Gebyar Vaksinasi, Baznas Jabar Genjot Vaksinasi di Pesantren

Target ini untuk percepatan herd immunity pada Desember

Bandung, IDN Times - Pemerintah Jawa Barat bersama TNI-Polri terus berupaya untuk menggandeng berbagai pihak menuntaskan misi vaksinasi. Hal itu dilakukan untuk mengejar terciptanya kekebalan komunal (herd immunity) di bulan Desember 2021

Kali ini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat yang didukung penuh Polda Jabar menggelar Gebyar vaksinasi dosis dua bagi masyarakat Kota Bandung. Untuk dosis satu dengan 1.000 sasaran telah dilaksanakan pada pada Sabtu 02 Oktober 2021 di Gedung Zakat Nasional BAZNAS Jawa Barat.

Wakil Ketua IV Baznas Jabar, Achmad Faisal mengatakan, antusias masyarakat dalam gebyar vaksinasi sangat tinggi. Setidaknya ada 958 orang yang melakukan pendaftaran vaksinasi dosis dua yang digelar oleh Baznas Jabar pada, Sabtu (30/10)

"Sangat besar sekali, ini kita sampai di angka hampir seribu yang vaksin dosis kedua, yang daftar vaksin ada 958 namun yang lolos untuk vaksin ada 728," kata Faisal dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Senin 1 November 2021.

1. Kesadaran masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 semakin tinggi

Gebyar Vaksinasi, Baznas Jabar Genjot Vaksinasi di PesantrenIDN Times/Istimewa

Faisal mengungkapkan, saat ini respons masyarakat untuk mendapatkan vaksin COVID-19 sangat baik. "Mereka berbondong-bondong datang dengan kesadaean sendiri dan mereka cukup puas dengan layanan kami," imbuhnya.

Faisal menyebutkan, Baznas Jabar berkomitmen untuk terus mengambil peran dalam percepatan vaksinasinasi khususnya di Jawa Barat.

"Alhamdulilah pelaksanaan untuk dosis dua terlaksana dengan lancar, sukses, ini merupakan ikhtiar kami untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi dampak covid-19, dan ini juga ikhtiar kita menjaga jiwa, menjaga nyawa manusia," ungkapnya.

2. Masyarakat di wilayah ponpes Kabupaten Bandung menjadi target sasaran

Gebyar Vaksinasi, Baznas Jabar Genjot Vaksinasi di PesantrenSantri Ponpes Al-Banjari Penajam saat divaksin oleh tenaga kesehatan petugas vaksinator (IDN Times/Ervan)

Faisal menyebutkan, Baznas akan terus menggelar vaksinasi di daerah, terutama untuk kawasan yang angka vaksinasinya masih rendah. Ke depan, pihaknya akan menggelar vaksinasi bagi penghuni pesantren di Kabupaten Bandung.

"Kota Bandung kan tinggi angka vaksinansinya, tinggal kita daerah terutama daerah aglomerasi di Kab Bandung itu masih rendah jad rencananya setelah ini kita akan menyasar ke beberapa pesantren di kabupaten bandung untuk kita support agar mereka melakukan vaksinasi sesuai dengan program baznas yaitu jaga kiai, Jadi kiainya, ustad nya santrinya dan masyarakat sekitar pesantren akan kita coba vaksinasi, Sudah ada beberapa pesantren yang siap, tinggal kita susun agendanya," terang Faisal.

3. Gebyar vaksinasi hasil kolaborasi bersama Polda Jabar

Gebyar Vaksinasi, Baznas Jabar Genjot Vaksinasi di PesantrenIlustrasi antrean untuk mengikuti vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Faisal menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada Polda Jabar yang telah memberikan dukungan digelarnya gebyar vaksinasi oleh Baznas Jabar berupa penyediaan vaksin maupun tenaga kesehatan.

"Pertama kami berterima kasih dengan partner kami Polda Jabar yang sudah sangat membantu penyediaan dosis vaksin nakes dan lain," tambahnya.

"Kedepan kami berharap masyarakat dengan kesadarannya untuk melakukan vaksinasi, tempat vaksin banyak," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya