Gagasan Anak Ayam Wali Kota Bandung Sampai hingga Inggris dan Rusia

Media asing tertarik melihat program Oded M Danial

Bandung, IDN Times - Gagasan Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan anak ayam kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tidak hanya menjadi perhatian nasional. 

Program Pemkot Bandung itu juga mendapat perhatian sejumlah negara di Eropa dan Asia. Sejumlah media asing di Inggris, Jerman, Malaysia, dan Filipina ikut memberitakan program yang sudah diluncurkan pada Kamis(21/11). 

1. Mendapat respons positif warganet

Gagasan Anak Ayam Wali Kota Bandung Sampai hingga Inggris dan RusiaIDN Times/dok.Humas Bandung

Dampak program Wali Kota Bandung Oded M Danial memberikan anak ayam kepada siswa SD dan SMP ternyata terus berlanjut. Gagasan yang dilontarkan Oded ini ternyata mulai disukai sejumlah warganet. Bahkan, tidak hanya di dalam negeri, respons positif juga muncul dari belahan dunia lain. Seperti pemberitaan yang dilakukan media bbc.co.uk di Inggris dan rnd.de di Jerman.

"Saya berharap sekolahku melakukannya juga. Saya suka anak ayam," tulis Annabel pada 22 November 2019 lalu.

2. Pro kontra di dalam negeri, positif di luar negeri

Gagasan Anak Ayam Wali Kota Bandung Sampai hingga Inggris dan RusiaIDN Times/Yogi Pasha

Kepala Bagian Humas Setda Kota Bandung Soni Teguh Prasatya mengatakan, gagasan Wali Kota Bandung Oded M Danial dalam memberikan anak ayam telah mendapatkan berbagai macam komentar. Tidak hanya di dalam negeri, komentar pun muncul dari warganet dari luar negeri.

"Komentarnya cukup beragam. Respons warganet di dalam negeri justru terkesan negatif dengan program Mang Oded. Tapi, media internasional justru sebaliknya. Mereka merespons positif," kata Soni di Balai Kota Bandung, Senin(25/11).

Kendati demikian, Soni menyebutkan, Pemkot Bandung tetap menjadikan media konvensional dengan media sosial sebagai bahan masukan dan evaluasi. Sebab, tanpa ada media, program Pemkot Bandung tidak bisa tersampaikan dengan baik di masyarakat.

"Akan kami masukkan sebagai bahan evaluasi. Kami selalu lakukan itu untuk disampaikan kepada pimpinan," ujarnya.

3. Menunggu wawancara media dari Rusia

Gagasan Anak Ayam Wali Kota Bandung Sampai hingga Inggris dan RusiaIDN Times/Debbie Sutrisno

Terkait program pemberian anak ayam kepada siswa SD dan SMP, Soni menyebutkan, Wali Kota Bandung Oded M Danial sudah menerima undangan wawancara khusus dengan sejumlah media asing. Salah satu yang sudah meminta untuk wawancara adalah media asing asal Rusia.

"Ya, Rusian Today (RT). Kami, sudah sediakan waktu untuk wawancara itu," kata Soni.

4. Program mewujudkan revolusi mental di Kota Bandung resmi berjalan

Gagasan Anak Ayam Wali Kota Bandung Sampai hingga Inggris dan RusiaIDN Times/Humas Bandung

Sebagaimana diketahui, Wali Kota Bandung Oded M Danial sudah meluncurkan program memelihara anak ayam bagi siswa SD dan SMP sejak Kamis(21/11). Sedikitnya, 2..000 ekor anak ayam dibagikan kepada para siswa di 12 sekolah di Kota Bandung. Selain anak ayam, Oded juga membagikan bibit cabai kepada para siswa untuk ditanam di rumah.

Gagasan tersebut merupakan uji coba program pendidikan karakter untuk siswa melalui pemeliharaan hewan dan tanaman. Dengan kegiatan tersebut, Oded berharap ada pendidikan kedisiplinan, tanggung jawab, dan kemandirian yang dirasakan anak.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya