"Kita sudah terpuruk hampir dua tahun, inilah saatnya kita bangkit. Oleh karena itu, Partai Hanura berkomitmen dan konsisten akan selalu berada langsung dengan masyarakat," kata Dian.

Dalam kegiatan vaksinasi massal tersebut, lanjut Dian, pihaknya menyediakan 500 dosis vaksin Pfizer. Selain di SMPN Satu Atap Cikoneng, pihaknya pun bakal terus menggelar kegiatan serupa di berbagai lokasi dan daerah di Jabar.

"Kita ingin menjadi contoh, memperlihatkan bela negara dalam upaya menyehatkan masyarakat," ujarnya.

2. Hanura menyasar masyarakat di lokai zero vaksinasi

Gelar Vaksinasi Massal, Hanura Jabar Sasar Pelajar di Kaki Gunung ManglayangIDN Times/Istimewa

Disinggung lokasi pemilihan kegiatan vaksinasi di kawasan kaki Gunung Manglayang itu, Dian menjelaskan bahwa pihaknya sengaja menyasar wilayah-wilayah yang tergolong zero vaksinasi dimana kawasan kaki Gunung Manglayang menjadi salah satu contohnya.

"Daerah ini masih zero vaksinasi, kita memang memilih daerah-daerah zero vaksinasi. Alhamdulillah, antusiasme masyarakatnya pun sangat tinggi. Bahkan, vaksin yang tersedia masih kurang," ungkapnya.

Dian juga menyatakan bahwa pihaknya berkomitmen membantu pemerintah, dalam hal ini Pemprov Jabar dalam program percepatan vaksinasi. Pihaknya pun terus berkoordinadi dengan Pemprov Jabar, agar percepatan vaksinasi dapat tercapai sesuai target.

"Apalagi pasokan vaksin ke Jabar saat ini susah banyak. Kita akan terus koordinasi dan dorong, agar vaksinasi ini bisa menyasar lebih banyak masyarakat," katanya.

3. Harus dengan aktif membantu pemerintah dalam program percepatan vaksinasi

Gelar Vaksinasi Massal, Hanura Jabar Sasar Pelajar di Kaki Gunung ManglayangIDN Times/Istimewa

Staf Khusus Ketua Umum DPP Partai Hanura, M. Hutagaol yang turut hadir dalam kegiatan itu menambahkan, pihaknya mendorong seluruh DPD Partai Hanura di Indonesia untuk terlibat aktif membantu pemerintah dalam program percepatan vaksinasi.

"Saat ini kan masyarakat masih kesulitan dan sampai sekarang target vaksinasi yang menjadi tujuan pemerintah belum tercapai. Nah kami membantu dan memfasilitasi," kata Hutagaol.

Dia pun mengapresiasi kegiatan vaksinasi massal yang digelar DPD Partai Hanura Jabar tersebut. DPP Partai Hanura, kata dia, akan senantiasa mendorong DPD untuk membantu pemerintah untuk mempercepat vaksinasi.

"Rencananya ini akan dilakukan di seluruh daerah di Indonesia. Jadi, Jabar dijadikan percontohan untuk daerah lainnya," katanya.

4. Siap laksanakan PTM 100 persen jika seluruh komponen pendidikan sudah divaksinasi

Gelar Vaksinasi Massal, Hanura Jabar Sasar Pelajar di Kaki Gunung ManglayangIDN Times/Istimewa

Perwakilan SMPN Satu Atap Cikoneng, Entin Rustini mengungkapkan rasa terima kasih kepada Partai Hanura yang telah melaksanakan vaksinasi massal gratis bagi peserta didik dan perangkat sekolah, termasuk masyarakat sekitar.

Menurutnya, para peserta didik sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. bahkan, mereka rela mengantre sejak pagi untuk mendapatkan vaksinasi. Pasalnya, mereka mengalami kejenuhan selama belajar di rumah ditambah persoalan terbatasnya akses internet dan tidak meratanya kuota internet dari pemerintah.

"Anak didik kami sangat antusias mengikuti vaksinasi ini karena mereka ingin melaksanakan PTM (pembelajaran tatap muka) di sekolah," ungkapnya.

Kendati demikian, kendala kuota internet tersebut dapat diatasi dengan skema pembelajaran luring melalui penugasan yang diambil oleh peserta didik lalu dikerjakan di rumah. Ke depan, kata Entin, SMP N satu Atap Cikoneng akan menggelar PTM 100 persen jika seluruh komponen pendidikan telah mendapatkan vaksinasi.

"Sebelumnya hanya 25 sampai 50 persen PTM. Setelah semua divaksin, akan 100 persen PTM," katanya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya