Gatotkocao dan Mocuanlegacy Jadi Juara Umum CAF Betta Festival 2022

Pemenang Kategori IBC dan SNI raih hadiah Rp25 juta

Bandung, IDN Times - Ajang kompetisi ikan hias dan cupang terbesar di Jawa Barat, CAF Betta Festival 2022 berlangsung sukses digelar di Trans Studio, Kota Bandung, Sabtu(15/1/2022). 

Ikan cupang Gatotkaca dari Semarang, Jawa Tengah dan ikan cupang Mocuan menjadi juara umum setelah mengikuti seleksi dan penjurian dengan standar International Betta Congress (IBC) dan SNI.

"Juara umum untuk SNI adalah ikan cupang Gatotkaca dari Semarang, Jawa Tengah dan untuk juara umum IBC ikan cupang Mocuan. Keduanya berhasil menjadi juara dan masing-masing mendapat hadia 25 juta Rupiah," kata Event Director Betta Festival Zaenal Somantri di lokasi lomba Trans Studio, Bandung, Sabtu (15/1/2022).

1. Sekitar 2.000 ikan cupang ikut dalam penilaian juri

Gatotkocao dan Mocuanlegacy Jadi Juara Umum CAF Betta Festival 2022IDN Times/Istimewa

Turut hadir pada pengumuman pemenang adalah Dominicus Ferdinand selaku Perwakilan Juri IBC (Head Judge), Zaenal Somantri selaku Event Director Betta Festival, Yanuar Anugrah selaku CEO CAF, Arif Ardiansyah selaku Ketua Pelaksana bidang IT, Wing Wiryawan selaku Presiden Assosiasi Betta Indonesia dan Yusuf Muharam selaku Perwakilan Juri SNI

Acara ini juga dihadiri Tenaga Ahli Organisasi, Tata Laksana & Hubungan Antar Lembaga Kemenparekraf, Noorhadi Sadli dan Sundawan Salya selaku Direktur Utama Mata Milenial Indonesia, media partner penyelenggaraan CAF Betta Festival 2022

Zaenal Somantri menjelasakan, pada kompetisi ikan cupang ada beberapa tingkatan pemenang. "Per kelas ditentukan juara satunya, yang terlaksana hari ini, kemudian diumumkan pemenangnya," ujarnya.

Ada 2.000 lebih ikan yang telah dinilai oleh juri. "Untuk jumlah tim, kurang ada ratusan tim yang ikut," imbuhnya.

2. Pemenang meraih hadiah Rp25 juta

Gatotkocao dan Mocuanlegacy Jadi Juara Umum CAF Betta Festival 2022IDN Times/Istimewa

Ia menambahkan, pelaksanaan acara sesuai dengan jadwal program acara yang disusun sebelumnya. Program acara yang digelar selama empat hari ini terbagi menjadi beberapa segmen; Batch In Cupang Peserta (13 Januari), Penjurian Kompetisi (14 Januari) dan Pengumuman Pemenang Juara Umum dan Grand Champion (15 Januari), Exhibition & Batch Out juga dan pasar kuliner tradisional (16 Januari)

“Untuk Juara Umum SNI Grand Champion IBC akan mendapatkan hadiah senilai 25 juta rupiah. Satu unit Yamaha NMAX untuk Kategori Best of Show IBC. Dua unit Yamaha LEXY untuk kategori Best of Optional IBC dan Best of Form (Reguler). Satu unit Yamaha MIO M3 untuk Kategori Best of Form (Baby). Total hadiah 161 juta rupiah untuk Kategori Best of Division (Reguler & Optional). Dan total hadiah 70 juta rupiah untuk Grand Champion SNI,” jelas Zaenal.

Adapun pembagian kategori terdiri dari 2 kelas yaitu International Betta Congress (IBC) dan Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan total kelas cupang yang dikompetisikan sebanyak 173 kelas untuk IBC dan SNI. Kompetisi ini akan dinilai oleh dewan juri dengan jumlah terbanyak se-Indonesia yaitu 11 Juri SNI dan 11 Juri IBC (total 22 juri yang semuanya bersertifikasi).

3. Komitmen bangkitkan industri kreatif

Gatotkocao dan Mocuanlegacy Jadi Juara Umum CAF Betta Festival 2022Ilustrasi anjing cupang. (IDN Times/Sukma Shakti)

Pada kesempatan yang sama, CEO PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF), Yanuar Anugrah menjelaskan pihaknya berkomitmen membangkitkan industri kreatif di Indonesia. Tak hanya di bidang ikan hias, perusahaannya juga menggelar lomba balap mobil Tamiya dan kejuraan sepeda downhill.

PT Cahaya Anugrah Firdaus (CAF) selaku penggagas acara bertajuk “CAF BETTA FESTIVAL” ini mengaku terinspirasi dari manfaat ikan hias di Indonesia yang sangat berpengaruh pada perekonomian bangsa Indonesia, karena Indonesia merupakan salah satu negara pengekspor ikan non-konsumsi atau ikan hias di dunia.

"Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang IT. Namun, saat ini kami melihat banyak pihak yang terdampak. Setelah kami amati dan riset, bidang-bidang industri kreatif ini paling terdampak namun juga berpotensi untuk cepat bangkit," kata Yanuar Anugrah kepada awak media.

Ia menambahkan, gelaran CAF Betta Festival 2022 menjadi upaya dari perusahaannya untuk membantu pemerintah membangkitkan kembali perekonomian Indonesia pada umumnya dan Bandung, Jawa Barat pada khususnya.

Baca Juga: Berhadiah Rp500Juta, CAF Betta Festival Segera Digelar di Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya